Jatim Art Forum Mereproklamasi Kebudayaan Lokal

Oleh : Herry Barus | Senin, 19 Desember 2016 - 08:35 WIB

Kota Surabaya / http://www.bintang.com
Kota Surabaya / http://www.bintang.com

INDUSTRY.co.id - Jatim Art Forum 2016 yang digelar Dewan Kesenian Jawa Timur (DKJT) sejak 15 Desember telah menghasilkan kesepakatan di antara seniman dan pelaku kebudayaan di Jawa Timur untuk memprokalamasikan kembali kebudayaan lokal, yang dinilai telah tergerus budaya asing sebagai akibat dari derasnya kemajuan teknologi informasi. 

Jatim Art Forum 2016 mengambil tema “Mulat Wani” berlangsung di Kompleks Taman Budaya Jawa Timur (TBJT), di Surabaya, akan berlangsung hingga 21 Desember.

Ketua DKJT Taufik “Monyong” Hidayat yang  dikonfirmasi  di Surabaya, Minggu menjelaskan “Mulat Wani” yang menjadi tema Jatim Art Forum tahun ini dimaksudkan untuk membongkar cara berpikir seniman dalam proses berkarya di era yang semakin digital seperti sekarang ini.   

"Jatim Art Forum merupakan agenda tahunan DKJT. Tahun ini adalah penyelenggaraan yang ketiga. Setiap tahunnya selalu menghasilkan kesepakatan untuk dijalani bersama pada tahun berikutnya. Seperti pada Jatim Art Forum tahun pertama menyepakati sebagai tahun budaya, Jatim Art Forum tahun lalu menyepekati negosiasi kebudayaan dengan pemerintah, dan tahun ini kita menyepakati reproklamasi kebudayaan," ujarnya. 

Taufik mengatakan, kemajuan teknologi membuat pola berpikir seniman menjadi instan dalam berkarya. Sebab kecanggihan teknologi saat ini memang memungkinkan memberi kemudahan seniman untuk bekerja secara individu. 

"Kalau dulu kan tidak. Dalam proses berteater misalnya, yang ngisi musiknya adalah seniman yang berkompeten di bidang musik. Pentas tari juga begitu, yang ngisi musiknya ya musisi beneran. Sekarang kan tidak, banyak yang ambil gampangnya, dengan cara mendownload, ini kan kacau," katanya. 

Karenanya, Reproklamasi Kebudayaan, yang disepakati dalam Art Forum 2016, diharapkan para seniman dari berbagai bidang, seperti musik, tari, teater, film, senirupa dan sastra agar memformat ulang proses kreatifnya. Bagi Taufik, perubahan zaman yang selalu melahirkan kecanggihan teknologi merupakan suatu tantangan bagi seniman. 

"Di sisi lain, kecanggihan teknologi itu dengan mudah dapat menjajah kita dari sisi ekonomi, politik, sosial dan budaya. Dan saya yakin kita dapat membentengi bentuk penjajahan seperti ini dengan kebudayaan, caranya ya dengan mereproklamasi kebudayaan kita sendiri," ungkapnya. 

Dalam catatan Antara, Jatim Art Forum 2016, sejak dibuka pada 15 Desember, selain beragendakan kegiatan orasi budaya dan diskusi, juga menampilkan sarasehan sastra, serta sejumlah pertunjukan tari dan teater oleh seniman lokal Jawa Timur. Selain itu juga digelar pameran lukisan hingga tanggal 21 Desember. 

Taufik menambahkan, satu agenda tersisa Art Forum 2016 yaitu membahas tentang format hubungan internasional kebudayaan Jawa Timur, yang akan digelar pada penutupan tanggal 21 Desember mendatang.  (Hrb)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Joko Widodo bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono cek pengerjaan Tol Bocimi

Jumat, 17 Agustus 2018 - 17:15 WIB

Pembangunan Infrastruktur Menumbuhkan Sentra Ekonomi Baru

Pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan pemerintah di berbagai daerah dapat menumbuhkan sentra-sentra ekonomi baru, kata Rektor Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Profesor…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Foto Ist)

Jumat, 17 Agustus 2018 - 17:00 WIB

Menteri Basuki Pastikan Tak Ada Proyek Baru Kecuali Bendungan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan tidak ada proyek infrastruktur baru yang dikerjakan Pemerintah pada 2019 kecuali pembangunan bendungan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono

Jumat, 17 Agustus 2018 - 16:45 WIB

Menteri PUPR Basuki akan Prioritaskan Belanja Modal

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan tambahan alokasi anggaran akan diprioritaskan untuk belanja modal yang dapat dimanfaatkan langsung oleh masyarakat.…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono

Jumat, 17 Agustus 2018 - 16:30 WIB

Rp6,5 Trliun Disiapkan PUPR untuk Prasarana Pendidikan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengalokasikan anggaran tambahan sebesar Rp6,5 triliun untuk memperbaiki sarana dan prasarana pendidikan serta pasar induk dalam Anggaran…

Ilustrasi KRL Commuter Line

Jumat, 17 Agustus 2018 - 16:15 WIB

KCI Luncurkan Kartu Commuter Edisi Asian Games 2018

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) meluncurkan kartu multi trip (KMT) edisi khusus Asian Games dengan mengambil inspirasi dari maskot Asian Games 2018.