China Hadirkan Sky Train Transparan Untuk Wisatawan Melihat Panda

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 06 Juli 2021 - 17:00 WIB

Panda di China (Dok: eco-business.com)
Panda di China (Dok: eco-business.com)

INDUSTRY.co.id - Terkenal dengan sebagai rumah program pengembangbiakan panda, Chengdu di China kini memmpunyai kereta panda untuk menyambut wisatawan internasional maupun domestik ketika mereka berkunjung. 

Dilansir dari laman CNN Travel, pada 26 Juni, ibukota provinsi Sichuan memulai debut Zhongtang Air Railway, sebuah sky train dengan lantai dan atap yang tembus pandang yang dapat dilihat oleh orang yang di bawahnya.

Kereta ini memiliki visibilitas 270 derajat karena bagian atas tidak transparan. Menariknya, eskterior kereta ini juga dicat menyerupai warna panda, dan etiap gerbongnya hanya berkapasitas sampai 120 orang.

Dayi Air Rail Project adalah jalur uji kereta udara pariwisata energi baru pertama di dunia, merupakan kereta api yang ditangguhkan udara menggunakan paket daya baterai lithium sebagai daya traksi, dan panjangnya sekitar 11,5 kilometer (sekitar 7 mil).

Karena kaca dapat memantulkan panas, kereta ini dilengkapi dengan pendingin udara untuk menyeimbangkannya. Gerbongnya terbuang dari bahan serat karbon yang ringan. 

Kereta dapat menempuh kecepatan yang sama dengan kereta bawah tanah, sekitar 80 kilometer (50 mil) per jam. Saat ini, jalur kereta memiliki empat halte yakni, Stasiun Dayi, Guanghua Avenue, Stasiun Sujiazhen, dan Stasiun Anren. Di Dayi, pengendara dapat terhubung ke Jalur Kereta Chengdu Express dan Planning Line 12 kereta bawah tanah kota Chengdu.

Meskipun Zhongtang Air Railway lebih ditujukan untuk wisatawan daripada penduduk setempat yang bepergian untuk bekerja, ini adalah salah satu sarana dari kereta api China. 

Dalam berita sebelumnya, Tibet baru-baru ini menyambut layanan kereta peluru pertamanya. Jalur kereta sepanjang 435 kilometer yang menghubungkan ibu kota Tibet Lhasa dengan kota Nyingchi telah melakukan perjalanan pertamanya pada 25 Juni 2021.

Nantunya, jalur ini akan meluas dari Lhasa ke Chengdu, mengurangi waktu transit antara kedua kota dari 48 jam menjadi 13.

Sementara itu, Chengdu baru-baru ini membuka Bandara Internasional Tianfu barunya,yang menyambut penerbangan pertamanya pada 25 Juni. Chengdu sekarang menjadi kota Cina ketiga yang membanggakan dua bandara internasional, bergabung dengan Beijing dan Shanghai.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wasono, bersama Si Bali, hewan kurban yang menjadi pilihan Presiden Jokowi untuk dikirim ke warga Umbulsariz Srimartani, Piyungan, Sabtu (17/7/2021). - Harian Jogja

Sabtu, 25 Juni 2022 - 11:52 WIB

Harap Simak! Pemerintah Sedang Siapkan Pengaturan Hewan Kurban di Tengah Wabah PMK

Jakarta-Jelang Iduladha 1443 Hijriah, Kementerian Agama akan melakukan pengaturan terkait hewan kurban di tengah mewabahnya penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di tanah air.

Mantan Puteri Indonesia 2022 Melanie Putria (Foto: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Sabtu, 25 Juni 2022 - 11:30 WIB

Jangan Tergiur Promo! Ini Tips Pilih Klinik Kecantikan ala Melanie Putria

Perawatan kulit saat ini menjadi tren di kalangan wanita maupun pria. Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan terawat salah satu solusinya adalah melakukan perawatan ke klinik kecantikan.

Maulana Ardiansyah

Sabtu, 25 Juni 2022 - 10:56 WIB

Maulana Ardiansyah Penyanyi Spesialis Trending Topik di YouTube, Siap Menghibur Pewarta Hiburan

Penyanyi banyak trending topik Maulana Ardiansyah, dan salah satunya single terbarunya, Dermaga Biru kini tengah trending menyatakan kesiapannya untuk hadir pada acara Launching MARS Forwan…

Melalui PT Rahyang Moolah Internasional, Rahyang Coffee dari Jawa Barat Mendunia

Sabtu, 25 Juni 2022 - 10:01 WIB

Melalui PT Rahyang Moolah Internasional, Rahyang Coffee dari Jawa Barat Mendunia

Kopi merupakan salah satu komoditas ekspor unggulan Indonesia. Berdasarkan data Biro Pusat Statistik (BPS), produk kopi Indonesia pada tahun 2021 mencapai lebih dari 774 ribu ton. Hal itu menjadikan…

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putri Putri TNI Polri (FKPPI)/Kepala Badan Negara FKPPI Bambang Soesatyo

Sabtu, 25 Juni 2022 - 07:59 WIB

Stunting, Anak Putus Sekolah dan Endapan Dana Pemda

SIMPANAN dana pemerintah daerah (Pemda) di bank yang mencapai Rp 200,75 triliun itu untuk apa dan mau diendapkan sampai kapan? Pertanyaan ini layak dikedepankan, karena pembangunan nasional…