Produsen Timah Refined Bangka Tin, Kembangkan Program Reklamasi Berkelanjutan di Bangka Belitung

Oleh : Hariyanto | Rabu, 16 Agustus 2017 - 08:17 WIB

PT Refined Bangka Tin, Kembangkan Program Reklamasi Berkelanjutan (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
PT Refined Bangka Tin, Kembangkan Program Reklamasi Berkelanjutan (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Bangka Belitung - PT Refined Bangka Tin (RBT) mengumumkan Program Reklamasi Berkelanjutan 'Green For Good', yang merupakan program konservasi lahan untuk mengembalikan fungsi tanah yang sudah tidak produktif. Dengan melibatkan masyarakat setempat dan pemangku kepentingan lainya seperti pemerintah, aparat keamanan, lsm serta organisasi nasional dan internasional.

Program reklamasi berkelanjutan ini juga bertujuan untuk memberikan sumber penghasilan alternatif bagi masyarakat di sekitar tambang.

Sebagai salah satu produsen timah terbesar di Indonesia yang menjalankan reklamasi berkelanjutan, RBT akan mengembalikan lahan seluas 50 hektar bekas pertambangan untuk digunakan sebagai kawasan konservasi lahan, agrikultur, agrowisata, dan eco-education yang ingin memastikan bahwa semua aktivitas pertambangan pertambangan dikelola dengan mengedepankan kepentingan lingkungan.

Upaya ini merupakan bukti komitmen RBT untuk menjaga kelestarian lingkungan dan mendukung upaya pemerintah untuk mencegah perubahan iklim.

Direktur PT Refined Bangka Tin (RBT), Reza Ardiansyah mengatakan, pihaknya ingin jadi inisiator Reklamasi Berkelanjutan dengan merevitalisasi lahan dan membuat lahan tersebut bermanfaat bagi masyarakat setempat.

"Sesuai dengan slogan khas Bangka Belitung, Bumi Sepintu Sedulang atau gotong royong, RBT ingin mengajak semua pelaku bisnis dan industri timah khususnya, juga komunitas lokal untuk bergabung dalam gerakan ini dan mendukung kebijakan pemerintah dalam kemandirian pangan dan energi serta kelestarian lingkungan," kata Reza dalam paparanya di Bangka Belitung, Selasa (15/8/2017).

Sebagai langkah awal yang di inisiasi oleh RBT, nantinya status lahan tersebut direncanakan akan berubah menjadi hak guna bangun (HGU) Koperasi Desa, sesuai dengan himbauan pemerintah agar program reklamasi dapat berkelanjutan.
 
Diatas lahan seluas 50 hektar di Desa Penyamun, Kabupaten Bangka, RBT akan mengembangkan proyek tersebut sebagai percobaan berbasis riset. Lahan-lahan ini rencananya akan dikembangkan untuk menjadi lahan produktif agrikultur dengan tanaman pangan bernilai ekonomis. Nantinya, hasil dari pengembangan lahan tersebut dapat diduplikasikan atau dikembangkan ketempat lain, serta dijadikan referensi agrowisata dan eco-education bagi masyarakat.

Ketua Asosiasi Eksportir Timah (AETI) Jubin Sufianto mengatakan, pihaknya mendukung program reklamasi berkelanjutan RBT yang menekankan kesejahteraan dan kontribusi bagi negara secara simutan serta memberikan manfaat bagi masyarakat setelah tambang timah melewati masa produksinya,

"Hal ini sesuai dengan cita cita kami mewujudkan industri timah yang mengedepankan kelestarian lingkungan atau green mining," ungkapnya.

Program reklamasi berkelanjutan RBT sejalan dengan himbauan pemerintah bagi pelaku usaha pertambangan tentang reklamasi dan pasca tambang untuk menata, memulihkan dan memperbaiki kualitas lingkungan dan ekosistem supaya dapat berfungsi kembali.

PT Refined Bangka Tin (RBT) merupakan perusahaan produsen (smelter)) timah berkelanjutan yang didirikan pada tahun 2007 dan memiliki wilayah operasi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. RBT berencana untuk menjalankan Program Reklamasi Berkelanjutan secara bertahab dalam beberapa tahun kedepan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 10:29 WIB

Ciptakan Ruang Rekreasi Kolaboratif, HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Dalam upaya meningkatkan fasilitas dan kepuasan penghuni apartemennya, anak perusahaan PT Hutama Karya (Persero) yaitu PT HK Realtindo (HKR) menjalin kerjasama dengan PT All Play Indonesia (All…

Bahana TCW

Sabtu, 27 April 2024 - 10:00 WIB

Ingin Memulai Berinvestasi di Reksa Dana Syariah, Perhatikan Hal Ini Agar Tak Salah Pilih

Sebagai salah satu negara dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, menemukan investasi dengan konsep syariah tentu tak sulit di Indonesia. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan…

Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Sabtu, 27 April 2024 - 09:12 WIB

Meski Diguyur Hujan Deras, Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Biasanya kalau acara di tempat terbuka diguyur hujan akan ditinggalkan penonton, tapi lain halnya saat Acara Film SyirikSyirik Neraka Pesisir Laut Selatan Goes To School di SMA N 1 Gamping Yogyakarta…

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Sabtu, 27 April 2024 - 09:06 WIB

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Diusia Satu Dekade, FORWAN akan terus berbenah, Forwan akan terus melaju, agar kesejahteraan anggota maju. Hal tersebut diungkapkan Sutrisno Buyil selaku Ketua Umum FORWAN pada perayaan ulang…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Sabtu, 27 April 2024 - 08:58 WIB

Kementerian PUPR Rampungkan Penataan Kawasan Pesisir Labuang Sebagai Destinasi Wisata Baru di Majene

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya telah merampungkan penataan Kawasan Pesisir Labuang di Kabupaten Majene sebagai destinasi wisata…