Komisi IX Dukung Pelatihan BB PLK Bekasi

Oleh : Krishna Anindyo | Selasa, 20 Oktober 2020 - 11:15 WIB

Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani
Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Berbicara tentang pendidikan atau pengalaman kerja nyata sangat dibutuhkan untuk menghasilkan tenaga kerja yang siap untuk bekerja. Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani mengapresiasi Kementerian Tenaga Kerja yang telah mendirikan dan membentuk Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi (BB PLK).

Meski demikian ia memberikan beberapa masukan dan harapan terhadap BB PLK ini, salah satunya agar pelatihan tersebut dapat dijangkau oleh semua warga atau masyarakat.

“Hari ini kami telah melihat secara langsung berbagai kegiatan pelatihan yang ada di BB PLK Bekasi ini, dan kami sangat mengapresiasinya,” ujar Netty melalui keterangan yang diterima redaksi pada Selasa (20/10).

Ia berharap agar pelatihan tersebut mengedepankan aspek pemerataan. Artinya, ada hak dan kesempatan yang sama bagi seluruh warga negara untuk mendapatkan pelatihan keterampilan, tak terkecuali para penyandang disabilitas.

Tidak hanya itu, Netty juga berharap agar pelatihan atau keterampilan yang diberikan disesuaikan dengan minat dari anak didik, serta demand atau permintaan dari industri. Agar ketika peserta pelatihan tersebut menyelesaikan masa pelatihannya, maka sudah ada industri yang akan menampungnya.

Atau paling tidak peserta pelatihan tersebut telah siap untuk bekerja secara penuh dalam sebuah industri yang nyata. Oleh karenanya, ia juga menilai sertifikasi juga sangat diperlukan bagi alumni peserta didik BB PLK ini.

“Dengan kata lain, harus dipastikan bahwa setiap alumni BB PLK ini memiliki sesuatu untuk bisa melanjutkan kehidupannya ke depannya. Apakah itu masuk dalam sebuah industri besar atau perusahaan, atau membuka lapangan pekerjaan sendiri (membuka usaha). Oleh karena itu jenis pelatihan atau keterampilan yang diberikan juga harus disesuaikan dengan minat dan demand dari Industri ,” jelasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wapres Ma’ruf Amin didampingi Ibu Wury bertolak ke Sultra untuk melakukan kunjungan kerja, Kamis ((19/04/2022) pagi. (Foto: BPMI Setwapres)

Jumat, 20 Mei 2022 - 07:17 WIB

Wapres Akan Groundbreaking Kawasan Industri di Konawe Utara

Jakarta-Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin didampingi Ibu Wury Ma’ruf Amin bertolak ke Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) guna melakukan kunjungan kerja (kunker), Kamis (19/05/2022) pagi.…

Dirjen ILMATE Taufiek Bawazier saat meresmikan Toyota xEV Center

Jumat, 20 Mei 2022 - 07:10 WIB

Kemenperin Harap Toyota xEV Center jadi Katalisator Pengembangan Teknologi Kendaraan Listrik di RI

Kemenperin berharap, Toyota xEV Center sebagai katalisator pengembangan teknologi dan industrialisasi kendaraan elektrifikasi di Indonesia sehingga dapat meningkatkan ketahanan energi serta…

HIPMI Siap Dukung Sektor UMKM RI ke Pasar Internasional

Jumat, 20 Mei 2022 - 07:00 WIB

HIPMI Siap Dukung Sektor UMKM RI ke Pasar Internasional

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) menginisiasi perhelatan HIPMI International Business Forum yang merupakan rangkaian acara dari rencana kegiatan kunjungan HIPMI ke Amerika Serikat dan…

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Wakil Ketua Umum Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI Polri (FKPPI) Bambang Soesatyo

Jumat, 20 Mei 2022 - 06:45 WIB

Ketua MPR RI Tegaskan FKPPI Siap Bantu TNI Jaga Kedaulatan Bangsa

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Wakil Ketua Umum Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI Polri (FKPPI) Bambang Soesatyo bersama pengurus FKPPI…

 Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita (Foto: Dok. Setkab)

Jumat, 20 Mei 2022 - 06:11 WIB

Menperin: Hilirisasi Industri Picu Peningkatan Kinerja Ekspor Nasional

Jakarta-Industri pengolahan masih memberikan kontribusi yang dominan terhadap nilai ekspor nasional, dengan capaian sebesar 74,46 persen sepanjang Januari-April 2022.