Dukung Energi Bersih, Pabrik Danone-AQUA Bangun PLTS Atap Pabrik Berkapasitas 2.919kWp di Klaten Jawa Tengah

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 06 Oktober 2020 - 15:57 WIB

Peresmian PLTS Atap Pabrik Danone-AQUA Klaten, sekaligus Refleksi Satu Tahun Jateng Solar Province
Peresmian PLTS Atap Pabrik Danone-AQUA Klaten, sekaligus Refleksi Satu Tahun Jateng Solar Province

INDUSTRY.co.id, Klaten–Pemerintah Jawa Tengah bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Jawa Tengah, pada Selasa (6/10/2020) hadir dalam peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap secara virtual di pabrik Danone-AQUA di Klaten, Jawa Tengah.

Pembangkit listrik tenaga surya fotovoltaik (PV) yang  dikembangkan,  dibangun,  dan  dioperasikan  oleh  Total  Solar  Distributed  Generation  (DG) Southeast  Asia  tersebut,  saat  ini  merupakan  yang  terbesar  di Jawa  Tengah  yang  diprakarsai  oleh industri.

Dengan kapasitas 2.919 kWp (kilowatt peak), PLTS Atap tersebut dapat menghasilkan listrik sebesar 4 GWh (Gigawatt hour) per tahun sekaligus mengurangi 3.340 ton emisi karbon per tahun.

Pembangunan  PLTS  Atap  juga merupakan  bagian  dari  komitmen  Pemerintah  Jawa  Tengah  untuk mengembangkan  energi  bersih  dan  terbarukan,  diantaranya  dengan  mengutamakan  penggunaan energi surya, sesuai dengan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 12 tahun 2018 tentang Rencana Energi Daerah (RUED-P) yang merupakan turunan dari Peraturan Presiden Nomor 22 tahun 2017 tentang Rencana Umum Energi Nasional (RUEN).

Jawa Tengah merupakan provinsi pertama di Indonesia yang menyelesaikan rencana tersebut dan menyerahkannya kepada pemerintah pusat di September 2019.

Dihadiri (secara virtual) oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo; Direktur Aneka Energi Baru dan Terbarukan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Harris Yahya; dan Sekertaris Direktorat Jenderal  Industri  Agro,  Kementrian  Perindustrian,  Emil  Satria, acara  peresmian  pada Selasa (6/10/2020) sekaligus menandai refleksi satu tahun komitmen Pemerintah Jawa Tengah untuk menjadi provinsi bertenaga surya pertama di Indonesia.

Secara geografis Provinsi Jawa Tengah yang berada di daerah khatulistiwa yang terletak pada 10°LS memiliki intensitas penyinaran matahari 3,5 kwh/m²/hari –4,67 kwh/m²/hari, sehingga seluruhwilayah di Jawa Tengah potensial untuk dibangun PLTS. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, juga sangat mendukung pembangunan PLTS Atap, hal ini ditandai dengan diterbitkannya Surat Edaran nomor 671.25/0004468 pada tanggal 1 Maret 2019 perihal Implementasi PLTS Atap, dengan menghimbau kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan kepada beberapa perusahaan swasta di Jawa Tengah untuk membangun PLTS Atap di institusinya masing-masing.

Dr. Ir. Sujarwanto Dwi Atmoko, M.Si., Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah dan juga Pejabat Sementara Bupati Klaten mengatakan, pemerintah Jawa Tengah memiliki komitmen kuat untuk mengatasi masalah perubahan iklim dengan menerapkan energi bersih dan terbarukan, termasuk dengan memprioritaskan penggunaan energi surya. Komitmen kami terwujud melalui target realisasi penggunaan  energi  baru  dan  terbarukan  (EBT)  sebesar  21,32%di  2025. 

“Kami  menyambut  baik komitmen Danone-AQUA untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap terbesar dalam hal kapasitas yang diproduksi oleh industri di Jawa Tengah," ujarnya.

Untuk  mendorong  pembangkitan  tenaga  surya,  ketentuan  dalam  RUEN  memberlakukan  kewajiban pemanfaatan sel surya sebesar 30% dari luas atap untuk seluruh bangunan Pemerintah dan 25% dari luas  atap  untuk  bangunan  rumah  mewah.

“Pemerintah  Provinsi  Jawa  Tengah telah  melaksanakan amanat tersebut melalui pembangunan PLTS Atap padatahun 2017 di kantor Dinas ESDM dengan kapasitas 35 KWp yang dilanjutkan di kantor Bappeda dengan kapasitas 30 KWp pada tahun 2018 dan di  kantor  Sekretariat  Dewan  Provinsi  Jateng  dengan  kapasitas  30  KWp  pada  tahun  2019,”  tambah Sujarwanto Dwi Atmoko.

Corine Tap, Presiden Direktur PT Tirta Investama (Danone-AQUA)mengatakan, “Menjadi mitra aktif pemerintah dalam menerapkan energi bersih dan terbarukan merupakan salah satu prioritas kami yang sesuai dengan visi global perusahaan, One Planet One Health.

Untuk mewujudkannya,kami berkomitmen  untuk  menggunakan  energi  baru  dan  terbarukan  hingga  100%  pada  tahun  2030  di operasional Danone di seluruh dunia. Oleh karena itu, penggunaan solar panel terbesar di pabrik Klaten merupakan salah satu wujud nyata dari berbagai usaha yang kami lakukan dan merupakan bentuk komitmen Danone untuk menjadi salah satu katalisator dari industri dalam mendukung Provinsi Jawa Tengah menjadi provisi energi surya pertama di Indonesia.

Danone-AQUA merupakan pelopor pemanfaatan pembangkit listrik tenaga surya di Indonesia dengan diselesaikannya pembangunan di pabrik Ciherang, Jawa Barat, dengan kapasitas 770 kWp yang dapat menghasilkan listrik sebesar 1 GWh per tahun serta pengurangan emisi karbon sebesar 825 ton per tahun pada tahun 2017.

Danone-AQUA pun berkomitmen untuk mencapai target yang akan dicapai hingga tahun 2023, dimana 17 pabrikDanone-AQUA akan menggunakan PLTS Atap dengan total kapasitas sistem lebih dari 15.000 kWp dan mampu menghasilkan listrik sebesar 21 GWh serta mengurangi emisi karbon sebesar 16.633 ton CO2/tahun melalui pemanfaatan solar panel.

Untuk mencapai target tersebut, Danone-AQUA telah memasang pembangkit listrik tenaga surya di dua pabrik  lainnya  di  Ciherang,  Jawa  Barat,  dengan  kapasitas  770  kWp dan  dapat  menghasilkan  listrik sebesar  1  GWh  per  tahun  serta  pengurangan  emisi  karbon  sebesar  825  ton  per  tahun,  dan  di Banyuwangi, Jawa Timur dengan kapasitas 378 kWp serta dapat menghasilkan listrik sebesar 566 MWh per tahun dengan pengurangan emisi karbon dari 470 ton per tahun, selain pabrik Klaten yang saat ini dilakukan peresmian.

Sementara pada 2021, Danone-AQUA berencana memasang PLTS Atap di Pabrik Mekarsari dan Cianjur di Jawa Barat, Pabrik Tanggamus di Lampung, Pabrik Langkat di Sumatera Utara, Pabrik Mambal di Bali, serta di Pabrik Solok Sumatera Barat, dengan target kapasitas produksi 6.079 kWp dan 7,9 GWh per tahun serta pengurangan emisi karbon sebesar 5.858 ton per tahun. Selanjutnya secara bertahap menyelesaikan pemasangan PLTS nya di seluruh pabrik AQUA di Indonesia hingga tahun 2023. 

Untuk pabrik  di  Banyuwangi,  Klaten,  dan  Mekarsari,  Danone-AQUA  bekerja  sama  dengan  Total  Solar  DG Southeast Asia. Gavin Adda, CEO Total Solar Distributed Generation Southeast Asia mengatakan,  sebagai bagian dari pemain utama global di sektor energi, kami berkomitmen untuk memberikan solusi energi bersih yang hemat biaya bagi pemerintah, bisnis, dan pemangku kepentingan di seluruh dunia.

“Kami bangga untuk  mendukung  Jawa  Tengah  dan  Indonesia  dalam  agenda  energi  bersih  mereka,  serta dapat  dipercaya  oleh Danone  dalam  mencapai komitmen netralitas  karbon  perusahaan  dengan menggunakan solusi kami yang merupakan standar tertinggi dalam teknologi dan keselamatan yang mampu bertahan untuk waktu yang sangatlama,”ujarnya.

Hingga saat ini di Jawa Tengah, melalui berbagai sumber anggaran, baik dari Pemerintah maupun dari sektor swasta dan masyarakat umum, telah terbangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap, kurang lebih sekitar 127 unit dengan kapasitas total sekitar 5.199 kWp.

Acara peresmian PLTS Atap ini juga turut dihadiri oleh Executive Vice President Divisi Energi Baru dan Terbarukan Perusahaan Listrik Negara (PLN), Cita Dewi, Direktur IESR, Fabby Tumiwa, dan Guru Besar Universitas Gadjah Mada, Profesor Suratman, M.Sc.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…