SiVERA Tingkatkan Pelayanan Klaim Santuna Jasa Raharja

Oleh : Herry Barus | Selasa, 15 September 2020 - 08:00 WIB

Direktur Utama Jasa Raharja Budi Raharjo (Foto Dok Industry.co.id)
Direktur Utama Jasa Raharja Budi Raharjo (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Pada  hari  ini  telah  dilaksanakan Kegiatan Soft LaunchingSiVERA atau Sistem Verifikasi Rawatan. Senin (14/9/2020)

Acara dilaksanakan secara virtual yang dihadiri oleh Direktur UtamaPT Jasa Raharjabeserta Jajaran Direksi,Direktur UtamaPT   Administrasi Medika,Direktur   Keuangan   dan   UmumPT   Bahana Pembinaan  Usaha  Indonesia  (Persero)Induk  Indonesia  Financial  Group  (IFG), Asisten Deputi  Bidang Pembiayaan Manfaat Kesehatan Rujukan BPJS Kesehatan, Kasubdit  Pelayanan  Gawat  Darurat  Terpadu  Kementerian  Kesehatan  Republik Indonesia,PerwakilandariRumah Sakit Providerdan tamu undangan lainnya.

Bergabungnya Jasa  Raharja sebagai  anggota Group  Holding  Perasuransian  dan Penjaminan  /Indonesia  Financial  Group(IFG)semakin  menguatkan  komitmen meningkatkan   kualitas   pelayanan kepada   masyarakat,khususnya   dalam   halmemberikan  perlindungan  dasar  kepada  masyarakat  melalui  2  (dua)  programpertanggungan, yaituProgram Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang dan Program Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

Tugas pokok Jasa Raharja yaitu menyerahkan santunan kecelakaan bagi korban kecelakaan lalu lintasjalan dan bagi korban kecelakaan alat angkutan penumpangumum. Agar  pelayanan  terhadap  korban  kecelakaan  dapat  maksimal  diterima,  diperlukan solusi  melalui suatu  sistem  yang  terintegrasi  untuk  memverifikasi  biaya  rawatan korban kecelakaan di rumah sakit secara lebih profesional, tepat, cepat dan prudent sehingga  dapat  dipastikan  biaya  rawatan  yang  diberikan  adalah  rasional  sesuai dengan indikasi medis.

Melalui  implementasi SiVERA  atau  Sistem  Verifikasi  Rawatan adalah  integrasi serangkaian  sistem  dan  prosedur  antara  Jasa  Raharja  dan  TPA  Admedika  untuk memberikan  layanan  yang  terbaik  bagi  korban  kecelakaan  mulai  dari  proses penjaminan  dan  mendapatkan  layanan  perawatan  selama  di  rumah  sakit  dengan didukung  sistem  aplikasi  yang  dapatdi  monitoring  aktivitas  rawat  inap  peserta  dari admissionhingga discharge. 

Selain  itu  analisis  dan  verifikasi  klaim  sesuai  dengan indikasi  medis,  ketentuan  dan  benefit  peserta  dilakukan  oleh  Tenaga  Ahli  berlatar belakang medis sehingga menghasilkan rekomendasi biaya yang lebih valid.Dengan dilakukannya implementasi SiVERA ini, diharapkan manfaat biaya rawatan yang diterima korban kecelakaan dapat berjalan secara optimal, efektif dan tepat guna sebagai  upaya  pemulihan  korban  kecelakaan  yang  merupakan  tugas  pokok  utama dari Jasa Raharja.Hal ini juga merupakan bagian dari milestonetransformasi proses bisnis  Jasa  Raharja  dengan  target  untuk  lebih  menguatkan  lagi  sistem  tata  kelola pelayanan santunan berbasis data analysis, sebagaimana perkembangan industri 4.0yang memperhatikan konteks governance risk control (GRC).

Budi Rahardjoselaku Direktur Utama PT Jasa Raharja menyampaikan bahwa Jasa Raharja  secara  berkesinambungan  senantiasa  memastikan  bagi  para  korban kecelakaan  yang  terjamin  Jasa  Raharja  mendapatkan  pelayanan  kesehatan  yang optimal,   valid   dan   dapat dipertanggungjawabkan   kewajarannya.  

Lebih lanjut   Budi mengatakan  bahwa  dengan  dilakukannya case  monitoring setiap  hari  bagi  para korban  kecelakaan  yang  dijamin  Jasa  Raharja  melaluia plikasi SiVERAdapat diperoleh laporan yang auditable dari pengelolaan jaminan klaim kecelakaan dengan cepat,  “dengan real time monitoring dan  didapatkannya database e-medical record data tindakan dan penggunaan obat (big data),hal ini sebagaibentuk pengendalian dari  terjadinya  fraud  danjuga  prosesverifikasi  klaim  atau  mengurangi kesalahan dalam proses klaim santunan Jasa Raharja.

“Jadi proses pelayanan santunan menjadi tertata kelolalebih baik lagi",ujar BudiRahardjo.

Saat  ini,  SiVERA  akan  diimplementasikan  pada  6  (enam)  Kantor  Cabang  PT  Jasa Raharja yaitu Kantor Cabang Utama DKI Jakarta, Kantor Cabang Utama Jawa Barat, Kantor  Cabang  Sumatera  Utara,  Kantor  Cabang  Sulawesi  Selatan,  Kantor  Cabang Kalimantan  Timur  dan  Kantor  Cabang  Maluku  serta  selanjutnya  akan  dilaksanakan evaluasi sehingga bisa diimplementasikan secara menyeluruh.

Jasa  Raharja terus  berkomitmen  dalam  memberikan  pelayanan  terbaik,  cepat  dan tepat hal ini dibuktikan selama periode sampai dengan Agustus tahun 2020 lebih dari 80%  korban  meninggal  dunia  di  tempat  kejadian  dapat  diserahkan  santunannya kurang dari 2 hari, sehingga apabila di rata rata penyerahan santunan bagi korban meninggal  dunia  dapat  diselesaikan  dalam  waktu1  hari  14  jam, tidak  sedikit  yang menjadi   korban   kecelakaan   merupakan   tulang   punggung   keluarga   sehingga diharapkan dana santunan yang diserahkan dapat bermanfaat bagi keluarga korban yang ditinggalkan

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…