Siap-siap! MenPAN-RB Bakal Pindahkan 1,6 Juta PNS ke Desa

Oleh : Ridwan | Minggu, 02 Agustus 2020 - 15:30 WIB

Ilustrasi PNS
Ilustrasi PNS

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi (Kemen PAN RB) akan memutasi 1,6 juta pegawai negeri sipil (PNS) ke desa untuk berprofesi sebagai tenaga administrasi.

Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo mengatakan mereka yang dimutasi ke desa akan menjadi tenaga pengajar hingga penyuluh yang akan disebar ke seluruh wilayah Indonesia.

"Memang 1,6 juta ini ke depan akan kita alokasikan untuk 700.000 tenaga pengajar yang sekarang sedang dipersiapkan KemenPANRB, Kemendikbud, Kementerian Keuangan, serta Kemendagri," kata Tjahjo di Jakarta Minggu (2/8/2020).

Lebih lanjut, Tjahjo menjelaskan, mereka yang berprofesi sebagai tenaga administrasi ini juga akan menjadi tenaga kesehatan. Saat ini tenaga kesehatan di pedesaan jumlahnya terbatas.

"Masih kurang 260.000 tenaga kesehatan, baik itu dokter, perawat maupun bidan. Termasuk kurang 80.000 tenaga penyuluh di seluruh pedesaan, baik itu tenaga pertanian, pengairan, dan lain-lain," katanya.

Ia menegaskan bahwa perampingan komposisi aparatur sipil negara ini merupakan bagian dari reformasi birokrasi yang digencarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pemerintah ingin kas keuangan negara bisa lebih efisien dengan kebijakan ini.

"Fokusnya reformasi birokrasi dilakukan pada akar masalah kita. Pertama tata kelola pemerintahan, serta skala prioritas setiap instansi," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur Anies Baswedan

Kamis, 24 September 2020 - 18:05 WIB

Sah! Anies Resmi Perpanjang PSBB Jakarta Hingga 11 Oktober 2020

Pemprov DKI Jakarta mantap memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta hingga 11 Oktober 2020, mengingat jumlah kasus positif Covid-19 masih menanjak.

Dua Bulan Lagi Kompetisi Liga 1 dan 2 Kembali Berlangsung

Kamis, 24 September 2020 - 18:00 WIB

IPW Beda Pendapat dengan Ketum PSSI Terkait Penyelenggaraan Liga 1 dan 2

Polri diimbau agar tidak memberi ijin pelaksanaan pertandingan sepakbola Liga 1 dan 2. Sebab pandemi Covid 19 saat ini makin menyalak, sehingga dikhawatirkan akan menimbulkan banyaknya klaster…

PT Taspen (Persero)

Kamis, 24 September 2020 - 17:54 WIB

Taspen Buka 21 Lowongan Kerja Untuk Lulusan SLTA Hingga S2, Ini Posisi yang Ditawarkan

Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia yang bergerak di bidang asuransi Tabungan Hari Tua (THT) dan dana pensiun bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pejabat negara, PT Taspen (Persero)…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 24 September 2020 - 17:30 WIB

Cegah Kluster Industri, Menperin Agus Minta Asosiasi dan Penggelola KI Pantau Aktivitas Pekerja di Luar Pabrik

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita meminta kepada asosiasi dan pelaku industri serta pengelola kawasan industri (KI) untuk terus menerapkan protokol kesehatan di lingkungan kerjanya…

Menteri Perindustrian Dukung Penuh Proyek Revamping TPPI

Kamis, 24 September 2020 - 17:17 WIB

Usai Diakuisisi Pertamina, TPPI Tancap Gas Garap Proyek Revamping Platforming dan Aromatik Senilai USD 180 Juta

Proyek tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Platforming Unit dari 50.000 barrel per hari menjadi 55.000 barrel per hari dan kapasitas produksi Paraxylene  600.000 ton per tahun menjadi…