Saktinya Djoko Tjandra Fenomena Apa?

Oleh : Wina Armada Sukadi | Sabtu, 18 Juli 2020 - 09:30 WIB

Wina Armada Sukadi, wartawan senior (Foto Dok Industry.co.id)
Wina Armada Sukadi, wartawan senior (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Mungkin ada yang dapat memberikan “pencerahan:” ini fenomena apa? Judi recehan di permainan HP yang dilakukan iseng-iseng, diberitakan  ditangkap. Pemakai narkoba satu dua linting atau satu dua amplop juga ditangkap. Adu ayam ditangkap. Semuanya dengan cepat.

Tapi buronan kelas kakap Djoko Tjandra, diberitakan, bukannya ditangkap, sebaliknha malah dibantu dengan  fasilitas VIP. Dia masuk ke Indonesia kembali tanpa kesulitan berarti. Di imigrasi dia dilayani dengan sebaik-baiknya. Bikin KTP sampai dianter lurahnya. Red notice interpol sampai dapat terhapus.

Waktu mau diberikan surat keterangan “jalan,” diperiksa dokter polisi, dilakukan di ruang kantor sekelas jenderal. Itu pun yang diperiksa cukup Joko Tjandra yang palsunya saja.

 Adapun Djoko Tjandra yang asli diberikan jabatan sebagai “konsultan” di Polri. Melenggang bebaslah  Djoko Tjandra kemana-mana. Dia bisa datang sendiri mengajukan PK ke pengadilan negeri. Sampai akhirnya dengan bebas ngacir lagi, kabarnya naik private jet atau jet pribadi ke negeri jiran sebagai warga negara Indonesia yang “baru.”

 Kita menunggu dengan berdebar-debar, jangan-jangan nanti PKnya nanti menang pula? Betapa saktinya Djoko Tjandra‼

Alasannya: syarat formal dan material yuridisnya sudah terpenuhi. Dan kembalilah Djoko Tjandra ke Indonesia sebagai konglomerat yang bebas. Tetap kaya. Tetap berjaya. Sementara sebagian anggota parlemen terus mengusahakan agar ada UU pembinaan ideologi pancasila. Barangkali ada yang dapat memberikan “pencerahan”: ini fenomena apa ya?

Wina Armada Sukadi, wartawan senior

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Usaha Mikro PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk. Supari, di diskusi "Mendorong Usaha Mikro Bertahan di Masa Pandemi"

Selasa, 22 September 2020 - 23:15 WIB

BRI Ingatkan UMKM Agar Bantuan Presiden Digunakan Buat Modal Usaha

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero) mengharapkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memanfaatkan Bantuan Presiden (Banpres) untuk hal yang produktif agar usahanya bisa bangkit di era pandemi.

Ketua Dekopinwil Jawa Tengah Doktor Walid menerima SK pengangkatan dirinya dari Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid Dalam Muswil Dekopin Jawa Tengah di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (15/9/2020).

Selasa, 22 September 2020 - 18:57 WIB

Doktor ‘Matematika’ UGM Pimpin Dekopin Jateng, Nurdin Halid: Saya Percaya Sosok Dr. Walid

Jawa Tengah-Ketua Dekopinwil Jawa Tengah Doktor Walid menerima SK pengangkatan dirinya dari Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid Dalam Muswil Dekopin Jawa Tengah di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa…

Dropbox sampah kemasan

Selasa, 22 September 2020 - 18:38 WIB

Dukung Indonesia Bebas Sampah, Tiga Perusahaan ini Berkolaborasi Hadirkan Program Dropbox Sampah Kemasan

Aksi kolaborasi ini juga merupakan wujud dukungan sektor swasta terhadap PP RI No 97 tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah…

Presiden Joko Widodo

Selasa, 22 September 2020 - 18:22 WIB

Presiden Jokowi Instruksikan Percepatan Pembangunan Pelabuhan Patimban

Presiden Joko Widodo menginstruksikan dilakukannya percepatan pembangunan Pelabuhan Patimban yang berlokasi di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Kehadiran pelabuhan utama baru tersebut akan berperan…

Persib Bandung FC

Selasa, 22 September 2020 - 18:00 WIB

PERSIB Siapkan Pemain-Pemain Profesional

Sama seperti Saiful, Ardi Maulana atau Dudung merupakan pemain PERSIB U-20 yang berhasil masuk daftar pemain Pangeran Biru untuk kompetisi Liga 1 2020. Selain mereka, ada Kakang Rudianto dan…