Dahsyat Ini Pandangan Bungaran Saragih untuk Agribisnis Indonesia

Oleh : Wiyanto | Rabu, 21 April 2021 - 10:35 WIB

Bungaran Saragih, tokoh pertanian
Bungaran Saragih, tokoh pertanian

INDUSTRY.co.id-Jakarta-Musdalifah Mahmud, Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian Kemenko Perekonomian mengungkapkan, Prof Bungaran Saragih sebagai tokoh nasional yang selalu mendorong sektor pangan dan agribisnis Indonesia menjadi lebih baik daripada sebelumnya.

“Pemikiran Prof. Bungaran Saragih terkait sistem dan usaha agribisnis didasari pada karakteristik berdaya saing, berkerakyatan, terdesentralisasi dan berkelanjutan. Ini merupakan prinsip-prinsip dasar utama untuk mewujudkan pembangunan pertanian bagi peningkatan kesejahteraan petani serta memenuhi kebutuhan industri pangan Indonesia,” ungkap dia pada Webinar Bedah Buku Suara Agribisnis : Kumpulan Pemikiran Bungaran Saragih, Senin (19/4/2021).

Dia menjelaskan Bungaran Saragih menciptakan paradigma baru soal pembangunan pertanian melalui pendekatan agribisnis. “Agribisnis merupakan paradigma baru pembangunan ekonomi berbasis pertanian,” ujar dia.

Kemudian unsur utama pembangunan agribisnis meliputi dunia usaha skala mikro, kecil, menengah, besar. “Pemerintah merupakan fasilitator dalam mewujudkan pembangunan agribisnis tersebut,” jelas Musdalifah.

Sistem agribisnis meliputi: subsistem primer (tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, kehutanan, peternakan dan perikanan) yang didukung secara terintegrasi oleh subsistem: Input, groindustri, pemasaran dan jasa penunjang yang mengubah sumber daya menjadi produk-produk agribisnis.

“Pemikiran Prof. Bungaran Saragih sangat relevan dengan kebijakan pembangunan pertanian Nasional saat ini dan masa mendatang, terkait sistem dan usaha agribisnis melalui peran aktif stakeholder,” ungkap dia.

Menurut dia, pangan dan agribisnis menjadi salah satu motor penggerak dalam perekonomian nasional untuk mencapai pertumbuhan yang berkualitas dan berkeadilan.

Di tengah sektor lain berkontraksi negatif pada masa pandemi Covid, justru sektor pangan dan pertanian berkontribusi positif terhadap perekonomian nasional. “Sehingga kita bisa menyakini aktivitas perekonomian sangat tergantung dengan sektor pertanian,” jelas Musdalifah.

Dia menegungkapkan bahwa sektor pertanian adalah salah satu sektor penyelamat perekonomian Indonesia. Pasalnya sektor ini dapat menahan laju kontraksi ekonomi nasional yang lebih dalam lagi, ujar dia.

Bayu Krisnamurthi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB University menambahkan, strategi pembangunan ekonomi nasional agribisnis atau tepatnya sistem dan usaha agribisnis memang sangat melekat dengan sosok Bungaran Saragih.

Hingga kini, selama lebih dari 25 tahun, pak Bungaran tetap konsisten menulis, menjawab wawancara, mengajar, memberi seminar dan berkotbah tentang agribisnis, kata Mantan Wakil Menteri Pertanian dan Wakil Menteri Perdagangan.

Bungaran Sarahih pada periode tahun 2000 2004 mendapat kesempatan menjadi Menteri Pertanian. “Jadilah pengembangan sistem dan usaha agribisnis resmi menjadi strategi pembangunan pertanian dan coba dijalankan sepenuhnya oleh Kementerian Pertanian RI,” jelas Bayu.

Prof Bungaran Saragih menceritakan, pada mahasiswa pertanian hanya dibuat alat oleh pengusaha maupun pemerintah. Pertanian itu jauh lebih besar dibayangkan oleh kita pada waktu lalu. Untuk itu kita perlu paradigma baru yakni sistem usaha agribisnis, ujar dia.

“Dengan paradigma baru ini lebih mudah membangun pertanian dan lebih besar peranannya. Sektor ini tidak hanya melayani dirinya, tapi justru melayani makronya,” kata dia.

Untuk itu, dia mengajak semua orang belajar dalam membangun sektor pertanian karena sektor ini penting bagi kemajuan bangsa. “Saya bukan orang mikro, teknikal dan ahistoris. Tapi saya mmembawa pertanian dari mikro statistik kepada makro perspektif sejarah. Keluar dari masalah teknis, namun masuk ke masalah kelembagaan dan sumber daya manusia,” tandas dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB)

Minggu, 09 Mei 2021 - 04:00 WIB

Pimpinan Kelompok Teroris OPM Tega Tipu Keluarga Sendiri

Kejahatan Kelompok teroris Organisasi Papua Merdeka (OPM) dinilai sudah dikenal sejak lama. Mulai dari membunuh guru, membantai warga, hingga membakar sekolah tempat anak-anak Papua belajar…

Ilustrasi Perumahan

Minggu, 09 Mei 2021 - 03:45 WIB

Tahu Kah Kamu! 70 Persen Milenial Lebih Pilih Beli Rumah Daripada Apartemen

Berdasarkan data portal properti Lamudi.co.id, sepanjang kuartal pertama 2021 ternyata 70 persen milenial lebih tertarik untuk membeli rumah daripada apartemen melalui daring. Rentan umur milenial…

Ketum KADIN Rosan P Roeslani

Minggu, 09 Mei 2021 - 03:05 WIB

Vaksinasi Gotong Royong Dimulai Pekan Depan, Ketum Kadin Rosan: Ini Momentum Kendalikan Pandemi Covid-19

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P Roeslani mengatakan vaksinasi gotong royong akan dimulai pada pekan depan.

Kementan pantau penjualan daging di Pasar Jelang Lebaran Idul Fitri

Minggu, 09 Mei 2021 - 00:29 WIB

Kementan Pastikan Ketersediaan Daging Sapi untuk Lebaran Aman

Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan bahwa kondisi ketersediaan pasokan daging sapi untuk kebutuhan masyarakat menyambut Idul Fitri 1442 H dijamin aman. Hal…

Migrasi Bank Syariah Indonesia di Aceh Tim PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) sedang bersiap melakukan migrasi ATM ke sistem BSI.

Minggu, 09 Mei 2021 - 00:06 WIB

Langkah Migrasi Sistem Bank Syariah Perlu Didukung

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Tgk. Faisal Ali mengemukakan bahwa, Aceh perlu bersyukur bahwa lembaga keuangan syariah, khususnya perbankan, telah beralih ke system Syariah.…