HIPMI: Garuda Indonesia Bisa Kembali Baik jika Dalam Jajaran Direksi di Isi oleh Orang-orang Profesional

Oleh : Candra Mata | Jumat, 31 Juli 2020 - 14:27 WIB

Ilustrasi Garuda Indonesia
Ilustrasi Garuda Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Wakil Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) Anggawira menyayangkan permasalahan keuangan yang kini dihadapi PT Garuda Indonesia(Persero) Tbk.

Untuk diketahui, perseroan mencatat total utang mencapai Rp31,93 triliun bahkan rugi hingga Rp15,8 triliun. Garuda juga mulai melakukan penawaran pensiun dini kepada pekerjanya hingga penundaan pembayaran operasional.

Menurut Anggawira, semua maskapai didunia termasuk Garuda memang tengah menghadapi masa sulit akibat dampak pandemi Covid-19.

"Dalam situasi seperti ini, kita dorong Garuda Indonesia menjadi kebanggaan Indonesia. Garuda Indonesia bukan hanya sekedar maskapai penerbangan, namun juga memiliki peran sebagai pembawa identitas bangsa Indonesia. Kita ketahui bersama dalam Covid-19 ini, semua maskapai penerbangan terkena dampak yang paling signifikan atau berat," ujar Anggawira melalui keterangan tertulis kepada Industry.co.id Jumat (31/7).

Untuk itu, dirinyapun meminta para influencer atau artis untuk bisa membantu masakapai kesayangan Indonesia tersebut.

"Pengusaha muda di seluruh tanah air juga siap sinergi," ungkapnya.

Diakui Anggawira, Garuda Indonesia saat ini sudah mengarah ke roadmap yang lebih baik dari segi pelayanan dan pengembangan rute penerbangan. Namun ke depannya, perseroan dipandang tetap perlu melakukan terobosan baru dan juga pemerintah perlu terus berkomitmen untuk menyelamatkan maspakai nasional tersebut.

"Kita melihat perlu adanya suatu empati atau suatu gerakan untuk bagaimana mencintai atau mengapresiasi Garuda Indonesia untuk bisa hadir dan terbang mengudara ke seluruh penjuru dunia. Perlu ada gerakan di Indonesia ayo terbang bersama Garuda Indonesia," ucapnya.

Dari segi pelayanan, kata Anggawira, Garuda Indonesia terhadap konsumen juga sudah lebih baik. 

Namun Anggawira mendorong Direktur Utama Garuda Indonesia pada saat ini untuk bisa melakukan terobosan dan lebih tangguh dalam membangun identitas Indonesia ini.

"Garuda Indonesia bisa kembali baik jika dalam jajaran direksi diisi oleh orang-orang profesional," ucapnya.

"Memang dibutuhkan orang-orang profesional yang fokus membangun perusahaan. Manajemen sekarang cukup baik. Perlu suatu mindset baru dari Garuda Indonesia bukan saja sebagai jasa penerbangan, tapi juga bisa menjadi bisnis di bidang pariwisata di dunia karena memang tren ke depan akan seperti itu. Cinta Garuda Cinta Indonesia," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Senior Director & Country General Manager Herbalife Nutrition Indonesia Andam Dewi

Sabtu, 19 September 2020 - 21:05 WIB

Sudah 22 Tahun Menyehatkan Indonesia! Ini Pesan Bos Herbalife untuk Gaya Hidup Sehat

Jakarta–Pada hari ini, Herbalife Nutrition menggelar konser virtual dalam rangka merayakan Anniversary yang ke-22 di Indonesia. Kegiatan ini sebagai awal dari rangkaian kegiatan gaya hidup…

Bank DKI meraih 3 penghargaan sekaligus pada BUMD Marketeer Awards 2020 yang diselenggarakan oleh Mark Plus Inc

Sabtu, 19 September 2020 - 20:52 WIB

Pak Anies pun Bangga! Bank DKI Raih Penghargaan BUMD Marketeers Award

Jakarta-Bank DKI meraih 3 penghargaan sekaligus pada BUMD Marketeer Awards 2020 yang diselenggarakan oleh Mark Plus Inc.

Konferensi Pers Online Mesin Plastik & Karet Taiwan Excellence 2020

Sabtu, 19 September 2020 - 19:40 WIB

CEO TAITRA Walter Yeh: Mesin Plastik & Karet Cerdas Taiwan Mampu Hasilkan Produk Ramah Lingkungan Secara Efisien

Sebagai salah satu dari enam negara pengekspor mesin plastik dan karet terbesar di dunia, Taiwan dikenal karena menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi dengan teknologi yang disempurnakan…

Zico Kemala Batin sebagai Country Manager akan memimpin ekspansi POPS

Sabtu, 19 September 2020 - 17:33 WIB

POPS Worldwide Ekspansi ke Indonesia

POPS siap hadir di Indonesia sebagai langkah terbaru dalam upaya ekspansi agresif ke seluruh Asia Tenggara. Mulai 19 September 2020, POPS akan mulai bergerak untuk menarik masyarakat Indonesia…

HRIS Berbasis Cloud Jadi Solusi yang Relevan Dukung Produktivitas Kerja

Sabtu, 19 September 2020 - 17:00 WIB

HRIS Berbasis Cloud Jadi Solusi yang Relevan Dukung Produktivitas Kerja

Untuk mendukung bisnis dan perusahaan tetap berjalan secara optimal di tengah pandemi ini, dibutuhkan tools yang dapat membantu perusahaan dalam mengakses data perusahaan dengan mudah serta…