PT Semen Baturaja Bagikan Dividen Rp64,772 Miliar

Oleh : Herry Barus | Jumat, 28 April 2017 - 07:57 WIB

Pabrik Semen Baturaja (Bm)
Pabrik Semen Baturaja (Bm)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Semen Baturaja (Persero) Tbk menyepakati untuk membagikan dividen sebesar Rp64,772 miliar atau sekitar 25 persen dari perolehan laba bersih 2016 senilai Rp259,09 miliar.

"Pembagian dividen sebesar itu setara dengan Rp6,5841 per saham," papar Sekretaris Perusahaan Semen Baturaja, Zulfikri Subli di Jakarta, Kamis (27/4/2017)

Ia memaparkan bahwa dividen bagian pemegang saham negara Republik Indonesia sebesar 76,237 persen atau Rp49,38 miliar dan publik sebesar 23,76 persen atau Rp15,39 miliar.

Sementara itu, lanjut dia, sisa perolehan laba bersih tahun buku 2016, akan dibukukan sebagai dana cadangan atau laba ditahan guna mendukung bisnis perusahaan pada tahun ini.

"Sebesar 75 persen dari laba perseroan atau sekitar Rp194,31 miliar dialokasikan sebagai cadangan," katanya.

Dalam RUPST Semen Baturaja Tbk itu, juga disepakati melakukan pergantian jajaran komisaris dan direksi perseroan dengan masa jabatan terhitung sejak ditutupnya rapat dan berakhir pada penutupan RUPST yang kelima, tanpa mengurangi hak RUPS untuk memberhentikan sewaktu-waktu.

Disampaikan, jajaran komisaris dijabat oleh Harjanto sebagai Komisaris Utama. Sementara posisi komisaris dijabat oleh Oke Nurwan sebagai Komisaris dan Mahmud sebagai Komisaris.

Sedangkan posisi direksi, Rahmad Pribadi menjabat sebagai Direktur Utama, Daconi sebagai Direktur Produksi dan Pengembangan, M Jamil sebagai Direktur Pemasaran, Amrullah sebagai Direktur Umum dan SDM, dan Dede Paresade sebagai Direktur Keuangan.

Zulfikri Subli juga mengemukakan bahwa saat ini pihaknya sedang fokus menyelesaikan pembangunan Pabrik Baturaja II, per akhir Maret 2017 ini telah mencapai realisasi 94,95 persen. Pabrik Baturaja II itu memiliki kapasitas produksi semen sebesar 1,85 juta ton per tahun sehingga total kapasitas produksi perseroan menjadi sebanyak 3,85 juta ton semen per tahun.

"Pabrik dengan investasi sebesar Rp3,4 triliun itu direncanakan dapat beroperasi penuh pada akhir semester I 2017," katanya.

Sementara itu tercatat, pada kuartal I 2017 Semen Baturaja membukukan volume penjualan sebanyak 349.374 ton, tumbuh 10 persen dibandingkan periode sama tahun lalu 317.166 ton. Pada periode itu, pendapatan bersih perseroan sebesar Rp327,78 miliar, naik 10 persen. Sedangkan laba bersih Semen Baturaja sebesar Rp32 miliar, tumbuh 13 persen.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Retail Banking BSI Kokok Alun Akbar (kedua dari kiri) dan Direktur Utama PT Jasamarga Related Business Dian Takdir Badrsyah (kedua dari kanan)

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:48 WIB

BSI Gandeng Anak Usaha Jasa Marga

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) tandatangani nota kesepahaman dengan anak usaha Jasa Marga yaitu PT Jasa Marga Related Business.

Ilustrasi batubara

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:36 WIB

Kian Kokoh di Ranah Tambang! Anak usaha PT Delta Dunia Raih Kontrak Tambang Batu Bara di Australia

Jakarta - PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA), anak perusahaan PT Delta Dunia Makmur Tbk (Perseroan), melalui anak perusahaannya di Australia BUMA Australia Pty Ltd (BUMA Australia) akan memulai…

(Foto dari kiri ke kanan) Section Head PT Multipolar Technology Tbk Ignasius Oky Yoewono, Director Enterprise Application Services Business PT Multipolar Technology Tbk Jip Ivan, dan Department Head Hybrid Database Solution PT Multipolar Technology Tbk Yemmy Sukandar sedang berbincang di sela-sela seminar tentang keamanan siber yang diselenggarakan oleh Infobank di Pullman Jakarta Thamrin, Jakarta, Selasa (17/5).

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:25 WIB

Multipolar Technology mengusung solusi IBM Guardium dan IBM Security QRadar XDR sekaligus ke pasar Indonesia

Jakarta-PT Multipolar Technology Tbk (IDX: MLPT), anak perusahaan PT Multipolar Tbk (IDX: MLPL) yang berperan sebagai mitra dalam mendukung pengembangan teknologi digital perusahaan di berbagai…

Gedung Bank KB Bukopin

Selasa, 17 Mei 2022 - 21:58 WIB

KB Bukopin Masuk Indeks Global MSCI, Sentimen Positif Investor Saham

PT. Bank KB Bukopin, Tbk. terus bergerak positif pada lantai bursa. Morgan Stanley Capital International (MSCI) mengumumkan hasil tinjauan indeks semi tahunan pada Mei 2022.

Jalan Tol Serang-Panimbang

Selasa, 17 Mei 2022 - 18:40 WIB

Beroperasi 2024, Jalan Tol Serang-Panimbang Permudah Akses Wisata ke Tanjung Lesung

Sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga tengah menyelesaikan pembangunan infrastruktur…