Komisi V Desak Menteri PUPR, Menhub dan Mendes PDTT Optimalkan Serapan Anggaran APBN

Oleh : Krishna Anindyo | Selasa, 01 September 2020 - 12:15 WIB

Ketua Komisi V DPR RI - Lasarus (Photo by Parlementaria Terkini - DPR)
Ketua Komisi V DPR RI - Lasarus (Photo by Parlementaria Terkini - DPR)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketua Komisi V DPR RI Lasarus mendorong Pemerintah agar lebih memaksimalkan instrumen APBN untuk menjaga ketahanan nasional dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Untuk itu, Lasarus mengimbau jajaran Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan dan Kementerian Desa PDTT betul-betul melakukan serapan anggaran dengan sebaik-baiknya agar semakin bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Seperti, peningkatan program padat karya yang banyak menuai apresiasi. Demikian dipaparkan Lasarus saat memimpin Raker Komisi V DPR RI dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menhub Budi Karya Sumadi dan Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar, di Ruang Rapat Komisi V DPR RI, Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Senin (31/8/2020). Turut hadir dalam raker, Wakil Ketua DPR RI Korinbang Rachmat Gobel.

“Komisi V berkomitmen untuk mendorong supaya mitra kerja bisa menyerap anggaran APBN dengan baik. Dengan demikian, sangat bisa membantu masyarakat. Seluruh elemen mengapresiasi program padat karya. Karena, memang berdampak langsung kepada masyarakat dibawah. Kami berharap, semua program padat karya bisa cepat dijalankan segera dan bisa membantu masyarakat dalam menghadapi pandemi,” ujar Lasarus melalui keterangan yang diterima redaksi pada Selasa (1/9).

Di sisi lain, politisi PDI-Perjuangan tersebut mengapresiasi pencapaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diraih oleh Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan dan Kementerian Desa PDTT dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Namun demikian, Lasarus kembali mengharapkan agar kurva serapan anggaran hingga bulan September dan Oktober mendatang dapat meningkat.

“Terkait pemeriksaan BPK mengenai Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Pemerintah, Komisi V mengapresiasi ketiga Kementerian yang mendapatkan predikat WTP. Terkait dengan serapan, pada akhir Agustus menjelang September tadi masih ada Kementerian yang serapannya di bawah 50 persen. Kami harap, bulan September dan Oktober kurvanya cepat sekali naik sehingga bisa membantu masyarakat,” pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bali Trail Running 2022 di Kabupaten Bangli, Bali (Foto: Kemenparekraf)

Senin, 16 Mei 2022 - 19:00 WIB

Menparekraf: Bali Trail Running 2022 Tanda Parekraf Bali Kian Bangkit

Menghadiri “Bali Trail Running 2022” di Kabupaten Bangli, Bali, Minggu (15/5/2022), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi event tersebut yang dipercaya…

Pendapatan Bersih tumbuh 106,23%, Segmen Penjualan Unit Alat Berat Tumbuh 135,49%

Senin, 16 Mei 2022 - 17:53 WIB

Dahsyat Tembus 295%, Pertumbuhan Laba Bersih KOBEX pada Triwulan I-2022

Jakarta – PT Kobexindo Tractors Tbk (KOBX) penyedia alat berat terintegrasi, membukukan pencapaian positif pada tiga bulan pertama 2022.

Mantan Politikus Laksamana Sukardi Gandeng Harry Tjahjono Cegah Dampak Negatif Konten Youtube Pada Anak.

Senin, 16 Mei 2022 - 17:42 WIB

Mantan Politikus Laksamana Sukardi Gandeng Harry Tjahjono Cegah Dampak Negatif Konten Youtube Pada Anak.

Mantan politikus PDIP dan Menteri BUMN Kabinet Gotong Royong, Laksamana Sukardi (LS), menggandeng seniman Harry Tjahjono untuk membuat konten youtube ramah anak.

Destinasi Wisata Cicalengka Dreamland, Bandung, Jawa Barat ( Instagram/@pianpian)

Senin, 16 Mei 2022 - 17:30 WIB

Genjot Pariwisata, Bandung Harus Punya Ciri Khas Sebagai Kota Wisata

Salah satu upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyebut sejumlah tempat wisata yang ada di Ibu Kota Jawa Barat itu perlu memiliki ciri khas yang…

Petugas memeriksa kesehatan mulut Sapi

Senin, 16 Mei 2022 - 16:51 WIB

Untuk Kurban, HPDKI Persiapkan Ternaknya Aman dan Sehat dari PMK

Terkait dengan adanya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di beberapa kabupaten di Jawa Timur dan di Aceh, Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) gerak cepat mengkoordinasikan seluruh…