Cegah Penularan Covid-19, Pemerintah Korsel Larang Putar Lagu Gangnam Style di Gym

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 14 Juli 2021 - 11:00 WIB

Gangnam Style, Psy (Foto: Billboard)
Gangnam Style, Psy (Foto: Billboard)

INDUSTRY.co.id - Beberapa tahun lalu, lagu Gangnam Style oleh PSY sangat hits di Korea Selatan bahkan di beberapa negara. Namun, dikabarkan lagu tersebut akan dihapus dari playlist gym di Seoul. 

Dilansir dari laman Indianexpress, Rabu (14/7/2021), pejabat kesehatan mengatakan, langkah penghapusan playlist tersebut bertujuan agar pengguna gym tidak bernapas terlalu cepat  yang berpotensi memercikkan keringat ke orang lain, dan juga sebagai upaya untuk menekan angka penyebaran virus Corona dalam gelombang baru Covid-19 di Korea Selatan.

Oleh karena itu, Korea Selatan memberikan syarat terbaru bahwa gym tidak boleh memutar musik dengan tempo di atas 120 ketukan per menit, baik saat aerobik pun. Diketahui bahwa Gangnam Style memiliki tempo 132 bpm sehingga, lagu tesebut tidak masuk dalam batasan aturan baru tersebut. Namun, dua lagu hits BTS yaitu Dynamite dan Butter masih diputar di dalam gym karena memiliki tempo 114 bpm dan 110 bpm. 

Tentunya peraturan baru tersebut sangat bertentangan oleh pemilik gym di Seoul utara Kang Hyun-ku, ia mengatakan peraturan tersebut sangat tidak efektif dan tidak realistis untuk dipertahankan. 

"Memainkan playlist yang semangat adalah untuk menghibur para anggota gym kami dan suasana hati. Tetapi pertanyaan terbesar saya adalah apakah memainkan musik klasik atau lagu BTS telah telah terbukti memiliki dampak pada penyebaran virus?," katanya kepada Reuters. 

"Banyak orang menggunakan earphone dan perangkat wearable mereka sendiri hari ini, dan bagaimana Anda mengontrol daftar playlist mereka?," tambahnya.

Selain itu, aturan lainnya juga membatasi kecepatan dalam menggunakan treadmill hingga maksimum 6 kilometer per jam, melarang menggunakan shower di gym, dan membtasi pertandingan tenis meja. 

"Jadi Anda tidak mendapatkan Covid-19 jika Anda berjalan lebih lambat dari 6 kilometer per jam? Dan siapa  yang memeriksa BPM lagu-lagu ketika Anda berolahraga? Saya tidak mengerti apa hubungannya Covid-19 dengan pilihan musik saya," kata Kim Yong-tae, anggota oposisi utama Partai People Power.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in pada hari Senin mengatakan dia merasa berat hati ketika memikirkan pemilik usaha kecil dan menengah dan lainnya yang terbebani oleh aturan. Pemerintah memberlakukan aturan jaga jarak di Seoul mulai Senin (12/7/2021), karena negara itu sedang mengalami Covid-19 di masa terburuknya. 

"Saya tidak bisa menahan maaf sekali lagi meminta sedikit lebih sabar kepada warga," katanya dalam rapat tanggap khusus Covid-19.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Bakamla RI, Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia

Sabtu, 25 Juni 2022 - 04:00 WIB

Bakamla RI Resmikan Maritime Facility Training Center

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia melakukan pengguntingan pita dan meresmikan VBSS Maritime Facility Training Center di Kantor Pangkalan Armada Batam, Jumat (24/6/2022).

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman

Sabtu, 25 Juni 2022 - 03:07 WIB

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman Mmainkan Peralatan Drumband Genderang Suling Canka

Gelar Apel Komandan Satuan (AKS) TNI AD Tahun 2022 di Akademi Militer, Magelang tanggal 23-24 Juni 2022, memberikan kenangan terindah bagi ratusan peserta dan tamu undangan dalam kegiatan tersebut.

Iggi H Achsien ditunjuk sebagai komisaris utama Bank Muamalat menggantikan Ilham Akbar Habibie yang mengundurkan diri.

Jumat, 24 Juni 2022 - 20:26 WIB

Iggi Haruman Achsien Diangkat Sebagai Komisaris Utama Bank Muamalat

PT Bank Muamalat Indonesia Tbk mengangkat Iggi Haruman Achsien diangkat sebagai komisaris utama.

Corporate Secretary PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) Gunawan Arif Hartoyo (kiri) bersama perwakilan industri jasa keuangan (IJK) serentak menanam 20.000 Pohon Bakau yang di inisiasi Oleh Otoritas Jasa Keuangan dan seluruh Industri Jasa Keuangan dalam rangka Pembangunan Keuangan Berkelanjutan di Bali.

Jumat, 24 Juni 2022 - 19:55 WIB

BSI Bersama Industri Jasa Keuangan dan OJK Tanam 20.000 Pohon Bakau di Pesisir Pantai Bali

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus mendorong pembangunan keuangan berkelanjutan sebagai salah satu komitmen perseroan dalam mengimplementasikan tanggung jawab sosial dan lingkungan di…

GeoffreyYu Director Channel Sales Hikvision dan Michael Hardinata Wirawan President Director, PT Graha Anugrah Elektrindo

Jumat, 24 Juni 2022 - 19:20 WIB

Jalin Kerjasama, PT. Graha Anugrah Elektrindo Dipercaya Menjadi Distributor Resmi Hikvision

Perusahaan distributor perangkat mekanikal dan elektrikal, PT. Graha Anugrah Elektrindo mengumumkan kerjasama bisnis dengan Hikvision, pelopor solusi sistem keamanan dan IOT terkemuka di dunia,…