Hotel Indigo Segarkan Tamu Dengan Kearifan Lokal

Oleh : Hariyanto | Jumat, 23 Desember 2016 - 16:11 WIB

Hotel Indigo
Hotel Indigo

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Hotel Indigo memberikan sorotan pada makanan, budaya, seni dan desain unik yang mengacu pada karakter lokal khas masing-masing daerah untuk menciptakan inspirasi dan kejutan pengalaman otentik bagi para wisatawan.

Dari Singapura terdapat daerah Peranakan (Asli kelahiran Cina) dan desain tripartit Bali hingga hingga tradisi Bangkok modern.
 
Di Asia Pasifik, permintaan ini banyak didorong oleh wisatawan millennial yang menunjukkan perkembangan pesat atas pengaruhnya pada masalah ekonomi – atau hasrat dan kesediaan mengambil resiko di luar batas zona nyaman seseorang untuk mencari dan mengeksplorasi pengalaman lokal yang otentik.

Berbeda dengan baby boomers yang hanya tertarik pada kenyamanan, kemudahan akses dan keamanan dalam pilihan perjalanan mereka.

Hampir 80% wisatawan berusia antara 18 dan 35 tahun mengakui bahwa mereka ingin belajar sesuatu yang baru saat mereka berwisata, sementara kurang dari setengah wisatawan millennial menjelaskan bahwa pilihan tujuan mereka didorong oleh keinginan untuk mempelajari budaya tertentu.

Di balik setiap nuansa desain yang rumit terdapat beragam cerita. Itulah yang ada di daerah Katong - rumah untuk perkebunan kelapa jauh sebelum berkembang menjadi kota perumahan elit yang berkembang di awal abad 20.

Daerah yang menjadi rumah bagi Hotel Indigo Singapore Katong, sebagian besar identitas dan kepribadian lokal telah diabadikan, seperti yang dibuktikan oleh kawasan konservasi bertingkat rendah di zona sekitar hotel.
 
Untuk memastikan warisan di daerah tersebut telah dimasukkan ke dalam keseluruhan desain hotel, tantangan arsitektur terpenting adalah untuk menenun secara berkelanjutan, ruang terbuka dan bayangan dalam  bentuk logam 'sirip' yang ditempatkan pada eksterior bangunan.

Dibuat dengan pola yang rumit, sirip ini mengingatkan masa kuno yang digunakan untuk ruko Peranakan, dirancang untuk memberikan dekorasi serta kepraktisan - untuk melindungi tamu dari panas matahari.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala (BPPSDMP) Kementan Momon Rusmono

Sabtu, 23 Maret 2019 - 16:45 WIB

Kementan: Kedaulatan Pangan Harus Berdampak Pada Kesejahteraan Petani

Indramayu - Kementerian Pertanian (Kementan) mendorong petani di Kabupaten Indramayu untuk bisa mencapai target produksi padi hingga lebih dari 1,8 juta ton gabah kering pungut di tahun 2019.…

Direktur Keuangan dan Operasional BNI Syariah Wahyu Avianto

Sabtu, 23 Maret 2019 - 16:36 WIB

BNI Syariah Siapkan Strategi Untuk Hadapi Era Disrupsi

Jakarta - BNI Syariah sudah menyiapkan strategi untuk menghadapi era disrupsi. Era disrupsi ini terjadi ditunjukkan dengan perubahan yang cukup cepat dan mengganggu eksisting bisnis.

Dok Redaksi Industry

Sabtu, 23 Maret 2019 - 13:33 WIB

Bambang Trihatmodjo: Pupuk Bregadium Bukti Kiprah Berkarya untuk Pertanian 

Kader utama Partai Berkarya Bambang Trihatmodjo menilai sector pertanian Indonesia berjalan di tempat, di tengah maju dan berkembangnya sector pertanian negara-negara tetangga, terutama Thailand.  

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih

Sabtu, 23 Maret 2019 - 13:10 WIB

Kemenperin Siapkan Dua Model Program Pacu Penumbuhan Wirausaha Baru di Pondok Pesantren

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah menyiapkan beberapa program atau model untuk mengembangkan pemberdayaan ekonomi berbasis pondok pesantren dan menumbuhkembangkan semangat kewirausahaan…

Krakatau Steel (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 13:05 WIB

Kementerian BUMN Hormati Proses Hukum yang Sedang Berjalan di PT KS

Deputi Bidang Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno mengungkapkan, Kementerian BUMN menghormati proses hukum yang sedang berjalan di PT Krakatau Steel.