Festival Kulifest 2017 Menyuguhkan Seni Tradisional dan Modern

Oleh : Herry Barus | Minggu, 27 Agustus 2017 - 12:02 WIB

Seniman penari dari Yogyakarta Didik Nini Thowok (Foto Ist)
Seniman penari dari Yogyakarta Didik Nini Thowok (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Festival Kampoeng Nusantara Kulifest 2017 yang akan dilaksanakan di Bendung Khayangan, Desa Pendoworejo, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta akan menyuguhkan seni tradisional dalam negeri, luar negeri, dan seni modern.

"Acara ini dimaksudkan untuk mengenalkan kembali nilai-nilai budaya adi luhung kita kepada generasi muda, untuk itu kami butuh seniman kekinian sebagai media yang dapat menyampaikan pesan tersebut," kata penyelenggara Kulfest Donny Moeladi, di Jakarta, Jumat (25/8/2017)

Acara ini diprakasai oleh penari Didik Nini Thowok sebagai bentuk kecintaan terhadap budaya asli Indonesia.

Oleh sebab itu festival yang diselenggarakan tiga hari mulai 24-36 November 2017 tersebut memiliki penampil dari tim kesenian tradisional seperti Gending Sriwijaya, Anak Agung Serame Semadi, Joko Mursito, dan lainnya.

Tak hanya dari Indonesia, kesenian tradisional juga diisi oleh seniman dari luar negeri seperti Shundu Raj, Pooja Bhatnagar dari India, Akira Matsui dari Jepang dan lainnya.

Sementara itu musisi masa kini yang ikut serta antara lain Andien, Mata Jiwa, Gugun Blueshelter, Mondo Gascoro, dan lainnya.

"Kami memilih seniman masa kini yang peduli untuk mengembalikan identitas bangsa, selain itu para musisi muda ini juga dapat bertemu langsung dengan para maestro sambil menikmati alam Kulonprogo," kata dia seperti dilansir Antara.

Festival yang digelar tempat seluas tiga hektare tersebut memiliki tiga panggung, satu panggung kesenian tradisional, satu panggung utama dan satu panggung yang berada di tepi sungai.

"Panggung kesenian tradisional itu nanti digunakan oleh Didik Nini Thowok untuk menari, panggung utama akan digunakan musisi seperti Gugun, dan di tepi sungai nanti diisi oleh Mata Jiwa. Jadi setia panggung memiliki kesan yang berbeda," kata dia.

Selain menyuguhkan seni, festival ini memberikan kesempatan pengunjungnya untuk menikmati alam sambil berkemah, bertani dan masak dengan bahan holtikultura.

Acara tersebut dapat menampung 1000 pengunjung, tetapi hanya 500 penonton yang dapat menikmati kemah didekat festival.

"Sisanya bisa menginap di Jogja, kami akan bekerja sama dengan beberapa hotel di Yogyakarta dan kami juga siapakan bus yang mengantar ke tempat festival," kata dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Vivo V15 Pro

Rabu, 20 Maret 2019 - 18:10 WIB

Sebelum Beli Smartphone, Ini Keunggulan Vivo V15 Pro yang Harus Kamu Tau

Vivo V15 Pro bukan hanya mengintegrasikan fitur kamera terbaru untuk selfie atau portrait saja, namun juga semakin eksploratif untuk berbagai kebutuhan mobile photography lainnya dengan fitur-fitur…

Acara AMIGO Innovation Summit

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:41 WIB

Telkom Gelar AMIGO Innovation Summit 2019

Jakarta – Sebagai wujud komitmen Telkom untuk mendukung perkembangan ekosistem digital Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyelenggarakan pameran dan konferensi tahunan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih saat meninjau salah satu booth di pameran Adiwastra Nusantara 2019 (Foto:Ridwan)

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:13 WIB

Kemenperin Targetkan Ekspor Tenun dan Batik Naik 10 Persen di Tahun 2019

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan ekspor tenun dan batik nasional mampu meningkat 10 persen di tahun 2019.

Sniper PowerHome

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:55 WIB

Penuhi Kebutuhan Listrik Saat Darurat, SNIPER Hadirkan PowerHome 

Pemenuhan kebutuhan listrik di luar ruang ternyata tidak hanya berkutat dengan tegangan arus searah (DC) atau arus lemah. Salah satu produsen power bank SNIPER memberikan solusi untuk pengisian…

Tanjung Lesung

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:20 WIB

Kementerian PUPR Terus Lengkapi Infrastruktur Tanjung Lesung

Tanjung lesung layak disebut primadona wisata dari Banten. Keindahannya tak diragukan lagi. Kawasan ini memiliki pesona pantai yang memukau. Letaknya berada di ujung Pulau Jawa, tepatnya di…