Gubernur Anies Ziarah ke Makam Cut Nyak Dien di Sumedang, Warganet: Terimakasih Pak! Salam Cinta dari Aceh...

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 12 Juni 2021 - 20:11 WIB

Gubernur Anies Ziarah ke Makam Cit Nyak Dien di Sumedang
Gubernur Anies Ziarah ke Makam Cit Nyak Dien di Sumedang

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan bahwa sesudah beberapa waktu lalu menonton film Tjoet Nja' Dhien bersama keluarga, Ia langsung berniat ziarah ke makam pahlawan asal tanah rencong ini.

"Kebetulan ada kunjungan kerja ke Sumedang, jadi sekaligus ziarah ke makamnya," ungkap Anies seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id dari unggahannya di facebook pada Sabtu (12/6/2021).

Dijelaskan Anies, makam Cut Nyak Dien ini berada di Kampung Gunung Puyuh, Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan, tak jauh dari alun-alun Sumedang.

Didalam area makam ini terdapat ukiran sajak yang mengisahkan perjuangan Cut Nyak Dien.

Bunyinya ialah Karena djihadmu perdjuangan, Atjeh beroleh kemenangan, Dari Belanda kembali ke tangan, Rakjat sendiri kegirangan.

Itulah sebab sebagai kenangan, Kami teringat terangan-angan, Akan budiman pahlawan djundjungan, Pahlawan wanita berdjiwa kajangan.

"Itulah sajak yang terukir di Makam Cut Nyak Dien di Sumedang. Pahlawan asal Tanah Rencong itu sangat dihormati warga Sumedang, daerah tempat Cut Nyak Dien diasingkan seusai ditangkap tentara Belanda," tutur Anies.

Anies sendiri sangat mengagumi kisah perjuangan Cut Nyak Dien meskipun pada 1906, Cut Nyak Dien ditangkap Belanda, dan diasingkan ke Sumedang.

"Walau diasingkan ke Sumedang semangatnya untuk terus berjuang tidak padam, Cut Nyak Dien berjuang lewat jalan dakwah," imbuh Anies.

Cut Nyak Dien sendiri jelas Anies, menghabiskan dua tahun terakhir hidupnya di pengasingan dengan mengajar penduduk sekitar mengaji Alquran dan bahasa Arab.

Penduduk Sumedang lebih mengenal Cut Nyak Dien dengan panggilan penghormatan: Ibu Prabu atau kadang disebut juga ibu suci.

Dikatakan Anies, hingga wafatnya pada 6 November 1908, penduduk Sumedang tidak tahu kalau ia seorang pejuang. 

Makam Cut Nyak Dien baru ditemukan kembali pada tahun 1959 berkat pencarian oleh Gubernur Aceh, Ali Hasmy, berdasarkan data yang ditemukan di Belanda.

'Perjuangan Cut Nyak Dien di tanah Sumedang memang singkat, tapi semangatnya tetap abadi digelorakan warga Sumedang hingga hari ini," tandas Anies.

Untuk diketahui, hingga berita ini dibuat, unggahan Anies tersebut telah disukai lebih dari 17 ribu masyarakat dan menuai beragam apresiasi.

"Terimakasih Pak Anies sdh ziarah ke makam pejuang dari Aceh. Semoga semangat perjuangan Tjoet Nya' dapat berkobar kembali bagi anak2 generasi penerus bangsa terutama di tanah rencong," ujar Mila Cobat.

"Salam cinta dr Aceh pk Anis," papar Noeri Nuri.

Menariknya, tak sedikit pula masyarakat yang mebgaku baru tahu bila Cut Nyak Dien wafat dan makamnya berada di Sumedang Jawa Barat.

"Saya baru tau kalau cut nyak dien di makam'kan di sumedang. Terimakasih pak anies baswedan atas pengetahuan'y," sebut Ayuhapid.

"Masyaallah baru tahu sejarahnya kalau cut Nyak Dien wafatnya di Sumedang," sahut Zulfahmi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi kredit perbankan

Sabtu, 31 Juli 2021 - 20:56 WIB

Peningkatan Kredit Penopang Raihan Laba Bank DKI

Bank DKI mencatatkan pertumbuhan laba sebesar 40,8% (year-on-year) dari Rp279 miliar per Juni 2020 menjadi Rp394 miliar per Juni 2021.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Sabtu, 31 Juli 2021 - 19:37 WIB

Alhamdulillah! Gubernur Anies Sampaikan 4 Berita Baik Buat Seluruh Warga Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui jejaring sosial medianya membagikan empat buah berita baik terkait perkembangan pandemi Covid-19 di wilayah Ibu Kota, Jakarta. "Pertama, berita baik.…

Ilustrasi Era Digitalisasi

Sabtu, 31 Juli 2021 - 18:15 WIB

Ibarat Kerumunan, Media Digital Bisa Menggerakkan Massa untuk Kegiatan Positif

Di masa pandemi ini penting sekali memiliki digital skills karena sebagian besar kegiatan dilakukan secara online. Arief Yudi Rahman, Maestro Seni Media Baru Kemendikbud 2018, mengibaratkan…

Artis Niki Zefanya

Sabtu, 31 Juli 2021 - 18:00 WIB

Zilenial Indonesia yang Berprestasi dan Menginspirasi

Generasi Zilenial, Generasi Z atau Gen Z? Mendengar kata-kata itu mungkin tidak asing lagi. Gen Zilenial atau yang lebih dikenal Generasi Z ialah generasi mengacu pada generasi yang lahir pada…

Ilustrasi Perfilman (Ist)

Sabtu, 31 Juli 2021 - 17:15 WIB

Film Jadi Medium Komunikasi Budaya yang Efektif

Banyak sekali budaya yang berubah atau tiba-tiba muncul, termasuk cara baru untuk berinteraksi yang salah satunya dilakukan lewat film. Di satu sisi juga, banyak karya broadcast yang mengubah…