Menperin- Ketua Majelis BKI Bahas Sektor Industri Perkapalan Nasional

Oleh : Ridwan | Jumat, 24 November 2017 - 14:48 WIB

Menperin- Ketua Majelis BKI Bahas Sektor Industri Perkapalan Nasional (Foto Ridwan)
Menperin- Ketua Majelis BKI Bahas Sektor Industri Perkapalan Nasional (Foto Ridwan)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto menerima kunjungan dari Ketua Majelis PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) beserta Direktur Utama PT BKI, Rudiyantara di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Jumat (24/11/2017).

PT Biro Klasifikasi Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa klasifikasi kapal nasional, survey statutoria, Independent business, dan safety assurance lainnya seperti sertifikasi, infeksi pada bidang-bidang kemaritiman.

"Dengan kebijakan pemerintah tentang pengembangan usaha dan daya saing penyedia jasa logistik nasional, PT BKI mendukung untuk berkontribusi positif dalam mensukseskan kebijakan tersebut," ujar Airlangga Hartarto melalui laman facebooknya @Airlangga Hartarto.

Selain itu, lanjutnya, dalam pertemuan tersebut kami juga berdiskusi mengenai gagasan dalam mensukseskan program Kementerian Perindustrian di bidang sertifikasi kompetensi SDM industri perkapalan, sertifikasi produk industri komponen kapal, industri maritim, dan sertifikasi desain kapal perikanan.

"Industri perkapalan mempunyai peran penting, mengingat karakteristiknya yang padat karya, padat modal dan padat teknologi. Oleh karena itu, perlu penanganan dan perhatian yang serius dari pemerintah sehingga mampu tumbuh dan berkembang," tuturnya.

Menteri Airlangga pun meyakini, industri perkapalan nasional akan semakin berdaya saing di tingkat global sejalan dengan peningkatan kapasitas dan pemanfaatan teknologi terkini.

Untuk itu, Kementerian Perindustrian telah memprioritaskan pengembangan sektor strategis ini karena berkontribusi signifikan bagi perekonomian nasional.

Berdasarkan catatan Kemenperin hingga saat ini, jumlah galangan kapal di Tanah Air sebanyak 250 perusahaan dengan kapasitas produksi sebesar 1 juta DWT per tahun untuk membangun kapal baru dan mampu mencapai 12 juta DWT per tahun untuk reparasi kapal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Susu Kental Manis : Foto Istimewa

Senin, 16 Juli 2018 - 09:30 WIB

SKM Miliki Kadar Protein Relatif Lebih Tinggi Dibanding Jenis Lainnya

Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Ahmad Syafiq memberikan pandangannya mengenai susu kental manis. Syafiq menyebutkan susu kental manis…

Pelari Kenya David Kibet Raih Juara MILO Jakarta International 10K 2018 (Foto: dok Industry.co.id)

Senin, 16 Juli 2018 - 09:20 WIB

Pelari Asal Kenya Raih Juara MILO Jakarta International 10K 2018

Pelari asal Kenya meraih gelar juara kategori putra dan putri lari maraton MILO Jakarta International 10K 2018 yang berlangsung di Jakarta, Minggu, 15 Juli 2018. David Kibet berhasil menjuarai…

Kepala BPOM Penny K. Lukito (Foto Ist)

Senin, 16 Juli 2018 - 09:14 WIB

BPOM: Susu Kental Manis Aman Dikonsumsi

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyatakan Susu Kental Manis (SKM) merupakan susu dan aman untuk dikonsumsi, meskipun berbeda dengan krimer kental manis. Hal ini menyusul informasi yang…

Wapres Jusuf Kalla Hadiri Gelaran Bank BRI Indonesia Open 2018 (Foto Rizki Meirino)

Senin, 16 Juli 2018 - 08:53 WIB

Wapres Jusuf Kalla Hadiri Gelaran Bank BRI Indonesia Open 2018

Event olahraga bertaraf internasional ini resmi ditutup dengan seremoni pemberian hadiah yang dihadiri langsung oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Direktur Utama Bank BRI Suprajarto dan Ketua…

Rupiah (Foto/Rizki Meirino)

Senin, 16 Juli 2018 - 08:38 WIB

Rupiah Diperkirakan Terapresiasi di Level 14.379-14.368

Pergerakan Rupiah yang mulai terapresiasi diharapkan dapat kembali terjadi seiring masih adanya sentimen positif dari dalam negeri dan dapat mengimbangi sentimen global. Prediksi Rupiah akan…