PRIMA: 13 Janji Menkomarves Tak Terealisasi

Oleh : Herry Barus | Senin, 02 Agustus 2021 - 10:31 WIB

Ketua Mahkamah PRIMA Binbin Firman Tresnadi
Ketua Mahkamah PRIMA Binbin Firman Tresnadi

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Bila beberapa waktu lalu Presiden Jokowi digelari "The King of Lips Service" oleh BEM Universitas Indonesia, kini Menkomarves Luhut Binsar  Panjaitan(LBP)  juga kebagian sindiran serupa.

Kali ini sindiran datangnya dari partai baru calon peserta pemilu. Partai Rakyat Adil Makmur (PRIMA) mengungkapkan, sudah sepantasnya LBP digelari juga sebagai "King of Angin Sorga".

Ketua Mahkamah PRIMA Binbin Firman Tresnadi, mengatakan, setelah ditelusuri di media massa, ternyata cukup banyak janji-janji kosong atau "angin sorga" yang pernah disampaikan LBP  ke publik.

"Kami dapat menyebut setidaknya terdapat 13 angin sorga dari LBP selama menjabat Menko Maritim sejak tahun 2016," ungkap Binbin, seperti dilansir dalam siaran persmya, Senin (2/8/2021)

Pertama, tahun 2016 pernah janji Aramco akan membangun kilang di Balongan. Namun, faktanya hal itu tidak terjadi, karena Pertamina justru jalan tanpa Aramco.

Kedua, sambung Binbin, Tahun 2017 LBP juga pernah berkomitmen untuk membantu Menteri KKP Susi Pudjiastuti memberantas maling ikan.

"Tapi, yang terjadi pada tahun 2019 Susi tidak lagi jadi menteri KKP, dan sampai tahun 2021 ini maling ikan masih ada dan terus bertambah banyak," tutur Binbin.

Ketiga, imbuh Binbin, masih di tahun 2017 juga, LBP menjanjikan bahwa harga garam petani tidak akan lagi di bawah Rp 750/kg. Faktanya harga garam pada tahun 2019 masih di bawah Rp 500/kg dan Bahkan tahun 2020 terus anjlok ke Rp 150/kg hingga Rp 400/kg.

"Keempat, pada tahun 2017 janjikan stop impor garam. Tapi yang terjadi sampai sekarang (2021) Indonesia masih impor garam sebanyak 3 juta ton," ungkap Binbin.

Kelima, lanjut Binbin, pada 2017 Luhut menjanjikan ada investasi Qatar di Mandalika. Tapi, hingga tahun 2021 tidak ada kabar lagi tentang rencana investasi itu.

"Keenam, pada tahun 2018 pernah menjanjikan Sungai Citarum akan bersih, faktanya hingga kini masih dipandang merupakan yang paling tercemar di dunia," tutur Binbin.

Ketujuh, pada 2018 LBP  berjanji akan menyelesaikan masalah sampah plastik dan menjaga kebersihan laut. Namun yang terjadi adalah sampah plastik semakin banyak dan pada tahun 2021 disebut sebagai masa darurat sampah plastik

 

"Kedelapan, pada 2018, Luhut pernah janji tarif listrik tidak akan naik. Faktanya sejak tahun 2019, 2020, hingga 2021 tarif listrik setiap tahun selalu naik," sesal Binbin.

Kemudian, tambah Binbin, yang kesembilan, pada tahun 2019 LBP menjanjikan investor dari UAE akan bangun kilang Bontang. Tapi hingga kini tidak ada progress apapun., hingga di pertengahan 2021 Pertamina akhirnya memutuskan menghentikan pembangunan kilang Bontang.

"Kesepuluh, tahun 2020 Janjikan investasi US$ 100 miliar dari Softbank untuk pembangunan ibukota baru. Ternyata beberapa hari kemudian langsung dibantah pihak Softbank," beber Binbin.

Kesebelas, tahun 2020 yakinkan bahwa kedatangan TKI China ke industri pengolahan nikel menguntungkan Indonesia. Tahun 2021 ekonom Faisal Basri menghitung bahwa ternyata 90 persen keuntungan industri nikel diboyong ke China.

Keduabelas, tahun 2021 bulan Maret janjikan smelter Freeport-Tsinghan dibangun. Tapi faktanya sebulan kemudian deal gagal.

"Ketigabelas, tahun 2021 bulan Februari janjikan Tesla bangun pabrik di Indonesia. Ternyata beberapa minggu kemudian Tesla malah putuskan investasi ke India," pungkas Binbin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peternakan sapi perah (Doc: Kementan)

Kamis, 23 September 2021 - 22:43 WIB

Kementan Berkomitmen Kembangkan Produksi Susu Segar Dalam Negeri

Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) berkomitmen mengupayakan peternakan sapi perah untuk produksi berkelanjutan. Kementan bekerja sama…

Penampakan Samsung Galaxy M22 yang diluncurkan PT Samsung Electronics Indonesia. (Foto: dok. Idnnews.id)

Kamis, 23 September 2021 - 22:43 WIB

Samsung Galaxy M22, Ponsel Pintar yang Megang Banget Seharga Dua Jutaan

PT Samsung Electronics Indonesia (SEIN), anak usaha Samsung Electronics Co., Ltd. di Indonesia, meluncurkan smartphone (ponsel pintar) Samsung Galaxy M22 di Indonesia. Smarphone seharga Rp2…

Dr. Justisiari P. Kusumah, S.H., M.H. – Managing Partner K&K Advocates

Kamis, 23 September 2021 - 21:30 WIB

Memetakan Tanggung Jawab Platform Intermediary di Indonesia

Kehadiran Platform Intermediary/Platform Perantara sebagai akses informasi dan pengetahuan masih terus menjadi perbincangan dalam aspek tanggungjawab dan kewajiban hukum. Kemudahan konvergensi…

Merger BGR ke dalam PPI sesuai amanah Presiden yang telah diturunkan melalui PP Nomor 97 tahun 2021.

Kamis, 23 September 2021 - 21:29 WIB

Calon Holding Pangan Dukung Penuh Proses Penggabungan BGR ke dalam PPI

akarta-Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) / RNI, Arief Prasetyo Adi, sambangi Kantor Pusat PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) / PPI guna memberikan dukungan…

PT Link Net Tbk (LINK) (Foto DokIndustry.co.id)

Kamis, 23 September 2021 - 21:01 WIB

Curhat Pelanggan Direspon Cepat, Link Net Dianugerahi Penghargaan Indonesia Customer Service Champions

Jakarta– Dalam mewujudkan komitmennya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pelanggan, PT Link Net Tbk dengan brand First Media terus melakukan berbagai upaya dan optimalisasi layanan,…