Ini Jawaban Kemenperin Menanggapi Keluhan Himpunan Kawasan Industri

Oleh : Hariyanto | Senin, 31 Juli 2017 - 14:43 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat menyampaikansambutan di Rakernas ke XVIII HKI (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat menyampaikansambutan di Rakernas ke XVIII HKI (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id , Surabaya - Himpunan Kawasan Industri (HKI) Indonesia terus melakukan percepatan pengembangan kawasan industri. Namun, Langkah HKI untuk mempercepat pengembangan kawasan industri menemui beberapa kendala.

Dalam Rakernas ke XVIII HKI yang digelar di Hotel JW Marriott, Surabaya , Senin (31/7/2017), Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri Indonesia (HKI), Sanny Iskandar menyampaikan beberapa keluhan terkait kendala pengembangan kawasan industri diantaranya, pengadaan infrastruktur atau jaringan energi kelistrikan dan gas, dukungan transportasi, serta dukungan ketersediaan air baku untuk industri.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengungkapkan, pemerintah akan mendukung kawasan industri untuk membangun infrastruktur, terlebih hal tersebut masuk dalam projek Strategis Nasional.

"Yang terkait dengan infrastruktur, tentu kalau kawasan tersebut masuk projek strategis nasional maka infrastrukturnya akan dibangun oleh pemerintah apakah itu jalan apakah itu pelabuhan, kebetulan pemerintah juga membangun akademi komunitas atau politeknik," ungkap Airlangga Hartarto di Surabaya.

Ia menambahkan, pemerintah juga akan melihat beberapa percontohan terkait dengan infrastruktur listrik dan gas di kawasan industri.

"Terkait infrastruktur listrik dan gas, selektif pemerintah nanti akan melihat. Contohnya di kawasan industri makasar nanti akan di cari opsi-opsinya karna disitu kan dekat dengan sumber, makanya kami minta kawasan untuk melihat bentuk FSRU-nya seperti apa," lanjutnya.

Kemudian, lanjut Airlangga, untuk di daerah luar jawa itu ada masalah untuk pengembangan masterplanya yang secara lebih baik, tidak hanya berbasis satu atau dua komoditas.

"Apalagi pada saat komoditas ini harganya turun, sehingga beberapa kawasan pertumbuhanya agak pelan, nah ini yang di minta untuk dibuka kembali," ungkapnya.

Mengenai target tahun ini apakah akan terpenuhi semua, ia menegaskan, target tersebut ada tahapan tahapanya, misalnya kawasan industri di jawa timur sudah siap di kawasan-kawasan yang baru.

"Kalau di luar jawa beberapa yang siap seperti di sulawesi tengah dan sulawesi tenggara, kalimantan barat, sumatera utara, Sei Mangkei dan Kuala tanjung, itu beberapa yang sudah siap, yang lain tentu akan di dorong supaya persiapanya lebih baik," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bahana TCW

Sabtu, 27 April 2024 - 10:00 WIB

Ingin Memulai Berinvestasi di Reksa Dana Syariah, Perhatikan Hal Ini Agar Tak Salah Pilih

Sebagai salah satu negara dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, menemukan investasi dengan konsep syariah tentu tak sulit di Indonesia. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan…

Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Sabtu, 27 April 2024 - 09:12 WIB

Meski Diguyur Hujan Deras, Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Biasanya kalau acara di tempat terbuka diguyur hujan akan ditinggalkan penonton, tapi lain halnya saat Acara Film SyirikSyirik Neraka Pesisir Laut Selatan Goes To School di SMA N 1 Gamping Yogyakarta…

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Sabtu, 27 April 2024 - 09:06 WIB

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Diusia Satu Dekade, FORWAN akan terus berbenah, Forwan akan terus melaju, agar kesejahteraan anggota maju. Hal tersebut diungkapkan Sutrisno Buyil selaku Ketua Umum FORWAN pada perayaan ulang…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Sabtu, 27 April 2024 - 08:58 WIB

Kementerian PUPR Rampungkan Penataan Kawasan Pesisir Labuang Sebagai Destinasi Wisata Baru di Majene

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya telah merampungkan penataan Kawasan Pesisir Labuang di Kabupaten Majene sebagai destinasi wisata…

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…