Ini yang Terjadi Jika Menolak Perubahan dan Beradaptasi dengan Digital Skills

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 24 Oktober 2021 - 14:00 WIB

Ilustrasi Digital Skills (Ist)
Ilustrasi Digital Skills (Ist)

INDUSTRY.co.id - Transformasi digital yang mengalami percepatan membuat setiap orang harus beradaptasi. Sekarang setidaknya ada 202,6 juta masyarakat yang memanfaatkan internet di Indonesia. Aktivitas online pun semakin tinggi apalagi sejak pandemi karema digunakan untuk bekerja, belajar, belanja, hingga mencari hiburan.

Tentunya segala perubahan tersebut, digital skills akhirnya menjadi kemampuan yang harus dimiliki setiap orang. Begitu pun untuk para pemilik bisnis perubahan yang harus mampu beradaptasi dengan digitalisasi, sebab bila tidak kemungkinan bisnis maupun individunya tidak bisa bertahan. 

“Menolak untuk beradaptasi, maka akan muncul banyak kerugian karena kompetitor yang menyesuaikan dengan keadaan akan lebih maju,” kata Sandy Natalia, Co-Founder of Beauty Cabin saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Lebih lanjut dia mengatakan, menolak beradaptasi berarti menyusahkan diri sendiri sebab banyak permasalahan di pelanggan yang tidak bisa diselesaikan. Misalnya saat pandemi, tentu kini ada pembatasan, sehingga jika tidak mengadaptasi sistem online akan kesulitan. Adapun teknologi memang hadir untuk memudahkan manusia dalam segala aktivitasnya. 

Mengenai digital skills, beberapa yang harus dikembangkan antara lain komunikasi media sosial, mengoptimalkan perangkat digital, analisa data, digital marketing, dan membuat visualisasi konten menjadi lebih menarik. Hal tersebut pun yang membuat bisnis Sandy di bidang kecantikan bisa tetap berjalan. 

"Meskipun kondisi pandemi, bisnisnya bahkan tetap bisa berkembang karena dia memanfaatkan digital skills dengan menawarkan solusi untuk pelanggan yang ingin tetap melakukan perawatan. Sistem yang dia jalankan juga mengikuti perkembangan yaitu online yang otomatis. Di samping itu, untuk mempermudah pelanggan mengakses perawatan kecantikan selama pandemi pihaknya menawarkan jasa home service, di mana terapis datang ke rumah," tukasnya.

Webinar Literasi Digital di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Hadir pula narasumber seperti Irma Nawangwulan, Lecture IULI, Sophie Beatrix, seorang Psikolog Praktisi, Eddy Pranoto, Digital Business Project Manager OCBC NISP, dan Joana Lee, Fitness & Beauty Enthusiast. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Groundbreaking Mazenta Residence Bintaro (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB

Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen

PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…

Direktur Retail Banking BSI Ngatari (kiri) dan Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kanan) saat meresmikan Program Hujan Emas BSI 2022 di Pasar Mayestik, Kebayoran Baru, Jakarta.

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:18 WIB

Dorong Investasi Emas di Masyarakat, BSI Lakukan Program Hujan Emas

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) mendorong minat masyarakat dalam berinvestasi khususnya melalui instrumen logam mulia atau emas lewat Program Hujan Emas.

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:17 WIB

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Menurut laporan We Are Social, penggunaan internet di Indonesia untuk bersosial media menghabiskan 197 menit atau sekitar 3,2 jam per harinya. Seperti yang sudah kita tahu, media sosial digunakan…