Investasi Industri Smelter Capai Rp227,6 Triliun

Oleh : Herry Barus | Selasa, 09 Mei 2017 - 10:51 WIB

Ilustrasi Smelter
Ilustrasi Smelter

INDUSTRY.co.id - Kendari- Nilai investasi pembangunan pemurnian dan pengelohan nikel atau smelter yang tersebar pada 32 proyek di Indonesia mencapai Rp227,6 triliun.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian I Gusti Putu Suryawirawan di Kendari, Senin (8/5/2017) mengatakan bahwa peningkatan investasi pembangunan pemurnian dan pengolahan nikel signifikan setelah pemerintah mengeluarkan kebijakan pelarangan ekspor ore.

"Saat ore dibolehkan diekspor, negara tujuan adalah Tiongkok. Sebaliknya, setelah pemerintah melarang ekspor ore, pengusaha asal Tiongkok berbondong-bondong membangun pabrik nikel di Indonesia," kata Gusti Suryawirawan kepada awak media.

Sebanyak 32 proyek pembangunan pemurnian dan pengolahan nikel yang menyerap tenaga kerja hingga 23.000 orang tersebar di 11 provinsi dan 22 kabupaten/kota se-Indonesia.

Nilai investasi sektor industri nikel dan logam lainnya diyakini akan terus bertambah seiring dengan peningkatan kapasitas pabrik yang sedang dalam pembangunan.

"Nilai investasi sebesar Rp227,6 triliun masih dalam tahap pekerjaan konstruksi pabrik. Kalau pabrik sudah produksi, nilai investasi akan meningkat tajam," katanya.

Mengenai tenaga kerja asing asal Tiongkok di sejumlah lokasi pembangunan pabrik, Gusti Suryawirawan mengatakan bahwa mereka memiliki keahlian dalam hal pekerjaan konstruksi bangunan berbahan baku baja.

"Maklumi kehadiran tenaga kerja asing karena semata-mata untuk pelaksanaan dan penyelesaian pembangunan konstruksi pabrik. Kalau pabrik sudah produksi, tenaga kerja asing pulang ke negaranya," kata Gusti Suryawirawan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

realme 6 Pro

Senin, 06 April 2020 - 19:26 WIB

Jaminan Kinerja Terbaik, realme 6 Series Bawa Chipset Andal

Kehadirannya sebagai pembuktian bahwa seri angka realme telah menjadi seri produk yang paling ditunggu-tunggu oleh pecinta gadget di Indonesia

Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo antusias ikut Gerakan Masker Kain

Senin, 06 April 2020 - 19:05 WIB

Kemenparekraf Apresiasi Antusias Masyarakat Ikut Gerakan Masker Kain Tekan Penyebaran Covid-19

Masyarakat di berbagai wilayah di tanah air antusias dan merespon positif Gerakan Masker Kain yang diinisiasi untuk tujuan menekan penyebaran COVID-19 di Indonesia.

Tokoin akan memberikan bantuan donasi terkait dengan Wabah Virus Corona Covid-19 yang pada saat ini penularannya terus meningkat, demikian pula dengan tingkat kematian yang terus meningkat.

Senin, 06 April 2020 - 18:34 WIB

Perangi Virus Corona, Tokoin Bantu 1000 Alat Rapid Test Terbaik untuk Para Dokter yang Tangani Covid-19

Jakarta- Virus Corona-COVID-19 masih menjadi momok menakutkan di seluruh dunia. Hal itu disebabkan penyebaran COVID-19 yang sangat cepat.

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 06 April 2020 - 18:15 WIB

Bantu Penanganan Covid-19, Pelaku IKM Siap Produksi Masker dan APD

Sejumlah pelaku industri kecil dan menengah (IKM) di dalam negeri siap memproduksi masker dan alat pelindung diri (APD) untuk ikut membantu pemerintah dalam upaya percepatan penangangan COVID-19.…

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI

Senin, 06 April 2020 - 18:00 WIB

Bamsoet Minta Bela Negara dengan Menjaga Kesehatan dan Physichal Distancing

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) kembali memfasilitasi pemeriksaan rapid test bagi kalangan masyarakat untuk mendeteksi dini virus Covid-19. Setelah sebelumnya kepada pegawai dan staf…