PRIMA: 13 Janji Menkomarves Tak Terealisasi

Oleh : Herry Barus | Senin, 02 Agustus 2021 - 10:31 WIB

Ketua Mahkamah PRIMA Binbin Firman Tresnadi
Ketua Mahkamah PRIMA Binbin Firman Tresnadi

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Bila beberapa waktu lalu Presiden Jokowi digelari "The King of Lips Service" oleh BEM Universitas Indonesia, kini Menkomarves Luhut Binsar  Panjaitan(LBP)  juga kebagian sindiran serupa.

Kali ini sindiran datangnya dari partai baru calon peserta pemilu. Partai Rakyat Adil Makmur (PRIMA) mengungkapkan, sudah sepantasnya LBP digelari juga sebagai "King of Angin Sorga".

Ketua Mahkamah PRIMA Binbin Firman Tresnadi, mengatakan, setelah ditelusuri di media massa, ternyata cukup banyak janji-janji kosong atau "angin sorga" yang pernah disampaikan LBP  ke publik.

"Kami dapat menyebut setidaknya terdapat 13 angin sorga dari LBP selama menjabat Menko Maritim sejak tahun 2016," ungkap Binbin, seperti dilansir dalam siaran persmya, Senin (2/8/2021)

Pertama, tahun 2016 pernah janji Aramco akan membangun kilang di Balongan. Namun, faktanya hal itu tidak terjadi, karena Pertamina justru jalan tanpa Aramco.

Kedua, sambung Binbin, Tahun 2017 LBP juga pernah berkomitmen untuk membantu Menteri KKP Susi Pudjiastuti memberantas maling ikan.

"Tapi, yang terjadi pada tahun 2019 Susi tidak lagi jadi menteri KKP, dan sampai tahun 2021 ini maling ikan masih ada dan terus bertambah banyak," tutur Binbin.

Ketiga, imbuh Binbin, masih di tahun 2017 juga, LBP menjanjikan bahwa harga garam petani tidak akan lagi di bawah Rp 750/kg. Faktanya harga garam pada tahun 2019 masih di bawah Rp 500/kg dan Bahkan tahun 2020 terus anjlok ke Rp 150/kg hingga Rp 400/kg.

"Keempat, pada tahun 2017 janjikan stop impor garam. Tapi yang terjadi sampai sekarang (2021) Indonesia masih impor garam sebanyak 3 juta ton," ungkap Binbin.

Kelima, lanjut Binbin, pada 2017 Luhut menjanjikan ada investasi Qatar di Mandalika. Tapi, hingga tahun 2021 tidak ada kabar lagi tentang rencana investasi itu.

"Keenam, pada tahun 2018 pernah menjanjikan Sungai Citarum akan bersih, faktanya hingga kini masih dipandang merupakan yang paling tercemar di dunia," tutur Binbin.

Ketujuh, pada 2018 LBP  berjanji akan menyelesaikan masalah sampah plastik dan menjaga kebersihan laut. Namun yang terjadi adalah sampah plastik semakin banyak dan pada tahun 2021 disebut sebagai masa darurat sampah plastik

 

"Kedelapan, pada 2018, Luhut pernah janji tarif listrik tidak akan naik. Faktanya sejak tahun 2019, 2020, hingga 2021 tarif listrik setiap tahun selalu naik," sesal Binbin.

Kemudian, tambah Binbin, yang kesembilan, pada tahun 2019 LBP menjanjikan investor dari UAE akan bangun kilang Bontang. Tapi hingga kini tidak ada progress apapun., hingga di pertengahan 2021 Pertamina akhirnya memutuskan menghentikan pembangunan kilang Bontang.

"Kesepuluh, tahun 2020 Janjikan investasi US$ 100 miliar dari Softbank untuk pembangunan ibukota baru. Ternyata beberapa hari kemudian langsung dibantah pihak Softbank," beber Binbin.

Kesebelas, tahun 2020 yakinkan bahwa kedatangan TKI China ke industri pengolahan nikel menguntungkan Indonesia. Tahun 2021 ekonom Faisal Basri menghitung bahwa ternyata 90 persen keuntungan industri nikel diboyong ke China.

Keduabelas, tahun 2021 bulan Maret janjikan smelter Freeport-Tsinghan dibangun. Tapi faktanya sebulan kemudian deal gagal.

"Ketigabelas, tahun 2021 bulan Februari janjikan Tesla bangun pabrik di Indonesia. Ternyata beberapa minggu kemudian Tesla malah putuskan investasi ke India," pungkas Binbin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Jumat, 19 April 2024 - 06:58 WIB

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Menutup Triwulan I Tahun 2024, Konsorsium PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) ditunjuk sebagai pemenang lelang Pembangunan Jalan Trans Papua ruas…

RS Siloam Cinere Depok

Jumat, 19 April 2024 - 06:46 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram : Parkinson Dapat Dicegah, Proses Pengobatan Berdasarkan Kondisi Pasien

Parkinson adalah penyakit progresif pada otak dan sistem saraf yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk bergerak. Penyebab utama Parkinson adalah kerusakan sel saraf pada area substantia nigra…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Jumat, 19 April 2024 - 06:04 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…