Menperin- Ketua Majelis BKI Bahas Sektor Industri Perkapalan Nasional

Oleh : Ridwan | Jumat, 24 November 2017 - 14:48 WIB

Menperin- Ketua Majelis BKI Bahas Sektor Industri Perkapalan Nasional (Foto Ridwan)
Menperin- Ketua Majelis BKI Bahas Sektor Industri Perkapalan Nasional (Foto Ridwan)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto menerima kunjungan dari Ketua Majelis PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) beserta Direktur Utama PT BKI, Rudiyantara di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Jumat (24/11/2017).

PT Biro Klasifikasi Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa klasifikasi kapal nasional, survey statutoria, Independent business, dan safety assurance lainnya seperti sertifikasi, infeksi pada bidang-bidang kemaritiman.

"Dengan kebijakan pemerintah tentang pengembangan usaha dan daya saing penyedia jasa logistik nasional, PT BKI mendukung untuk berkontribusi positif dalam mensukseskan kebijakan tersebut," ujar Airlangga Hartarto melalui laman facebooknya @Airlangga Hartarto.

Selain itu, lanjutnya, dalam pertemuan tersebut kami juga berdiskusi mengenai gagasan dalam mensukseskan program Kementerian Perindustrian di bidang sertifikasi kompetensi SDM industri perkapalan, sertifikasi produk industri komponen kapal, industri maritim, dan sertifikasi desain kapal perikanan.

"Industri perkapalan mempunyai peran penting, mengingat karakteristiknya yang padat karya, padat modal dan padat teknologi. Oleh karena itu, perlu penanganan dan perhatian yang serius dari pemerintah sehingga mampu tumbuh dan berkembang," tuturnya.

Menteri Airlangga pun meyakini, industri perkapalan nasional akan semakin berdaya saing di tingkat global sejalan dengan peningkatan kapasitas dan pemanfaatan teknologi terkini.

Untuk itu, Kementerian Perindustrian telah memprioritaskan pengembangan sektor strategis ini karena berkontribusi signifikan bagi perekonomian nasional.

Berdasarkan catatan Kemenperin hingga saat ini, jumlah galangan kapal di Tanah Air sebanyak 250 perusahaan dengan kapasitas produksi sebesar 1 juta DWT per tahun untuk membangun kapal baru dan mampu mencapai 12 juta DWT per tahun untuk reparasi kapal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Asuransi Jiwasraya (Foto Industry.co.id)

Kamis, 17 Januari 2019 - 17:14 WIB

Terkait Produk JS Saving Plan, Pemegang Polis Jiwasraya Berharap Solusi dari OJK

Para pemegang polis Jiwasraya berharap Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat membuat keputusan maupun solusi terhadap penundaan pembayaran produk JS Saving Plan. Pasalnya, OJK yang memberikan izin…

Commonwealth Bank Luncurkan Aplikasi CommBank SmartWealth

Kamis, 17 Januari 2019 - 17:11 WIB

Commonwealth Bank Luncurkan Aplikasi CommBank SmartWealth Dengan FiturRobo Advisory

Bank Commonwealth meluncurkan CommBank SmartWealth, aplikasiwealth managementkomprehensifpertama di Indonesiadengan fiturrobo-advisoryyang dapat membantu nasabah mengoptimalkan investasi mereka…

Menteri ESDM Ignasius Jonan meninjau Pembangungan Jaringan Gas

Kamis, 17 Januari 2019 - 17:04 WIB

Pemerintah Siapkan Anggaran Rp 799 Miliar Bangun Jargas di 17 Kabupaten

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan pembangunan jaringan gas (jargas) sambungan rumah tangga di 17 kabupaten dan kota untuk tahun anggaran 2019. Total estimasi biaya…

TIBCO dan XL Axiata

Kamis, 17 Januari 2019 - 16:46 WIB

TIBCO Gandeng XL Axiata Dukung Proyek Data Science

TIBCO Software Inc., pemimpin global di bidang integrasi, manajemen API, dan analitik, bersama dengan XL Axiata, operator layanan telekomunikasi seluler terkemuka di Indonesia mengumumkan aliansi…

Menkominfo Uji Coba Jaringan Palapa Ring Tengah

Kamis, 17 Januari 2019 - 16:20 WIB

Menkominfo dan Menkeu Akan Uji Coba Jaringan Palapa Ring Tengah untuk Layanan Pajak dan Kesehatan

Menkominfo Rudiantara dan Menkeu Sri Mulyani Indrawati akan melakukan uji coba jaringan Palapa Ring Paket Tengah untuk layanan pajak dan kesehatan.