Astra Agro Lestari Berharap Produksi CPO Meningkat 5 Persen di 2018

Oleh : Hariyanto | Selasa, 14 November 2017 - 10:26 WIB

kelapa sawit
kelapa sawit

INDUSTRY co.id -Jakarta - PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) berharap produksi minyak kelapa sawit mentah (CPO) bisa meningkat 5% pada tahun depan. 

"Cuaca hujan masih memengaruhi produksi CPO pada tahun ini," kata Direktur Utama AALI, Santosa, kepada pers di Jakarta, Senin (13/11/2017).

Jika curah hujan masih normal hingga akhir tahun, menurut Santosa, produksi CPO diperkirakan tembus hingga 1,7 juta ton. "Proyeksi akhir tahun kami 1,6 juta ton. Kalau semua berjalan lancar dalam artian tidak hujan terus-menerus, bisa mencapai 1,7 juta ton," ungkap Santosa.

Produksi CPO pada tahun depan juga bisa naik dengan makin menurunnya lahan yang belum menghasilkan. Diperkirakan pada akhir tahun ini, lahan yang belum menghasilkan tinggal 20.000 hektare (ha) dari sebelumnya 26.000 ha sampai kuartal III tahun ini.

Sementara itu, luas lahan sawit yang sudah menghasilkan hingga kuartal III 2017 mencapai 271.000 ha atau naik dari 261.000 ha pada periode yang sama tahun lalu.

"Kami gelontorkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sepertiga dari total Rp1,7 triliun hingga Rp2 triliun pada tahun depan untuk lahan yang belum menghasilkan ini. Digunakan untuk perawatan dan pupuk," ujar Santosa.

Sedangkan produktivitas lahan sawit AALI juga meningkat dari 2,6 ton per ha tiap tahun menjadi 2,95 per ha tiap tahun. Kenaikan produktivitas itu juga akan menjadi salah satu pendorong kenaikan produksi CPO pada tahun depan.

AALI akan membuka lini bisnis baru pada tahun ini, yakni peternakan sapi. Perseroan akan menggelontorkan dana investasi sekitar Rp100 miliar untuk mendatangkan sapi impor dan membangun infrastruktur peternakan di Kalimantan Tengah.

Tahun ini lebih dari 7.000 sapi diimpor dari Australia. Sebanyak 3.370 ekor merupakan sapi indukan untuk diternakkan, sedangkan 4.000 sapi bakalan digemukkan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank BTN Dukung Penguatan Usaha Kecil Menengah (Foto Rizki Meirino)

Minggu, 19 November 2017 - 16:00 WIB

Masuk Daftar MSCI, Saham BBTN Bakal Banyak Peminat

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) menilai masuknya saham perseroan ke dalam Morgan Stanley Capital International (MSCI) Global Standard Index merupakan kepercayaan yang harus dijaga dengan meningkatkan…

PT Pertamina Lubricants (Foto Ist)

Minggu, 19 November 2017 - 15:59 WIB

Pertamina Lubricants Meraih Platinum SNI Award 2017

Perseroan Terbatas Pertamina Lubricants berhasil meraih Platinum SNI Award 2017 untuk kategori Perusahaan Besar Barang Sektor Kimia dan Serba Aneka dari Badan Standardisasi Nasional.

PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC)

Minggu, 19 November 2017 - 15:51 WIB

Produksi Migas MEDCO Naik

Produksi minyak dan gas bumi PT Medco E&P Indonesia dan Medco E&P Natuna Ltd naik pada semester pertama 2017 dibanding periode sama tahun sebelumnya yang antara lain disebabkan adanya pengambilalihan…

Listrik Ilustrasi

Minggu, 19 November 2017 - 15:47 WIB

YLKI: Konsumsi Listrik Indonesia Masih Rendah

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengatakan konsumsi listrik Indonesia masih rendah sehingga penghapusan tarif listrik kelas daya terendah tidak tepat…

Teguh Santosa Ketua Umum SMSI (Foto Ist)

Minggu, 19 November 2017 - 15:33 WIB

PWI Fasilitasi UKW untuk Wartawan Perusahaan Media Siber Anggota SMSI

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) memberi kesempatan kepada wartawan yang bekerja di perusahaan media siber anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) untuk mengikuti Uji Kompetensi Wartawan…