Babak Final Euro 2020 Prediksi dan Head-to-Head Italia vs Inggris

Oleh : Kiki Manti | Minggu, 11 Juli 2021 - 08:32 WIB

Kiki Mantini Pengamat Bola
Kiki Mantini Pengamat Bola

INDUSTRY.co.id - Babak Final Euro 2020 akan berlangsung di stadion kebanggaan Inggris, stadion Wembley di kota London. Pertandingan Final Euro 2020 kali ini akan berlangsung pada Senin 12 Juli 2012 dini hari, pukul 02.00 WIB.

Italia telah memainkan sepakbola yang luar biasa selama Euro 2020. Italia memenangkan semua pertandingan mereka pada Euro 2020 kali ini. Pada babak penyisihan di grup A, Italia memenangkan tiga pertandingan di grup tersebut dan menjadi juara grup A dengan nilai sempurna 9. Pada babak 16 besar, Italia menang tipis 2-1 melawan Austria. Selanjutnya Italia memenangkan pertandingan babak perempat final melawan tim kuat Belgia, juga dengan skor 2-1. Hanya pada babak semifinal Italia dipaksa bermain imbang 1-1 oleh Spanyol, sebelum akhirnya memenangkan pertandingan melalui babak adu pinalti dengan skor 4-2.

Di sisi lain, Inggris juga tidak kalah mengesankan pada Euro 2020. Inggris sempat ditahan imbang 0-0 oleh Skotlandia di babak penyisihan grup D, namun Inggris dapat memuncaki grup D setelah memenangkan dua pertandingan lainnya di grup tersebut. Hingga babak perempat final, gawang Inggris tidak pernah kebobolan dari lawan-lawannya. Pada babak 16 besar, Inggris sukses menekuk tim kuat Jerman dengan Skor 2-0, kemudian menang telak 4-0 atas Ukraina di babak perempat final. Baru pada babak semifinal, gawang Inggris kebobolan untuk pertama kalinya oleh Denmark, dan dipaksa imbang 1-1 di waktu normal 2x45 menit. Pada babak tambahan 2x15 menit, Inggris akhirnya mencetak gol penentu kemenangan atas Denmark dan menang dengan skor 2-1.

Head-to-Head Italia vs Inggris

Dari total 30 pertandingan yang sudah dimainkan antara kedua tim, Italia telah memenangkan 11 pertandingan, sementara Inggris hanya memenangkan 8 pertandingan, dan pertandingan sisanya berakhir dengan skor imbang.

Pada pertemuan antara Italia dan Inggris di berbagai turnamen besar, Italia telah mengalahkan Inggris sebanyak empat kali. Pada turnamen Euro 1980, Italia mengalahkan Inggris pada babak penyisihan grup dengan skor 1-0. Kemudian Italia kembali menang pada FIFA World Cup 1990, pada saat itu Italia mengalahkan Inggris dengan skor 2-1 pada perebutan juara ketiga. Selanjutnya pada babak perempat final Euro 2012, Italia mengalahkan Inggris melalui adu pinalti dengan skor 4-2, setelah bermain imbang 0-0 pada babak normal. Terakhir pada babak penyisihan grup FIFA World Cup 2014 Italia kembali menang 2-1 atas Inggris.

Pertandingan terakhir antara Italia melawan Inggris, berlangsung pada 28 Maret 2018 di stadion Wembley, London, Inggris. Pertandingan tersebut merupakan pertandingan persahabatan. Inggris mencetak gol terlebih dahulu di menit 26 melalui gol Jamie Vardy, sebelum disamakan Italia pada menit 87 melalui gol pinalti yang dicetak oleh Lorenzo Insigne, pertandingan tersebut berakhir imbang dengan skor 1-1.

Lima Pertandingan Terakhir Italia vs Inggris

24 Juni 2012 Inggris 0-0 Italia (Italia menang 4-2 adu pinalti, babak perempat final Euro 2012)

15 Agustus 2012 Inggris 2-1 Italia (pertandingan persahabatan di kota Bern, Swiss)

14 Juni 2014 Inggris 1-2 Italia (babak penyisihan grup D, FIFA World Cup 2014 di Brazil)

31 Maret 2015 Italia 1-1 Inggris (pertandingan persahabatan di stadion Juventus, Turin, Italia)

27 Maret 2018 Inggris 1-1 Italia (pertandingan persahabatan di stadion Wembley, London, Inggris)

Berita seputar kesiapan pemain Italia

Alessandro Florenzi dan Leonardo Spinazzola harus absen dari pertandingan ini karena cedera. Selain dua pemain tersebut, anggota timnas Italia pada Euro 2020 saat ini, tidak ada yang mengalami kurang fit atau cedera ringan, sehingga tidak ada yang diragukan untuk dapat tampil pada pertandingan Final Euro 2020 kali ini. Untuk masalah skorsing karena kartu merah atau akumulasi kartu kuning juga tidak ada pada timnas Italia.

Cedera : Leonardo Spinazzola, Lorenzo Pellegrini

Diragukan : Tidak ada

Skorsing : Tidak ada

Berita seputar kesiapan pemain Inggris

Pemain di timnas Inggris tidak ada yang cedera maupun diragukan bisa tampil untuk pertandingan Final pada Senin dini hari nanti. Semua pemain dalam kondisi yang fit, dan juga tidak ada yang terkena larangan bermain karena kartu merah ataupun akumulasi kartu kuning.

Cedera : Tidak ada

Diragukan : Tidak ada

Skorsing : Tidak ada

 

 

Prediksi Susunan Pemain Starting XI

Prediksi starter timnas Italia (4-3-3):

Gianluigi Donnarumma (GK), Emerson Palmieri, Giorgio Chiellini, Leonardo Bonucci, Giovanni Di Lorenzo; Jorginho, Manuel Locatelli, Nicolo Barella; Federico Chiesa, Lorenzo Insigne, Ciro Immobile

Prediksi starter timnas Inggris (4-2-3-1):

Jordan Pickford (GK), Kyle Walker, Harry Maguire, John Stones, Luke Shaw; Beras Declan, Kalvin Phillips; Mason Mount, Bukayo Saka, Raheem Sterling; Harry Kane

Prediksi Italia vs Inggris

Kekuatan timnas Italia dan timnas Inggris saat ini terlihat cukup berimbang, Kedua tim telah menunjukkan permainan yang mengesankan hingga mencapai pertandingan Final Euro 2020 kali ini.

Ciro Immobile dan Lorenzo Insigne merupakan dua penyerang yang tajam di tim Italia. Tangan dingin Roberto Mancini telah membuat timnas Italia menjadi tim yang ditakuti oleh semua lawan-lawannya. Kekuatan yang merata dari mulai penjaga gawang, lini belakang, lini tengah, dan lini depan membuat timnas Italia dapat memainkan permainan sepakbola yang mengesankan dari awal Euro 2020 ini hingga babak semifinal. Italia tentunya sangat berambisi untuk dapat memenangkan pertandingan Final ini, walaupun akan dilangsungkan di kandang timnas Inggris, stadion Wembley, London, Inggris.

Timnas Inggris sangat bergantung pada dua pemain depan mereka, yaitu Raheem Sterling dan Harry Kane. Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate cukup berhasil dalam meramu timnas Inggris pada Euro 2020 saat ini. Lini belakang Inggris yang dipimpin Harry Maguire juga cukup kokoh, ini dibuktikan dengan baru satu gol yang masuk ke gawang Inggris hingga babak semifinal Euro 2020. Kemenangan Inggris 2-0 atas Jerman di babak 16 besar, dan kemenangan Inggris 4-0 atas Ukraina di babak perempat final juga menggambarkan kemampuan mencetak gol timnas Inggris yang cukup baik. Bermain di stadion Wembley, stadion kebanggaan mereka di kota London, juga menjadi sedikit keuntungan buat timnas Inggris. Terakhir Inggris bermain di Final FIFA World Cup 1966 di stadion Wembley dan berhasil menjadi juara setelah mengalahkan timnas Jerman Barat dengan skor 4-2.

Pertandingan antara Italia ve Inggris diperkirakan cukup berimbang, Italia maupun Inggris mempunyai peluang yang sama untuk memenangkan pertandingan Final ini dengan skor tipis. Walaupun demikian,  penulis lebih mengunggulkan Inggris untuk dapat menang dengan selisih satu gol atas Italia.

Prediksi: Italia 1-2 Inggris

Kiki Manti: Pengamat Sepakbola

Komentar Berita

Industri Hari Ini

karier di Telkom versi LinkedIn Top Companies 2024

Kamis, 18 April 2024 - 08:44 WIB

Tiga Tahun Berturut-Turut, Telkom Indonesia Kembali Raih Penghargaan Linkedin Top Companies 2024

Konsisten mewujudkan transformasi sumber daya manusia, Telkom Indonesia kembali meraih penghargaan sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karier versi LinkedIn Top Companies 2024.

Founder sekaligus Ketua Yayasan Syariah Hardjuno Wiwoho (SHW) Center, Hardjuno Wiwoho

Kamis, 18 April 2024 - 08:23 WIB

DPR Didorong Sahkan RUU Perampasan Aset Jadi UU

Komitmen pemerintah dan DPR terhadap agenda pemberantasan korupsi kembali dipertanyakan publik seiring dengan sikap kedua institusi negara itu yang masih abu-abu mengundangkan RUU Perampasan…

Dukung Kiprah Diaspora, Maskapai GIA Jajaki Program Corporate Account

Kamis, 18 April 2024 - 07:17 WIB

Dukung Kiprah Diaspora, Maskapai GIA Jajaki Program Corporate Account

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia terus memperkuat komitmennya dalam menjembatani kebutuhan aksesibilitas udara dalam mendukung mobilitas berbagai organisasi untuk mengoptimalkan…

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Kunjungan Kerja Kapushubad

Kamis, 18 April 2024 - 06:27 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Kunjungan Kerja Kapushubad

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla, CHRMP., CRMP., menerima kunjungan kerja Kepala Pusat Perhubungan Angkatan Darat (Kapushubad)…

Pa Sahli Tk. III Bidang Komsos Panglima TNI Mayjen TNI Rudy Rachmat Nugraha

Kamis, 18 April 2024 - 06:18 WIB

Panglima TNI : Hati-Hati dan Teliti Dalam Bertindak, Serta Selalu Menjaga Kewaspadaan Dimanapun Berada

Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) menggelar upacara bendera 17 April 2024, dengan Inspektur upacara Pa Sahli Tk. III Bidang Komsos Panglima TNI Mayjen TNI Rudy Rachmat Nugraha,…