Thailand akan Buka Kunjungan Wisatawan Asing pada Oktober, Ini Syaratnya

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 21 Juni 2021 - 10:30 WIB

Phuket, Thailand (viator.com)
Phuket, Thailand (viator.com)

INDUSTRY.co.id - Pemerintah Thailand mengumumkan rencananya untuk sepenuhnya membuka kembali kunjungan wisatawan asing namun, sudah yang divakksinasi pada pertengah Oktober 2021. Hal tersebut diumumkan oleh Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha pada Rabu, minggu lalu (17/6/2021).

"Saya tahu keputusan ini datang dengan beberapa risiko karena, ketika kita membuka negara, akan ada peningkatan infeksi, tidak peduli seberapa baik tindakan pencegahan kita. Tapi saya pikir ketika kita mempertimbangkan kebutuhan ekonomi rakyat, waktunya telah tiba bagi kita untuk mengambil risiko tersebut," katanya.

Melansir dari laman Travelandleisure, Prayuth mengatakan terhitung mulai dari pemberitahuan tersebut diumumkan dalam 120 hari ke depan ia mengizinkan orang asing yang sepenuhnya divaksinasi serta sepenuhnya mengizinkan warga negara yang hendak ke luar negeri dibebaskan dari karantina. 

"wisatawan yang telah menyelesakan vaksinasi secara penuh dan berkunjung ke Thailand tidak akan dilakukan karantina atau pembatasan apapun. "Itu akan menyebabkan ketidaknyamanan. Sementara bagi warga Thailand yang hendak bepergian ke luar negeri, jika mereka telah menyelesaikan vaksinasi, maka harus dibebaskan dari karantina saat kembali ke Thailand," jelasnya. 

Dikutip dari Associated Press (AP), Thailand telah mengalami lonjakan kasus virus corona sejak April sehingga menyebabkan sekitar 80 persen dari total 204.595 kasus yang dikonfirmasi dan sekitar 90 persen dari total 1.525 kematian.

Hanya sekitar 7 persen dari populasi negara berjumlah 69 juta orang telah menerima setidaknya satu dosis vaksin. Prayuth mengatakan Thailand telah mengamankan lebih banyak vaksin dan bahwa pada awal Oktober setidaknya 50 juta orang seharusnya menerima vaksin setidaknya suntikan pertama mereka.

Bulan depan, program uji coba akan memungkinkan wisawatan asing yang sepenuhnya divaksinasi untuk mengunjungi Phuket tanpa masa karantina. Namun, wisawatan akan diminta untuk tinggal di Phuket setidaknya selama 14 hari sebelum menuju ke daerah pusat Thailand.

Rencana pembukaan kembali Thailand telah bergeser selama beberapa bulan terakhir. Pada bulan Maret, industri pariwisata meluncurkan kampanye dengan harapan untuk membawa wisatawan internasional kembali ke Thailand pada 1 Juli.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi kredit perbankan

Sabtu, 31 Juli 2021 - 20:56 WIB

Peningkatan Kredit Penopang Raihan Laba Bank DKI

Bank DKI mencatatkan pertumbuhan laba sebesar 40,8% (year-on-year) dari Rp279 miliar per Juni 2020 menjadi Rp394 miliar per Juni 2021.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Sabtu, 31 Juli 2021 - 19:37 WIB

Alhamdulillah! Gubernur Anies Sampaikan 4 Berita Baik Buat Seluruh Warga Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui jejaring sosial medianya membagikan empat buah berita baik terkait perkembangan pandemi Covid-19 di wilayah Ibu Kota, Jakarta. "Pertama, berita baik.…

Ilustrasi Era Digitalisasi

Sabtu, 31 Juli 2021 - 18:15 WIB

Ibarat Kerumunan, Media Digital Bisa Menggerakkan Massa untuk Kegiatan Positif

Di masa pandemi ini penting sekali memiliki digital skills karena sebagian besar kegiatan dilakukan secara online. Arief Yudi Rahman, Maestro Seni Media Baru Kemendikbud 2018, mengibaratkan…

Artis Niki Zefanya

Sabtu, 31 Juli 2021 - 18:00 WIB

Zilenial Indonesia yang Berprestasi dan Menginspirasi

Generasi Zilenial, Generasi Z atau Gen Z? Mendengar kata-kata itu mungkin tidak asing lagi. Gen Zilenial atau yang lebih dikenal Generasi Z ialah generasi mengacu pada generasi yang lahir pada…

Gubernur Jakarta Anies Baswedan

Sabtu, 31 Juli 2021 - 17:30 WIB

Luar Biasa Dahsyat! Gubernur Anies Berhasil Lampaui Target 7,5 Juta Vaksinasi, Lebih Cepat Sebulan dari Tenggat Presiden Jokowi

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berhasil meraih, bahkan melebihi, target vaksinasi yang ditetapkan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Keberhasilan pencapaian target vaksinasi tersebut…