Bisnis Media Iklan Produk di Kendaraan Kian Prospektif dan Menjanjikan

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 04 September 2017 - 10:23 WIB

Bisnis Media Iklan Produk di Kendaraan kian menjanjikan
Bisnis Media Iklan Produk di Kendaraan kian menjanjikan

INDUSTRY co.id, Jakarta - Sebuah perusahaan startup teknologi, Stickearn mengajak para pemilik mobil mengubah kendaraannya menjadi reklame berjalan. Mereka yang bergabung sebagai mitra pengemudi Stickearn berpeluang mendapatkan penghasilan tambahan berdasarkan perhitungan kilometer yang ditempuh.

"Di tahun pertama, Stickearn telah bekerja sama dengan 31 brand dan ribuan driver sudah menjadi mitra Stickearn dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun," ujar Sugito Alim, Co Founder Stickearn, dalam keterangan tertulisnya, akhir pekan lalu.

Pemasaran melalui media luar ruang ini diyakini dapat memberi efek yang luas bagi masyarakat yang melihat. Selain itu, kata dia, pemasaran ini efektif menyampaikan pesan dari pemasang iklan ke masyarakat.

Stickearn berkaca pada survei dari The American Truckinh Association, yang menunjukkan bahwa 97 persen responden mengingat iklan yang dipasang pada kendaraan.

Kemudian sebesar 98 persen responden berpikir bahwa iklan tersebut menciptakan citra positif dari pemasang iklan. Sebanyak 96 persen responden meyakini bahwa iklan di kendaraan lebih efektif ketimbang reklame dan 75 persen responden terkesan dengan produk yang diiklankan pada kendaraan tersebut.

Studi lainnya adalah dari The Outdoor Advertising Association of America (OAAA), yang menunjukkan bahwa 95 persen responden orang Amerika melihat iklan dari kendaraan yang lalu lalang. Kemudian 47 persen responden yang berusia 18-34 tahun, terkesan setelah melihat iklan tersebut.

"Sementara masyarakat Jakarta rata-rata menghabiskan 400 jam per tahun di jalanan untuk bepergian dan bekerja. Terlebih pada hari-hari tertentu, 35 persen orang di Jakarta hanya menghabiskan waktu mereka di jalan. Hal ini membuka peluang bagi kami," kata Sugito.

Selain memasarkan produk mereka, para pemasar juga dapat memantau secara real time mobilitas dan jarak tempuh iklan tersebut melalui dashboard aplikasi khusus.

Dashboard ini, lanjut dia, juga dapat menghitung secara akurat seberapa besar impresi yang terbentuk dari pemasangan iklan. Adapun beberapa mereka yang sudah bekerja sama dengan Stickearn yakni Andre Valentino, Traveloka, Tokopedia, Shopee, Studio Nine, Maspion, Clash of Clan, Deal Makan, Excelso, Kalbe, Travelio, Puncak Group, Brother Printer dan lain-lain.

Stickearn, lanjut dia, juga memberi layanan bagi para pengiklan dalam bentuk konsultasi dan solusi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pihak pengiklan.

"Para pengiklan di Stickearn dapat dibantu merancang desain iklan mereka secara gratis sebagai salah satu bentuk layanan Stickearn," kata Sugito

   

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Jumat, 26 April 2024 - 06:47 WIB

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Grup RS Siloam, National University of Singapore (NUS) Yong Loo Lin School of Medicine, dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology (MRIN) menjalin kerjasama strategis untuk memajukan penelitian…

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Jumat, 26 April 2024 - 06:39 WIB

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri agenda halalbihalal Himpunan Pengembang Jalan Indonesia (HPJI) di Jakarta, Kamis (25/4). Hadir mendampingi Menteri…

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.