Kabar Gembira! Anies Baswedan Gratiskan Biaya Sewa Rusunawa

Oleh : Ridwan | Rabu, 08 Juli 2020 - 16:40 WIB

Gubernur Jakarta Anies Baswedan
Gubernur Jakarta Anies Baswedan

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan kabar baik bagi seluruh penghuni Rusunawa di Jakarta.

Anies menggratiskan tagihan biaya sewa hunian selama masa pandemi Covid-19.

Hal ini disampaikan Anies lewat Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 61/2020 tentang Pemberian Keringanan Retribusi Daerah dan/atau Penghapusan Sanksi Administratif kepada Wajib Retribusi yang Terdampak Bencana Nasional Covid-19.

Pergub itu sudah berlaku sejak 30 Juni 2020 lalu setelah Anies Baswedan menandatangani aturan itu empat hari setelahnya.

Tak hanya menggratiskan hunian ini, Anies dalam Pergub itu juga menegaskan, pihaknya tidak akan memungut biaya Sewa lapak yang ada di rusun selama wabah mematikan masih menyebar di Ibu Kota

"Insentif yang diberikan berupa keringanan 100 persen (pemakaian Sewa unit hunian rusun)," kata Anies dalam Pergub tersebut, Rabu (8/7/2020).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukimam DKI Jakarta Sarjoko membenarkan adanya penghapusan sementara ongkos Sewa Rusunawa selama masa pandemi corona ini.

Namun hal ini tidak termasuk biaya pemakaian listrik dan air. Penggunaan kedua kebutuhan itu tetap dibebankan kepada penghuni Rusunawa.

"Intinya diberikan pembebasan biaya retribusi Sewa, tidak termasuk biaya pemakain air dan listrik. Ini Berlaku sejak 13 April 2020 sampai berakhirnya Keppres RI nomor 12/2020 tentang Penetapan Bencana Non-alam Penyebaran Covid-19 sebagai Bencana Nasional," kata Sarjoko.

Sarjoko menjelaskan, bagi penghuni yang sudah terlanjur melakukan pembayaran maka uang tersebut akan dijadikan saldo untuk pembayaran Sewa setelah rusun tak lagi digratiskan

"Penghuni Rusunawa yang telah membayarkan Sewa sebelum aturan itu diundangkan, maka uang yang disetorkan menjadi saldo untuk pembayaran Sewa selanjutnya," tutup Sarjoko.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Pemberitaan LKBN ANTARA Akhmad Munir

Kamis, 13 Agustus 2020 - 15:35 WIB

Akhmad Munir: Antara Pastikan Keselamatan Wartawan dalam Meliput

Perum LKBN ANTARA memastikan aspek keselamatan dan kesehatan para karyawan dan wartawan menjadi prioritas utama sejak pandemi COVID-19 melanda di Tanah Air.

Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan

Kamis, 13 Agustus 2020 - 15:30 WIB

Kabar Baik! Menko Luhut Pastikan Perusahaan Teknologi Asal Hongkong Bakal Tanam Modal Rp3,8 Triliun di Indonesia

Perusahaan teknologi asal Hongkong, Amperex Technology Limited (ATL) akan segera merealisasikan investasinya di Indonesia. Adapun nilai investasinya sebesar USD 2,6 miliar atau setara Rp3,8…

Wakil Tetap RI, Dubes Dian Triansyah Djani

Kamis, 13 Agustus 2020 - 15:30 WIB

Pimpin Sidang di Markas PBB, Indonesia Dorong Stabilisasi Guinea-Bissau

Indonesia dorong stabilisasi Guinea-Bissau saat memimpin pertemuan DK PBB mengenai Guinea-Bissau, yang diselenggarakan di Markas Besar PBB.

Sambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Perlombaan Diikuti oleh Seluruh WNI di Pyongyang

Kamis, 13 Agustus 2020 - 15:15 WIB

Rayakan Kemerdekaan, WNI di Pyongyang Ikuti Lomba-Lomba Khas Indonesia

KBRI Pyongnyang dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia selenggarakan berbagai perlombaan yang diikuti oleh seluruh WNI di Pyongyang sejumlah 18 orang.

Direktur Eksekutif Pusat Sosial dan Politik Indonesia (Puspolindo) Dian Cahyani

Kamis, 13 Agustus 2020 - 15:12 WIB

Ngeri! Pengamat Cantik Ini Sebut Banyak Calon Tunggal Di Pilkada, Bukti Kemerosotan Demokrasi

Jakarta-Pagelaran Pilkada serentak akan kembali diselenggaran pada 9 Desember 2020. Hampir sebagian besar bakal calon kepala daerah sudah mendapat rekomendasi partai politik untuk maju bertarung…