Keren! Dubai Punya Masjid Ramah Lingkungan Pertama di Dunia

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 07 September 2021 - 14:00 WIB

Masjid di Hatta, Masjid Ramah Lingkungan Pertama di Dubai (Dok: Khaleejtimes)
Masjid di Hatta, Masjid Ramah Lingkungan Pertama di Dubai (Dok: Khaleejtimes)

INDUSTRY co.id - Menurut sebuah laporan, Dubai Electricity and Water Authority (DEWA) telah meresmikan masjid pertama di dunia untuk bangunan hijau oleh Leadsdship for Energy and Environmental Design (LEED v4) dari US Green Buildings Council (USGBC) menunjukkan hasil peringkat perfana dengan 83 poin.  
 

Dilansir dari laman Times of India, Selasa (7/9/2021), masjid di Hatta ini tersebar di area seluas 1.050 meter persegi dan dapat menampung lebih dari 600 jemaah sekaligus.  
 

Masjid ini merupakan bagian dari upaya UEA untuk mendukung rencana pembangunan Hatta yang komprehensif dan berkelanjutan serta memenuhi kebutuhan pembangunan sosial, ekonomi, dan lingkungan. 
 

Merujuk pada hal tersebut, Managing Director dan CEO DEWA Saeed Mohammed Al Tayer menyatakan bahwa hal ini sesuai dengan Rencana Induk Perkotaan Dubai 2040 yang diluncurkan oleh Yang Mulia Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, Wakil Presiden dan Perdana Menteri UEA dan Penguasa Dubai. 
 

"Peta jalan terpadu untuk pembangunan perkotaan berdasarkan pembangunan berkelanjutan untuk menjadikan Dubai sebagai tempat tinggal terbaik di dunia," ungkapnya. 
 

Diketahui, masjid ini memiliki menara setinggi 25 meter, di mana terdapat stasiun pengisi daya lingkungan hijau, parkir mobil dan sepeda motor, dan fasilitas jamaah berkebutuhan khusus. 

Dilaporkan, masjid ini menghemat sekitar 55 persen air dan 26,5 persen energi.  Panel surya fotovoltaik telah dipasang dan unit pengolahan air untuk menggunakan kembali air untuk pembersihan dan irigasi.

Tidak hanya itu, DEWA juga mengikuti standar internasional tertinggi untuk memastikan kualitas udara baik di tempat dengan menggunakan perangkat yang sangat efisien untuk pemurnian udara, dan untuk menyediakan lingkungan yang berkelanjutan dan sehat di dalam masjid.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kendaraan Listrik

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:30 WIB

RI Siap Akselerasi Bangun Ekosistem Industri Kendaraan Listrik

Indonesia tengah bersiap memasuki era kendaraan listrik, sesuai dengan tren global saat ini. Butuh sinergi berbagai pihak agar mencapai tujuan tersebut. Oleh karena itu, pemerintah dan stakeholders…

Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda bersama Menperin Agus

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:11 WIB

Menperin Agus Bagikan Potret Bersama Sahabat Lamanya Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengunggah sebuah momen duduk santai bersama anak mantan Perdana Menteri (Jepang) yaitu Tatsuo Fukuda.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Firman Shantyabudi

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:08 WIB

Tolong Disimak! Korlantas Polri Mulai Terapkan ETLE Kamera Handphone di Tiga Provinsi

Jakarta-kepolisian daerah (Polda) di Indonesia sudah menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Mobile. Sebanyak tiga kepolisian daerah (Polda) telah menerapkan penindakan hukum berbasis…

Bandara Internasional Batam (Foto Dok Tribunnews)n

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:07 WIB

Bandara Internasional Batam DiharapkanSebagai Cargo Hub dan E-commerce

etua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi penandatangan MoU antara PT. BS Kargo Indonesia dengan PT. Bandara Internasional Batam dalam bidang e-commerce dan logistik. PT. BS Kargo Indonesia…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:05 WIB

Rasio Kepemilikan Mobil di RI Masih Rendah, Menperin Agus: Ini Potensi Luar Biasa

Japan Autoparts Business Forum yang digelar di Nagoya, Jepang, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan rasio kepemilikan kendaraan roda empat di Indonesia masih…