Antam dan Pos Indonesia Perluas Jangkauan Penjualan Emas di 205 Kantor Pos

Oleh : Hariyanto | Selasa, 12 September 2017 - 19:04 WIB

Ilustrasi Emas (Dok-Antam)
Ilustrasi Emas (Dok-Antam)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Setelah Februari 2017 lalu diluncurkan dengan menyediakan 109 Kantor Pos yang bisa diakses masyarakat untuk membeli emas ANTAM, kini PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) dan PT Pos Indonesia melanjutkan kerja sama memperluas jangkauan penjualan menjadi 205 Kantor Pos di Indonesia.

Mengutip keterbukaan informasi di BEI, kerjasama tersebut ditandai melalui launching tahap 2 di Kantor Pos Manado, 11 September 2017 disaksikan oleh Direktur Jaringan, Ritel dan Sumber Daya Manusia Pos Indonesia, Ira Puspa Dewidan Direktur Pemasaran ANTM, Tatang Hendra.

Kerja sama ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat membeli emas Antam di seluruh KantorPos di Indonesia dan sebagai sarana me-leverage bisnis masing-masing BUMN. Bagi Antam dengan adanya kerja sama ini, jaringan pemasaran produk emas semakin luas dan menjadi salah satu bentuk peningkatan pelayanan kepada konsumen.

Sedangkan bagi Pos Indonesia, kerja sama ini meningkatkan pendapatan melaluibisnis layanan baru dengan segmen pasar pelanggan yang datang ke Kantor Pos (walk-in customer), membentuk citra positif bahwa Pos Indonesia telah mampu menangani kiriman barang dengan kategori valuable goods, meningkatkan daya saing perusahaan dengan kompetitor, serta turut mengedukasi masyarakat untuk berinvestasi atau menabung dengan membeli emas untuk masa depan.

Direktur Pemasaran Antam, Tatang Hendra mengatakan Antam berkomitmen kepada praktik pelaksanaan operasional yang baik, mulai dari eksplorasi, penambangan, pengelolaan lingkungan, pengolahan dan pemurnian sampai dengan penjualan.

"Kerjasama dengan Pos Indonesia ini diharapkanakan mendukung kinerja bisnis emas Perseroan. Melaluijaringan distribusi produk yang lebih kuat akan semakin mengokokohkan Antam sebagai satu-satunya produsen emasbersertifikat LBMA (London Bullion Market Association) yang menjamin kepastian berat dan kemurnian emas.

Sementara, Direktur Jaringan, Retail dan Sumber Daya Manusia PT Pos Indonesia, Ira Puspadewi mengatakan dukungan jaringan Pos Indonesia yang tersebar luas berjumlah lebih dari 24.000 titik layanan. Dengan demikian akan lebih memudahkan masyarakat untuk membeli emas, baik di KantorPos Pemeriksa (Kprk) maupun KantorPos Cabang Dalam Kota (Kpc DK) dan Luar Kota(Kpc LK).

Ira juga menjamin, program ini didukung oleh kehandalan teknologi informasi untuk proses pembelian/pemesanan dan transaksi pembayaran pengiriman (delivery)barang kategori valuable goods.

"Sehingga data transaksi dapat terekam dengan benar, akurat, cepat,memudahkan prosesrekonsiliasi, settlementdan pelaporanuntuk keperluan pemantauan dan evaluasi, baik darisisi perusahaan maupun dari sisi mitra," terangnya.

Ruang lingkup kerjasama Antam dan Pos Indonesia mencakup penyediaan fasilitas penjualan, serta pembayaran dandistribusi produk emas Logam Mulia (LM) di KantorPos. Pelanggan melakukan pembelian emas LM di Kantor Pos dengan sistem pemesanan.

Selanjutnya Antam akan menggunakan layanan Pos Indonesia dalam hal pengiriman emas LM dari butik emas LM terdekat menuju lokasi KantorPos tempat pembelian. Sebanyak 205 Kantor Pos di seluruh Indonesia merupakan bagian dari perjanjian kerja sama ANTAM dan Pos Indonesia. Pelanggan sudah dapat memesan emas LM mulai 0,5 gram sampai dengan 50 gram di 205 KantorPos tersebut sejak tanggal 11 September 2017.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…