Anak Buah Menkeu Ungkap RI Berpengalaman dan Terbiasa Menghadapi Krisis

Oleh : Candra Mata | Kamis, 29 April 2021 - 18:50 WIB

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Febrio Kacaribu,
Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Febrio Kacaribu,

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di tahun 2021 berfokus pada dukungan pemulihan ekonomi nasional. Belanja negara untuk mendukung pemulihan ekonomi difokuskan pada lima sektor yaitu Perlindungan Sosial, Kesehatan, Insentif Usaha, Program Prioritas dan yang menjadi game changer adalah Dukungan UMKM dan Korporasi.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Febrio Kacaribu, ketika mewakili Menteri Keuangan memberikan keynote speech secara virtual dalam acara Thee Kian Wie Lecture Series, kegiatan tahunan yang digelar oleh Pusat Penelitian Ekonomi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada Kamis (29/04). 

“Mari kita jaga peluang ini dan terus kita dorong untuk bisa mendapatkan hasil yang semaksimal mungkin di 2021,” kata Febrio seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id.

Ia mengungkapkan Indonesia sudah memiliki pengalaman dan kebiasaan sangat baik dalam menghadapi setiap krisis yang bahkan selalu disertai dengan reformasi pasca krisis.

Seperti reformasi struktural ekonomi melalui Undang Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang harus diakselerasi dan dijaga komitmennya bersama-sama.

“Kedepan(nya) momentum untuk menjalankan reformasi struktural harus harus kita jaga, kita bangun pondasi ekonomi yang justru semakin lebih kuat walaupun kita dalam kondisi krisis seperti saat ini,” ajak Febrio.

Terakhir, Kepala BKF menyampaikan dirinya adalah significant beneficiary dari scholarship Thee Kian Wie yang merupakan pakar ekonomi, khususnya dalam bidang sejarah ekonomi dan perkembangan industri, yang disegani baik di tingkat nasional maupun internasional.

Thee Kian Wie juga telah memberikan teladan yang sangat luar biasa dalam menyumbangkan pikirannya untuk melihat fenomena-fenomena yang terjadi di perekonomian maupun isu isu sosial yang ada di Indonesia.

“Pemikiran-pemikiran beliau, jelas mempengaruhi cara kita melihat Indonesia. Kami sangat bersyukur punya teladan yang sangat kuat dan bapak almarhum Thee yang juga menjadi guru dari banyak sekali guru-guru saya,” kenang Febrio Kacaribu sembari menutup paparannya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kesadaran Patuhi Protokol Kesehatan

Jumat, 18 Juni 2021 - 07:00 WIB

Tekan Laju Penularan COVID-19 Lewat Kesadaran Patuhi Protokol Kesehatan

Untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19, perlu dilakukan pendekatan secara pentahelix, yaitu melibatkan unsur pemerintah, akademisi, swasta, komunitas, dan masyarakat. Satgas menekankan…

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melihat buah Porang

Jumat, 18 Juni 2021 - 06:38 WIB

Penuhi 20 Persen Lebih Kebutuhan Porang Dunia, Teknologi Pangan Harus Dikembangkan

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy dan Menteri Pertanian Sayhrul Yasin Limpo mengunjungi Desa Klangon, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun.

Menaker Ida Fauziyah

Jumat, 18 Juni 2021 - 06:30 WIB

Menaker Ida: Reformasi Birokrasi Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi

Digitalisasi menjadi norma baru dan menjadi sangat penting bagi perusahaan modern maupun institusi Pemerintah sebagai pemberi layanan publik. Reformasi birokrasi salah satunya diwujudkan melalui…

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.

Jumat, 18 Juni 2021 - 06:00 WIB

KASAL Laksamana Yudo Resmikan Lanal Saumlaki Tanimbar Maluku

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., meresmikan Dermaga Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Saumlaki dalam rangka mendukung pengamanan laut di Alur Laut Kepulauan…

Batalyon Polisi Militer 1 Marinir Cilandak Jakarta

Jumat, 18 Juni 2021 - 05:40 WIB

Yonpom 1 Marinir Cilandak Laksanakan Apel Organik Satuan

Dalam rangka menjelang dilaksanakannya latihan pasukan pendarat (Latpasrat) dan mengecek kesiapan tempur satuan, Batalyon Polisi Militer 1 Marinir (Yonpom 1 Mar) mengelar Apel organik satuan…