Wow! Gara-gara Program Ini, 5 Juta Orang di Indonesia Selamat dari Jurang Kemiskinan

Oleh : Ridwan | Selasa, 16 Februari 2021 - 14:30 WIB

Ilustrasi Kemiskinan (Ist)
Ilustrasi Kemiskinan (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Perlindungan sosial dalam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) menjadi instrumen utama untuk melindungi masyarakat miskin dan rentan. Pada tahun 2020, program perlindungan sosial mampu melindungi masyarakat miskin dan rentan dengan menahan angka kemiskinan di level 10,19% pada September 2020.

"Artinya, program PEN sepanjang 2020 diperkirakan mampu menyelamatkan lebih dari 5 juta orang menjadi miskin baru," kata Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Febrio Kacaribu dalam keterangan resminya (15/2/2021).

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah penduduk miskin di Indonesia pada September 2020 mencapai 27,55 juta orang, meningkat 2,76 juta orang dibandingkan September 2019.

Secara persentase, penduduk miskin pada September 2020 setara dengan 10,19% terhadap jumlah penduduk Indonesia atau naik 0,97 poin persentase terhadap periode yang sama pada tahun lalu.

Intervensi kebijakan yang dilakukan pemerintah tak hanya melindungi masyarakat miskin dan rentan, tetapi juga kelas menengah. Program tersebut berupa perluasan penerima dan manfaat Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Bantuan Langsung Tunai Dana Desa, Kartu Pra Kerja, Diskon Listrik, hingga Subsidi Kuota Internet untuk mendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Dalam keterangan resmi tersebut, realisasi sementara program perlindungan sosial untuk mendukung konsumsi rumah tangga di sepanjang tahun 2020 mencapai Rp220,39 triliun, lebih tinggi dari alokasi awal sebesar Rp203,9 triliun.

Sementara, dukungan untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) telah disalurkan sebesar Rp112,4 triliun dalam bentuk penempatan dana, subsidi bunga, Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM), insentif PPh Final UMKM, penjaminan kredit, dan pembiayaan investasi LPDB.

Seluruh program PEN pada tahun 2020 dapat mendukung pelaku usaha penerima manfaat agar dapat bertahan dari dampak pandemi.

Selaras dengan tren pemulihan ekonomi, pemerintah tetap memberi dukungan kebijakan countercyclical untuk penanganan Covid-19. Berbagai kebijakan prioritas akan terus berlanjut pada 2021, misalnya melalui vaksinasi massal, penguatan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan memakai sabun) dan 3T (testing, tracing, dan treatment), serta penguatan Program PEN.

APBN melalui PEN 2021 masih akan menjadi instrumen penting yang bekerja keras menangani Covid 19 dan memulihkan ekonomi agar bangkit kembali.

"Dengan tren ekonomi terkini, pemerintah optimis namun tetap waspada bahwa pandemi dapat dikendalikan dan aktivitas sosial ekonomi terus berangsur pulih sehingga tingkat kemiskinan dan pengangguran ke depannya dapat menurun kembali,""ujar Kepala BKF. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penghargaan International Patient Safety Conference (IPSC) yang diraih RS Premier Bintaro.

Senin, 13 Mei 2024 - 22:17 WIB

RS Premier Bintaro Raih Penghargaan IPSC di India

Penghargaan IPSC menjadi acuan bagi RS Premier Bintaro (RSPB) untuk terus mengeksplorasi dan menerapkan solusi-solusi inovatif dalam praktik klinisnya.

Paviliun Indonesia di ajang Seoul International Travel Fair 2024

Senin, 13 Mei 2024 - 21:50 WIB

Kemenparekraf Boyong 14 Industri Pariwisata 'Mejeng' di Seoul International Travel Fair 2024

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kembali hadir pada pameran pariwisata internasional terbesar di Seoul International Travel Fair (SITF) 2024 yang berlangsung pada 9-12…

Menparekraf Sandiaga Uno

Senin, 13 Mei 2024 - 21:42 WIB

Hadiri AIM Congress 2024 di Abu Dhabi, Menteri Sandiaga Uno Beberkan Keuntungan Investasi di RI

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memaparkan berbagai keuntungan yang bisa diraih para investor dunia jika menanamkan investasinya di sektor pariwisata…

Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin (kiri) menyerahkan trofi penghargaan CSR dan PDB Awards 2024 kategori Gold kepada Direktur Utama PT Solusi Bangun Indonesia Tbk, Lilik Unggul Raharjo (kanan) di The Westin Jakarta, pada Selasa (7/5/2024).

Senin, 13 Mei 2024 - 21:10 WIB

Bawa Misi Keberlanjutan SIG, SBI Raih 3 Penghargaan dari Kementerian Desa PDTT atas Keberhasilannya Mempercepat Pembangunan Desa

Jakarta– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui anak usahanya, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) meraih tiga penghargaan CSR (Corporate Social Responsibility) dan PDB (Pengembangan…

Andreas SH dari Eternity Global Law Firm melaporkan Kepala Kantor Bea Cukai Purwakarta ke Inpektorat Jenderal Kementerian Keuangan.

Senin, 13 Mei 2024 - 21:02 WIB

Setelah Dibebastugaskan, Kemenkeu Diminta Selidiki Harta Kepala Bea Cukai Purwakarta

Selain dibebas tugaskan, Kepala Kantor Bea Cukai Purwakarta, REH, juga menghadapi masalah hukum atas laporan Andreas SH dari Eternity Global Law Firm ke Polda, KPK, hingga Kemenkeu.