Jelang Asian Games, Hotel di Sekitar Sungai Musi Mendesak Dibangun

Oleh : Herry Barus | Rabu, 21 Desember 2016 - 04:44 WIB

Asian Games 2018.
Asian Games 2018.

INDUSTRY.co.id - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Sumatera Selatan menyatakan pembangunan hotel berbintang di sekitar daerah aliran Sungai Musi mendesak untuk memicu pengembangan pariwisata di daerah ini.

Rencana pembangunan hotel di sekitar Sungai Musi perlu segera diwujudkan sehingga bisa memicu segera terwujudnya wisata sungai dan dapat dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan Asian Games 2018, kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Selatan Herlan Aspiudin, di Palembang, Selasa. (20/12)

Menurut dia, momentum pesta olahraga negara-negara di kawasan Asia itu merupakan waktu yang tepat untuk menambah fasilitas pendukung pariwisata sehingga dapat menarik minat atlet dan tamu undangan dari berbagai negara untuk berkunjung kembali ke Palembang dan Provionsi Sumsel secara umum.

Jika pembangunan hotel dan berbagai fasilitas pendukung wisata di kawasan Sungai Musi itu tidak segera dimulai, akan kehilangan momentum yang mungkin tidak akan terulang kembali dalam waktu singkat, katanya.

Dia menjelaskan. Kota Palembang yang memiliki ikon Jembatan Ampera dengan Sungai Musi yang berada di tengah kota memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan wisata air.

Dengan fasilitas hotel berbintang di daerah aliran Sungai Musi dan penambahan fasilitas pendukung lainnya, diharapkan ke depan kota ini memiliki objek wisata air yang dapat menarik banyak wisatawan nusantara dan mancanegera berkunjung ke daerah ini.

Untuk mendukung segera terwujudnya pembangunan hotel tersebut, pihaknya siap memfasilitasi dalam melakukan berbagai persiapan termasuk perekrutan tenaga kerja yang memiliki kompetensi di bidang pelayanan jasa perhotelan dan restoran.

Untuk menyiapkan tenaga kerja yang berkompeten sesuai dengan bidangnya dan berstandar internasional, pihaknya didukung Badan Standardisasi Nasional Pusat (asesor dari Kementerian Pariwisata) akan melakukan pelatihan kepada karyawan hotel dan restoran, ujarnya.

Sementara mengenai jumlah hotel di Kota Palembang, saat ini terus bertambah seiring sering dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan olahraga serta berbagai kegiatan lainnya yang berskala nasional dan internasional.

Dalam catatan kota Palembang dalam lima tahun terakhir menjadi salah satu tempat tujuan investasi bidang perhotelan dan restoran, karena setiap digelarnya kegiatan tingkat nasional dan internasional kamar hotel selalu ramai, bahkan ada yang sempat menolak tamu.

Dengan terus dibangunnya hotel baru yang memiliki fasilitas modern dan berstandar internasional, diharapkan Kota Palembang akan semakin dilirik sebagai tempat wisata pavorit dan penyelenggara berbagai kegiatan berskala nasional dan internasional, ujar Herlan. (Hrb

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Milasari Kusumo Anggraini (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:25 WIB

Milasari Kusumo:Mulailah Membangun Ekosistem Ekonomi Kerakyatan

Tidak banyak calon legislatif (caleg) yang hadir di tengah masyarakat dengan membawa konsep perbaikan ekonomi. Dari yang sedikit itu terdapat Milasari Kusumo Anggraini SE, caleg DPR RI dari…

PT Jasa Tirta Energi selaku BUMN yang bergerak di sektor bisnis energi dan konstruksi akan mengoptimalkan pembangkit listrik tenaga minihidro untuk mengaliri aliran listrik di seluruh pelosok Indonesia.

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:13 WIB

Ambisi Jasa Tirta Energi Aliri Listrik di Pelosok

Pemerintah menargetkan hingga 2025 rasio elektrifikasi mencapai 100 persen dimana permintaan akan listrik bertambah 7.000 MW setiap tahunnya. Peluang inilah yang mendasari PT Jasa Tirta Energi…

Pramugari Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:00 WIB

GI Maskapai Global dengan Capaian OTP Terbaik di Dunia Periode Desember 2018-Februari 2019

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia berhasil mencatatkan capaian tertinggi On Time Performance (OTP) terbaik untuk kategori maskapai penerbangan global dengan jumlah penerbangan di…

Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih

Rabu, 20 Maret 2019 - 19:05 WIB

Kemenperin Dorong Industri Tenun dan Batik Gunakan Benang Bemberg

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) terus mendorong penyediaan bahan baku untuk industri tenun dan batik nasional.

Titiek Soeharto (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 19:00 WIB

Titiek Soeharto: Capres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Pasti Menang

Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Titiek Soeharto, optimistis pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 itu akan menang dalam…