PT Semen Baturaja Bagikan Dividen Rp64,772 Miliar

Oleh : Herry Barus | Jumat, 28 April 2017 - 07:57 WIB

Pabrik Semen Baturaja (Bm)
Pabrik Semen Baturaja (Bm)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Semen Baturaja (Persero) Tbk menyepakati untuk membagikan dividen sebesar Rp64,772 miliar atau sekitar 25 persen dari perolehan laba bersih 2016 senilai Rp259,09 miliar.

"Pembagian dividen sebesar itu setara dengan Rp6,5841 per saham," papar Sekretaris Perusahaan Semen Baturaja, Zulfikri Subli di Jakarta, Kamis (27/4/2017)

Ia memaparkan bahwa dividen bagian pemegang saham negara Republik Indonesia sebesar 76,237 persen atau Rp49,38 miliar dan publik sebesar 23,76 persen atau Rp15,39 miliar.

Sementara itu, lanjut dia, sisa perolehan laba bersih tahun buku 2016, akan dibukukan sebagai dana cadangan atau laba ditahan guna mendukung bisnis perusahaan pada tahun ini.

"Sebesar 75 persen dari laba perseroan atau sekitar Rp194,31 miliar dialokasikan sebagai cadangan," katanya.

Dalam RUPST Semen Baturaja Tbk itu, juga disepakati melakukan pergantian jajaran komisaris dan direksi perseroan dengan masa jabatan terhitung sejak ditutupnya rapat dan berakhir pada penutupan RUPST yang kelima, tanpa mengurangi hak RUPS untuk memberhentikan sewaktu-waktu.

Disampaikan, jajaran komisaris dijabat oleh Harjanto sebagai Komisaris Utama. Sementara posisi komisaris dijabat oleh Oke Nurwan sebagai Komisaris dan Mahmud sebagai Komisaris.

Sedangkan posisi direksi, Rahmad Pribadi menjabat sebagai Direktur Utama, Daconi sebagai Direktur Produksi dan Pengembangan, M Jamil sebagai Direktur Pemasaran, Amrullah sebagai Direktur Umum dan SDM, dan Dede Paresade sebagai Direktur Keuangan.

Zulfikri Subli juga mengemukakan bahwa saat ini pihaknya sedang fokus menyelesaikan pembangunan Pabrik Baturaja II, per akhir Maret 2017 ini telah mencapai realisasi 94,95 persen. Pabrik Baturaja II itu memiliki kapasitas produksi semen sebesar 1,85 juta ton per tahun sehingga total kapasitas produksi perseroan menjadi sebanyak 3,85 juta ton semen per tahun.

"Pabrik dengan investasi sebesar Rp3,4 triliun itu direncanakan dapat beroperasi penuh pada akhir semester I 2017," katanya.

Sementara itu tercatat, pada kuartal I 2017 Semen Baturaja membukukan volume penjualan sebanyak 349.374 ton, tumbuh 10 persen dibandingkan periode sama tahun lalu 317.166 ton. Pada periode itu, pendapatan bersih perseroan sebesar Rp327,78 miliar, naik 10 persen. Sedangkan laba bersih Semen Baturaja sebesar Rp32 miliar, tumbuh 13 persen.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BCA Syariah sosialisasi dan edukasi yuk nabung saham syariah

Jumat, 18 Oktober 2019 - 00:53 WIB

BCA Syariah Optimis Gapai Kenaikan Rekening RDN Tahun Depan

Jakarta - BCA Syariah mendorong masyarakat untuk memiliki tabungan saham-saham syariah. Dorongan tersebut sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat.

Vivi Wang, selaku Business Development Director Mobvista Asia Tenggara

Kamis, 17 Oktober 2019 - 23:01 WIB

Mobvista: Peluang Besar Mobile Marketing Konten Video

Jakarta - Mobvista mengeksplorasi bagaimana brand dan marketer di Indonesia dapat memanfaatkan peluang dengan lebih baik untuk memaksimalkan mobile marketing berbentuk konten video.

Prof. Dr. Mohammad Mahfud M.D

Kamis, 17 Oktober 2019 - 22:00 WIB

Mahfud MD: Mahasiswa Instrumen Utama Bela Negara

Peningkatan kualitas sumber daya manusia unggul yang berkarakter nasionalis dan adaptif terhadap perkembangan diperlukan untuk dapat menunjang tercapainya visi tersebut.

Diskusi Fintech bersama AwanTunai

Kamis, 17 Oktober 2019 - 21:39 WIB

Diperlukan Kolaborasi Untuk Pemanfaatan Fintech Dalam Mencapai SDGs

Dibutuhkan kolaborasi dan sinergi yang lebih baik antara pemerintah, sektor swasta, serta pelaku keuangan lainnya, dalam memanfaatkan teknologi keuangan sebagai solusi tantangan pembangunan,…

Public Relations Lead DreamHub Trevi Pradipta, Chief Marketing Officer DreamHub Duan Aditya Akelyaman, dan Chief Operating Officer DreamHub Daniel Derandie

Kamis, 17 Oktober 2019 - 20:42 WIB

Kolaborasi dan Komitmen Diperlukan Guna Membangun Ekosistem Startup 

Kolaborasi dan komitmen dari seluruh pemangku kepentingan diperlukan untuk membangun ekosistem startup sehingga menghasilkan inovasi, solusi yang dapat diterima oleh pasar, dan model bisnis…