Lima Tips Bagi Pebisnis Obline Memilih Jasa Logistik

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 23 Oktober 2021 - 10:00 WIB

CMO Ninja Xpress Andi Djoewarsa.
CMO Ninja Xpress Andi Djoewarsa.

INDUSTRY.co.id - Jakarta– Bagi pebisnis online memilih jasa logistik menjadi hal utama dalam menentukan keberlangsungan bisnis agar berjalan sesuai dengan rencana. Jasa logistik salah satunya Ninja Xpress erat kaitannya dengan loyalitas pelanggan. Sebab, pelanggan yang merasa puas dengan proses pengiriman tanpa hambatan jadi pertimbangan yang cukup kuat untuk kembali menggunakan jasa logistik dan melakukan pesanan berulang di toko online. Untuk itu, pebisnis online harus menentukan dengan tepat jasa logistik yang akan digunakan demi melancarkan paket yang dikirimkan. Terlebih pada saat ini belanja online tengah digandrungi masyarakat Indonesia.

Berdasarkan laporan Facebook dan Bain & Company, terdapat lebih dari 70 juta orang di Asia Tenggara (ASEAN) melakukan belanja secara online sepanjang pandemi Covid-19. Salah satunya Indonesia yang mengalami pertumbuhan konsumen belanja digital tertinggi. Populasi konsumen digital di Indonesia diprediksi naik 15% dari 144 juta orang di 2020 menjadi 165 juta orang di 2021.

“Tren Indonesia yang memiliki pertumbuhan konsumen belanja digital tertinggi, justru menjadi kesempatan pebisnis online untuk lebih produktif dan tantangan dalam memilih dengan cerdas jasa logistik yang digunakan guna melancarkan operasional bisnis. Penting diketahui untuk yang baru memulai bisnis online, bahwa memilih jasa logistik tidak hanya dengan mendengar dari mulut ke mulut saja, tapi perlu ditinjau ulang terkait layanan yang diberikan dan bagaimana jasa logistik tersebut menjamin dapat mengantarkan paket tepat waktu tanpa kerusakan,” ujar Andi Djoewarsa selaku Chief Marketing Officer, Ninja Xpress.

Sebagai bahan pertimbangan bagi pebisnis online yang baru memulai bisnis, maka perlu memperhatikan beberapa hal penting. Ninja Xpress membagikan 5 (lima) tips bagi pebisnis online agar tidak salah memilih jasa logistik yaitu sebagai berikut;

  1. Memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) pengiriman yang jelas dan terpercaya

Standar Operasional Prosedur (SOP) yang jelas akan berpengaruh pada ketepatan waktu pengiriman. SOP yang jelas biasanya disiapkan secara matang oleh jasa logistik, dari mulai proses first mile, atau penjemputan barang dari marketplace menuju gudang, bahkan hingga last mile, barang sampai tepat waktu di tangan pelanggan. SOP jadi salah satu pertimbangan bahwa jasa logistik tersebut terpercaya, biasanya sudah banyak digunakan oleh pelaku bisnis dan memiliki track record yang baik.

  1. Bekerja sama dengan Marketplace

Penting diperhatikan, jasa logistik yang bekerja sama dengan pemain marketplace besar dan terpercaya akan mendapatkan keuntungan bagi bisnis. Seperti Lazada, yang telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan jasa logistik dan salah satunya adalah Ninja Xpress. Mulai dari pengecekan resi yang dapat dilakukan melalui aplikasi Lazada atau bisa juga dengan aplikasi Ninja Xpress, dan pelaku bisnis dapat dengan bebas melakukan tracking pengiriman lengkap serta detail, dari jam transit, tanggal dan lainnya.                                                            

  1. Cepat dan tanggap dalam pengiriman dan aduan

Pilih jasa logistik yang selalu mendukung kepentingan konsumen, baik melalui layanan konsumen seperti customer care atau bahkan menghadirkan beragam pilihan bantuan untuk proses aduan pengiriman barang yang bermasalah.  Seperti di Ninja Xpress, bagi pelaku bisnis yang menemukan kendala pada saat proses penerimaan barang, melakukan pembayaran melalui COD, atau bahkan mengalami kendala pada proses pengembalian barang, dapat memanfaatkan dengan maksimal Respon Cepat Resolusi Tepat dari layanan Customer Care yang telah dioptimalkan oleh Ninja Xpress. Customer care Ninja Xpress memiliki kecepatan respon atau tanggapan balik selama 30 detik melalui telepon, 3 menit melalui platform chat, 2 jam melalui email, dan maksimal 2x24 jam serta mampu memberikan ketepatan resolusi pemecahan masalah pengiriman yang diharapkan dapat mempermudah shipper agar tidak mengganggu produktivitas mereka karena kendala dalam proses pengiriman.

  1. Memiliki berbagai pilihan pengiriman

Pelaku bisnis online biasanya untuk menjaga kestabilan keuangan membutuhkan berbagai macam pilihan paket pengiriman dengan harga yang kompetitif. Berbagai layanan pengiriman biasanya seperti sameday, atau bahkan COD.

  1. Memiliki berbagai program dukungan pada pebisnis

Pemain logistik yang memberikan perhatian lebih kepada bisnis online, biasanya memiliki berbagai macam program loyalitas khusus untuk memberdayakan bisnis seraya mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Program loyalitas biasanya dalam bentuk penyediaan platform edukasi bisnis, hadiah apresiasi terhadap performa bisnis,  hingga menyediakan platform khusus pinjaman modal. Pemain logistik semacam ini dapat jadi pilihan untuk pelaku UKM dalam memanfaatkan berbagai macam program loyalitas untuk meningkatkan skalabilitas bisnis agar pesanan datang secara berkelanjutan. Salah satunya Ninja Xpress yang memiliki beberapa jenis program Ninja Rewards seperti, Point Rewards, Creative Hub, Prima Benefit, Aksilerasi, dan Pinjaman Modal.

“Sebagai mitra bisnis online atau UKM, Ninja Xpress berkomitmen selalu memberikan edukasi  penting bagi pebisnis guna memiliki arah dan terus melakukan peningkatan dalam berbisnis. Salah satunya melalui fasilitas Ninja Rewards, berbagai program dukungan yang ada di Ninja Rewards seperti Point Rewards, Creative Hub, Prima Benefit, Aksilerasi, dan Pinjaman Modal dapat menggerakkan lebih banyak pelaku UMKM lokal di Indonesia untuk terhubung dengan ekosistem berbasis teknologi dan digital dalam melakukan pengembangan ataupun pemasaran produk. Untuk itu, berbagai layanan pengiriman yang telah kami sediakan, senantiasa siap bantu pebisnis online sampai tujuan kesuksesan,”  tutup Andi Djoewarsa selaku CMO dari Ninja Xpress.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi sektor kesehatan

Minggu, 05 Desember 2021 - 08:00 WIB

Pemerintah Teken Tiga LOI Sektor Kesehatan Capai Rp 10 Miliar

Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) melalukan penandatanganan tiga Letter of Intent (LOI) dengan 3 perusahaan alat kesehatan.

Dankormar Mayjen Mar Suhartono

Minggu, 05 Desember 2021 - 06:00 WIB

Dankormar Mayjen (Mar) Suhartono Tinjau Museum Korps Marinir TNI AL

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono meninjau Museum Korps Marinir (MKM) TNI AL yang berlokasi di Kesatrian Marinir Moekijat Pasmar 2 Jalan. A.Yani No. 1A Gedangan,…

Sejumlah Perwira Pasmar 1 Laksanakan Gowes Sepeda Bersama

Minggu, 05 Desember 2021 - 05:45 WIB

Sejumlah Perwira Pasmar 1 Laksanakan Gowes Sepeda Bersama

Komandan Pasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M., menggelar kegiatan bersepeda dalam rangka olahraga bersama jajaran Pejabat Utama Pasmar 1, Jumat (03/12/2021).

Tim Triathlon Pasmar 1 Juarai Belitung Sprint Triathlon 2021

Minggu, 05 Desember 2021 - 05:30 WIB

Tim Triathlon Pasmar 1 Juarai Belitung Sprint Triathlon 2021

Tim Triathlon Pasmar 1 tampil membanggakan pada Belitung Sprint Triathlon 2021 yang dilaksanakan di Pantai Tanjung Tinggi Lorin Hotel and Resort, Belitung, Sabtu (04/12/2021).

Atlet YonmarHanlan XII Pontianak

Minggu, 05 Desember 2021 - 05:15 WIB

Atlet YonmarHanlan XII Pontianak Dominasi Peroleh Medali Ajang Lomba Menembak

Perhelatan lomba menembak dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Armada RI ke 76 yang di gelar oleh Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII Pontianak tengah berlangsung di Lapangan…