Pamer Potret Warga Cipinang Melayu Kini Tersenyum, Anies Tuai Banjir Pujian Warganet: Alhamdulillah...

Oleh : Candra Mata | Rabu, 10 Februari 2021 - 11:20 WIB

Gubernur Anies Baswedan dan Warga Cipinang Melayu Jakarta
Gubernur Anies Baswedan dan Warga Cipinang Melayu Jakarta

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Gubernur Jakarta Anies Rasyd Baswedan menuai banjir pujian dari warganet seusai mengunggah potret kunjungannya ke lokasi Kali Sunter di Cipinang Melayu Jakarta.

"Semalam mengunjungi warga RW 04 Cipinang Melayu, yang kampungnya dilewati Kali Sunter. Bila musim penghujan kampung ini biasanya terendam banjir oleh luapan Kali Sunter, tahun lalu bahkan sempat mencapai 3 meter. Alhamdulillah, tahun ini dapat bersilaturahim kembali dengan warga di sana dalam keadaan tidak banjir," ucap Anies seperti diunggah redaksi Industry.co.id dari laman facebook miliknya pada Rabu pagi (10/2/2021).

Dikatakan Anies, pihaknya belajar dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, dimana Pemprov DKI Jakarta berupaya keras menanggulangi banjir di Kampung Cipinang Melayu ini. 

"Kita memberikan perhatian dan penanganan menyeluruh dari hulu Kali Sunter yang kerap kali menjadi penyebab utama dari luapan air ke kampung tersebut," ujarnya.

Jajaran Pemprov DKI melakukan kegiatan Gerebek Lumpur dengan mengerahkan 15 eskavator di tanggul-tanggul dekat aliran Kali Sunter dan membuat sodetan sehingga debit air yang mengalir di Kali Sunter menjadi lebih terkendali. 

Di sisi selatan Jakarta Timur Waduk Rangon dan Waduk Tiu dikeruk lalu kemudian disiapkan sodetan khusus sehingga air Kali Sunter dialirkan dan ditahan di waduk, baru mengalir ke sini dengan volume debit yang lebih terkontrol.

"Atas izin Allah SWT ikhtiar itu dimudahkan. Kita semua patut bersyukur karena warga kawasan RW 04 dan RW 03 Cipinang Melayu bisa merasakan musim penghujan tanpa kebanjiran," ungkap Anies.

Meskipun demikian, dirinya mengakui masih memiliki pekerjaan rumah untuk memastikan kembali tak ada banjir di Cipinang Melayu.

Salah satunya adalah menuntaskan pembuatan tanggul di sepanjang RW 04 dan 03 Cipinang Melayu, karena kini tanggul tersebut masih bersifat temporer.

Dalam unggahan tersebut, ada salah satu potret yang berhasil mencuri perhatian warganet. Yakni potret sang gubernur dengan seorang warga yang pernah ditemuinya pada tahun lalu dalam kondisi banjir, namun kali ini ia kembali bertemu dengan warga Cipinang Melayu tersebut dalam kondisi tidak banjir.

"Foto terakhir adalah ketika pertama kali bertemu dengan salah satu warga, Ibu Rumiati, di masa kampanye, bahagia sekali hari ini dapat berjumpa kembali dengan beliau dalam keadaan sehat dan tidak berbasah-basahan," pungkasnya.

Hingga berita ini diturunkan, unggahan Anies tersebut telah menuai banjir pujian dari ribuan warganet.

"Pictures speaks a thousand words....Barakallah pak AB Gubernur Indonesia..," ucap Fenny Farber.

"Fotonya bikin mata basah pak,..Barakallah pak Anies," papar Akhal.

"Fotonya bikin meleleh....," ujar Icha.

"Jatipadang pasar minggu biasanya banjir sampe ber harian. Tp thn ini hnya banjir lewat aja bbrp jam kmudian surut. Alhamdulillah, sebut Bejo.

"Kali depan arcici cempakah putih juga aman thn ini sesudah di keruk slm hmpr sepekan. Tks," imbuh Amisuto.

"Kawasan cipinang melayu biasanya kl banjir rumah tinggal atap doank.. Tp bbrp hari ini saat hujan deras tiap mlm gk ad terlihat tenda2 pengungsian dibwh kolong tol becakayu, brarti tandanya aman terkendali..," ujar Eki.

"Saya bukan warga DKI tapi terharu lihat berita, nggak ada banjir Jakarta. Baraakallah, Pak. Baarakallah warga DKI.," kata Hamilda.

"Elmunya bagi bagi dong bang Anies Baswedan ke gubernur jabar & jateng. Ga boleh pelit bang anies," tulis Mardiyansah.

"Waktu dulu setiap mau Imlek di mangga dua banjir tu depan ITC sampai berhari2 gax kerja.  Alhamdulillah sekarang gax lagi," imbuh Yanti.

"Alhamdulillah, semoga jakarta makin maju kotanya, bahagia warganya," tukas Yuliono.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

Ilustrasi produksi keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:30 WIB

Dukung Proyek IKN, Industri Keramik Siap Investasi di Kaltim

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) optimis pemerintahan baru yang akan dipimpin oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan melanjutkan proyek Ibu Kota Negara (IKN)…

Proses bongkar muat sekam padi di storage area sekam padi di Pabrik Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Rabu, 24 April 2024 - 18:13 WIB

Keren! Reduksi Emisi Gas Rumah Kaca, SIG Tingkatkan Penggunaan Bahan Bakar Alternatif Menjadi 559 Ribu Ton

Jakarta– Isu perubahan iklim yang disebabkan oleh emisi gas rumah kaca (GRK) telah menjadi perhatian dunia, dengan munculnya komitmen global untuk mewujudkan net zero emission pada 2060.

Industri keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:00 WIB

Asaki Desak Pemerintah Segera Terapkan Antidumping Keramik China, Besaran Tarif Capai 150%

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) mendesak KADI untuk bekerja serius dan segera menerapkan kebijakan Antidumping untuk produk keramik impor asal Tiongkok yang secara tren tahunan…

Platform Teknologi Laboratorium di Indonesia Digelar untuk Ketujuh Kalinya

Rabu, 24 April 2024 - 17:56 WIB

Program Keberlanjutan dan Kecerdasan Buatan Menjadi Topik Hangat pada Pameran Lab Indonesia 2024

Jakarta– Lab Indonesia 2024 kembali mempertemukan elit industri laboratorium ilmiah dan analisis pada tanggal 24 – 26 April 2024 di Jakarta Convention Center (JCC).