Kemenparekraf - Polda Banten Jalin Sinergi Salurkan Bantuan Paket BaLaSa untuk Para Pelaku Industri Parekraf di Banten

Oleh : Ridwan | Rabu, 24 Juni 2020 - 18:30 WIB

Staf Khusus Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Brigjen Pol Ady Derian Jayamarta bersama Kapolda Banten Irjen Pol Drs Fiandar setekah acara penyerahan simbolis bantuan paket BaLaSa
Staf Khusus Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Brigjen Pol Ady Derian Jayamarta bersama Kapolda Banten Irjen Pol Drs Fiandar setekah acara penyerahan simbolis bantuan paket BaLaSa

INDUSTRY.co.id - Serang - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Krearif kembali menyalurkan paket bantuan BaLaSa (Bahan Lauk Siap Saji) tahap kedua bagi para pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) terdampak Covid-19 di Provinsi Banten.

Total bantuan BaLaSa yang diberikan Kemenparekraf kepada para pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif sebanyak 5.000 paket yang dibagi menjadi tiga lokasi yaitu Tangerang Selatan, Tangerang Kota, dan Provinsi Banten.

"Iya, ini tahap kedua. Kemarin kami sudah menyerahkan 1.000 lebih paket BaLaSa kepada para pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif yang pendistribusiannya dibantu pihak Kepolisian yaitu Polres TangSel dan Polres Tangerang Kota," kata Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Dan Infrastruktur Kemenparekraf, Selliane Halia Ishak.

Untuk tahap kedua ini, Kemenparekraf menyerahkan 3.762 paket BaLaSa. Dalam penyaluran bantuan paket BaLaSa tersebut, Kemenparekraf menggandeng pihak kepolisian dari jajaran Polda Banten.

Kapolda Banten Irjen Pol Drs Fiandar mengatakan sangat berterimakasih dan mengapresiasi atas bantuan yang di berikan.

"Saya sangat berterimakasih kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang telah memberikan bantuan tersebut kepada masyarakat Provinsi Banten khususnya kepada pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif," katanya, Rabu (24/06/2020).

Ditambahkan Fiandar, bantuan tersebut dapat mengurangi dampak terhadap masyarakat pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Dengan bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat yang sedang dilanda kesusahan atau pun terganggu sedikit ekonominya, dan bantuan ini akan dibagikan ke 6 Kabupaten/Kota di wilayah hukum Polda Banten," tambahnya.

Ia menjelaskan terkait pembagiannya menggunakan sistem door to door dan Polda Banten akan dibantu oleh personel dari Korem 064/MY.

"Untuk teknis pembagiannya, menggunakan sistem door to door system jadi bantuan ini akan didistribusikan langsung kepada orang-orang yang nama-namanya telah diinformasikan kepada kami. Dan saya juga minta bantuan dari Bapak Danrem 064/MY untuk bersama-sama mendistribusikan bantuan ini, dan personel Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang akan terjun langsung untuk menyalurkannya secara humanis kepada masyarakat. Dan ini merupakan bentuk sinergitas TNI-POLRI dalam melayani masyarakat," jelasnya.

Di tempat yang sama, Staf Khusus Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Brigjen Pol Ady Derian Jayamarta menjelaskan bahwa saat ini sektor pariwisata juga merasakan dampak dari pandemi Covid-19.

"Kami merasa gembira karena sudah dapat memberikan satu bantuan kepada Provinsi Banten, dimana bantuan ini merupakan perhatian dari Kementerian kepada masyarakat pariwisata," katanya.

Menurut Ady, industri pariwisata menjadi sektor yang paling terdampak dari adanya pandemi Covid-19. "Situasi ini mendorong kami dari Kemenparekraf untuk memberika  bantuan kepada para pelaku pariwisata," ungkapnya.

"Dan saya juga mengucapkan terimakasih kepada Bapak Kapolda Banten dan Bapak Danrem 064/MY yang telah membantu kami untuk menyalurkan bantuan ini," tutup Ady.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Jumat, 26 April 2024 - 06:47 WIB

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Grup RS Siloam, National University of Singapore (NUS) Yong Loo Lin School of Medicine, dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology (MRIN) menjalin kerjasama strategis untuk memajukan penelitian…

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Jumat, 26 April 2024 - 06:39 WIB

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri agenda halalbihalal Himpunan Pengembang Jalan Indonesia (HPJI) di Jakarta, Kamis (25/4). Hadir mendampingi Menteri…

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.