Luar Biasa! Ratusan Perusahaan Asing Bakal Keroyokan Tanam Modal di Kawasan Segitiga Rebana

Oleh : Ridwan | Kamis, 12 November 2020 - 13:05 WIB

Kawasan Industri Segitiga Rebana (Ist)
Kawasan Industri Segitiga Rebana (Ist)

INDUSTRY.co.id - Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan menggelar West Java Investment Summit (WJIS) 2020 pada 16-19 November 2020 ini di Savoy Homann, Bandung dan sejumlah proyek di Jabar pada hari ketiga dan keempat gelaran WJIS.

Sebanyak 27 proyek yang di antaranya berada di Kawasan Segitiga Rebana, Karawang dan Bekasi ditawarkan dengan total nilai investasi sebesar Rp 32,1 triliun.

Pada tahun ini WJIS promosi kawasan investasi baru Kawasan Rebana dengan mengusung tema Invest in West Java for better future tersebut mengundang calon investor dari dalam negeri dan berbagai negara seperti dari Jepang, Amerika, Perancis, Singapura, Malaysia, dan Finlandia dengan total 696 perusahaan sementara yang akan mengikuti one on one meeting untuk tanggal 16 dan 17 November.

Noneng Komara Nengsih, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Barat, WJIS merupakan ajang tahunan Pemprov Jabar dalam mempromosikan investasi yang ada di Jawa Barat.

Sampai saat ini Jawa Barat meski pandemic terjadi tapi posisi investasi di Jabar masih rangking satu dari di triwulan 1 sampai triwuan 3 tahun 2020 tingkat nasional.

Artinya Jabar masih tertinggi, menjadi destinasi yang paling banyak diminati oleh investor dan realisasi investasi di 2020 sampai triwulan 3 ini mencapai Rp 86,3 triliun kemudian disusul oleh provinsi provinsi lainnya.

"Tetapi kami tetap harus terus melakukan promosi-promosi. Jadi kami DPMPTSP itu tugasnya memang melakukan pengembangan investasi promosi, investasi kemudian Juga fasilitas investasi, kemudian izin-izin terkait investasi, serta pemantauan , pembinaan kepada para investor. Dan WJIS ini salah satu program kami dalam melakukan promosi investasi, yang pada tahun ini walaupun memang pada masa covid-19 segala sesuatunya sulit anggaran juga demikian tetapi kemudian dengan kolaborasi dengan Bank Indonesia akhirnya kami masih bisa menyelenggarakan WJIS ini yang akan kita lakukan selama 4 hari yaitu dari tanggal dari tanggal 16-19 November 2020," ujar Noneng dalam jumpa pers di Hotel Savoy Homann,Kota Bandung (11/11/2020).

Noneng menjelaskan, dalam empat hari tersebut, dua hari pertama di antaranya akan digelar di Savoy Homann kemudian hari ketiga itu ground breaking Surya Cipta yang namanya Subang Smartpolitan karena WJIS nanti merupanaa branding Rebana. Kemudian di hari ke-4 nya site visit ke Rebana.

"Tahun ini Rebana menjadi highlight dari WJIS kita mungkin tahun depan akan berubah lagi sesuai dengan keperluan atau promosi investasi kita," ujar dia.

Hari keempat pada site visit di mulai dari Kertajati sampai ke Subang. Di Aerocity akan ada ground breaking pembangunan hotel bandara kemudian berakhir ke Subang pada hari keempat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin