Astra Agro Lestari Berharap Produksi CPO Meningkat 5 Persen di 2018

Oleh : Hariyanto | Selasa, 14 November 2017 - 10:26 WIB

kelapa sawit
kelapa sawit

INDUSTRY co.id -Jakarta - PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) berharap produksi minyak kelapa sawit mentah (CPO) bisa meningkat 5% pada tahun depan. 

"Cuaca hujan masih memengaruhi produksi CPO pada tahun ini," kata Direktur Utama AALI, Santosa, kepada pers di Jakarta, Senin (13/11/2017).

Jika curah hujan masih normal hingga akhir tahun, menurut Santosa, produksi CPO diperkirakan tembus hingga 1,7 juta ton. "Proyeksi akhir tahun kami 1,6 juta ton. Kalau semua berjalan lancar dalam artian tidak hujan terus-menerus, bisa mencapai 1,7 juta ton," ungkap Santosa.

Produksi CPO pada tahun depan juga bisa naik dengan makin menurunnya lahan yang belum menghasilkan. Diperkirakan pada akhir tahun ini, lahan yang belum menghasilkan tinggal 20.000 hektare (ha) dari sebelumnya 26.000 ha sampai kuartal III tahun ini.

Sementara itu, luas lahan sawit yang sudah menghasilkan hingga kuartal III 2017 mencapai 271.000 ha atau naik dari 261.000 ha pada periode yang sama tahun lalu.

"Kami gelontorkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sepertiga dari total Rp1,7 triliun hingga Rp2 triliun pada tahun depan untuk lahan yang belum menghasilkan ini. Digunakan untuk perawatan dan pupuk," ujar Santosa.

Sedangkan produktivitas lahan sawit AALI juga meningkat dari 2,6 ton per ha tiap tahun menjadi 2,95 per ha tiap tahun. Kenaikan produktivitas itu juga akan menjadi salah satu pendorong kenaikan produksi CPO pada tahun depan.

AALI akan membuka lini bisnis baru pada tahun ini, yakni peternakan sapi. Perseroan akan menggelontorkan dana investasi sekitar Rp100 miliar untuk mendatangkan sapi impor dan membangun infrastruktur peternakan di Kalimantan Tengah.

Tahun ini lebih dari 7.000 sapi diimpor dari Australia. Sebanyak 3.370 ekor merupakan sapi indukan untuk diternakkan, sedangkan 4.000 sapi bakalan digemukkan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

GIIAS Medan 2018 (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 18 Oktober 2018 - 20:45 WIB

Rangkaian GIIAS Roadshow 2018 Ditutup Pesta Harga Akhir Tahun di GIIAS Medan Auto Show

Menghitung mundur kurang dari dua minggu menuju penyelenggaraan rangkaian pameran mobil GAIKINDO Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2018 yang akan kembali dilangsungkan di Medan. Kembali…

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong

Kamis, 18 Oktober 2018 - 20:00 WIB

Industri Pariwisata Menunggu Kehadiran Investor Arab Saudi

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong menyatakan pemerintah Indonesia akan menawarkan peluang investasi sektor pariwisata dan gaya hidup (lifestyle) dalam konferensi…

Menteri Basuki saat meninjau lokasi pembangunan Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA)

Kamis, 18 Oktober 2018 - 19:29 WIB

Penyaluran Bantuan Rumah Risha Disalurkan Lewat Pokmas Untuk Jamin Akuntabilitas

Untuk mempercepat penyaluran bantuan, Pemerintah telah menyederhanakan format pencairan dana perbaikan rumah dari sebelumnya 17 formulir menjadi 1 formulir saja.

Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih berfoto bersama dengan para peserta pameranpada peringatan Hari Kopi Internasional di Makassar (Foto: Kemenperin)

Kamis, 18 Oktober 2018 - 19:22 WIB

Pacu Pertumbuhan IKM Pengolahan Kopi, Inilah Langkah Strategis Kemenperin

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong pertumbuhan industri pengolahan kopi di dalam negeri termasuk skala industri kecil dan menengah (IKM).

Dean Novel

Kamis, 18 Oktober 2018 - 19:02 WIB

Kisah Petani Jagung Berdasi (2): Memilih NTB Ketimbang Jawa

Dean betah berladang di NTB karena menurutnya petani di Lombok masih haus dengan inovasi. Masih mendengar jika diberi penyuluhan, masih penasaran dengan ilmu-ilmu baru dalam pertanian.