Jatim Art Forum Mereproklamasi Kebudayaan Lokal

Oleh : Herry Barus | Senin, 19 Desember 2016 - 08:35 WIB

Kota Surabaya / http://www.bintang.com
Kota Surabaya / http://www.bintang.com

INDUSTRY.co.id - Jatim Art Forum 2016 yang digelar Dewan Kesenian Jawa Timur (DKJT) sejak 15 Desember telah menghasilkan kesepakatan di antara seniman dan pelaku kebudayaan di Jawa Timur untuk memprokalamasikan kembali kebudayaan lokal, yang dinilai telah tergerus budaya asing sebagai akibat dari derasnya kemajuan teknologi informasi. 

Jatim Art Forum 2016 mengambil tema “Mulat Wani” berlangsung di Kompleks Taman Budaya Jawa Timur (TBJT), di Surabaya, akan berlangsung hingga 21 Desember.

Ketua DKJT Taufik “Monyong” Hidayat yang  dikonfirmasi  di Surabaya, Minggu menjelaskan “Mulat Wani” yang menjadi tema Jatim Art Forum tahun ini dimaksudkan untuk membongkar cara berpikir seniman dalam proses berkarya di era yang semakin digital seperti sekarang ini.   

"Jatim Art Forum merupakan agenda tahunan DKJT. Tahun ini adalah penyelenggaraan yang ketiga. Setiap tahunnya selalu menghasilkan kesepakatan untuk dijalani bersama pada tahun berikutnya. Seperti pada Jatim Art Forum tahun pertama menyepakati sebagai tahun budaya, Jatim Art Forum tahun lalu menyepekati negosiasi kebudayaan dengan pemerintah, dan tahun ini kita menyepakati reproklamasi kebudayaan," ujarnya. 

Taufik mengatakan, kemajuan teknologi membuat pola berpikir seniman menjadi instan dalam berkarya. Sebab kecanggihan teknologi saat ini memang memungkinkan memberi kemudahan seniman untuk bekerja secara individu. 

"Kalau dulu kan tidak. Dalam proses berteater misalnya, yang ngisi musiknya adalah seniman yang berkompeten di bidang musik. Pentas tari juga begitu, yang ngisi musiknya ya musisi beneran. Sekarang kan tidak, banyak yang ambil gampangnya, dengan cara mendownload, ini kan kacau," katanya. 

Karenanya, Reproklamasi Kebudayaan, yang disepakati dalam Art Forum 2016, diharapkan para seniman dari berbagai bidang, seperti musik, tari, teater, film, senirupa dan sastra agar memformat ulang proses kreatifnya. Bagi Taufik, perubahan zaman yang selalu melahirkan kecanggihan teknologi merupakan suatu tantangan bagi seniman. 

"Di sisi lain, kecanggihan teknologi itu dengan mudah dapat menjajah kita dari sisi ekonomi, politik, sosial dan budaya. Dan saya yakin kita dapat membentengi bentuk penjajahan seperti ini dengan kebudayaan, caranya ya dengan mereproklamasi kebudayaan kita sendiri," ungkapnya. 

Dalam catatan Antara, Jatim Art Forum 2016, sejak dibuka pada 15 Desember, selain beragendakan kegiatan orasi budaya dan diskusi, juga menampilkan sarasehan sastra, serta sejumlah pertunjukan tari dan teater oleh seniman lokal Jawa Timur. Selain itu juga digelar pameran lukisan hingga tanggal 21 Desember. 

Taufik menambahkan, satu agenda tersisa Art Forum 2016 yaitu membahas tentang format hubungan internasional kebudayaan Jawa Timur, yang akan digelar pada penutupan tanggal 21 Desember mendatang.  (Hrb)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:53 WIB

Rupiah Senin Sore Menguat di Posisi Rp14.586

Pergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin sore (19/11/2018) ini menguat sebesar sembilan poin menjadi Rp14.586 dibandingkan posisi sebelumnya Rp14.595…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Senin, 19 November 2018 - 17:48 WIB

Presiden Jokowi: Perlu Inovasi Pembiayaan Infrastruktur

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan saat ini pemerintahannya bicara mengenai infrastruktur, maka tidak mungkin menutupnya dari anggaran pemerintah saja, sehingga perlu inovasi pembiayaan.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:45 WIB

BRI Cabang Purwokerto Salurkan KUR Rp442,218 Miliar

Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sampai dengan Oktober 2018 telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Rp442,218 miliar.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Senin, 19 November 2018 - 17:40 WIB

Menperin Airlangga: Relaksasi DNI Pacu Investasi Sektor Industri

Pemerintah terus berupaya meningkatkan nilai investasi, baik dari penanaman modal dalam negeri (PMDN) maupun penanaman modal asing (PMA). Investasi, khususnya di sektor industri, menjadi salah…

Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:38 WIB

Bank Mandiri Kucurkan Rp440 Miliar Kembangkan Layanan Pelabuhan

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyepakati pinjaman korporasi sebesar Rp440 miliar untuk belanja modal PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) guna mengembangkan fasilitas dan layanan non-tunai di…