Yayasan Kemanusiaan Kadin Salurkan 3500 Paket Sembako untuk Kaum Marjinal Jakarta

Oleh : Ridwan | Kamis, 04 Juni 2020 - 16:05 WIB

Ketua Yayasan Kemanusiaan Kadin Indonesia, Rosan P. Roeslani saat menyalurkan paket bantuan corona
Ketua Yayasan Kemanusiaan Kadin Indonesia, Rosan P. Roeslani saat menyalurkan paket bantuan corona

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Bantuan paket sembako kembali diberikan dari kalangan dunia usaha kepada pihak yang terimbas pandemi COVID-19. 

Kali ini melalui Yayasan Kemanusiaan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia memberikan 3500 paket sembako ke Jaringan Rakyat Miskin Kota (JRMK) Jakarta, yakni organisasi non pemerintah yang memperjuangkan kepentingan dan advokasi kaum marjinal perkotaan.

Bantuan sembako diserahkan oleh Ketua Yayasan Kemanusiaan Kadin Indonesia, Rosan P. Roeslani dan diterima secara langsung oleh koordinator Jaringan Rakyat Miskin Kota (JRMK) Jakarta, Eny Rochayati, di Kampung Aquarium I, Penjaringan, Jakarta Utara (4/6/2020). 

Paket bantuan terdiri dari beras, minyak, gula, mie telor, sarden dan nugget ayam. Rencananya paket sembako ini akan disalurkan kepada masyarakat marjinal di 23 titik, tersebar di wilayah Jakarta Utara dan Barat yang sudah terdata sebelumnya oleh JRMK.

"Alhamdulillah, kami atas nama Yayasan Kemanusiaan Kadin Indonesia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah berpartisipasi dalam bantuan ini. Semangat gotong royong dan kebersamaan semoga dapat kita pelihara dengan baik, terutama dalam menghadapi situasi seperti sekarang ini," ungkap Ketua Yayasan Kemanusiaan Kadin Indonesia, Rosan P. Roeslani.

Dia mengatakan, hampir semua sektor usaha dan juga semua lapisan masyarakat ikut terdampak Pandemi Covid-19. Namun kali ini, pihaknya ingin mewujudkan kepedulian terhadap marsyarakat marjinal perkotaan Jakarta.

"Kegiatan seperti ini juga sejalan dengan program pemerintah dan berharap dapat ikut meringankan beban masyarakat atas dampak Pandemi Covid-19," kata dia.

Lebih lanjut Rosan mengatakan, jelang pemberlakuan New Normal pihaknya berharap agar masyarakat marjinal perkotaan tetap ikut serta menjalankan protokol kesehatan dan kembali beraktivitas dengan aman.

"Tentunya kita mengharapkan agar perekonomian bisa kembali bangkit ya, kesulitan masyarakat pun bisa segera teratasi. Di masa new normal nanti tentu ada adaptasi dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, harus tetap produktif dengan memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku," tegas Rosan.

Koordinator JRMK, Eny Rochayati menyatakan apresiasinya atas Kepedulian Kadin terhadap kaum marjinal perkotaan. 

Menurutnya, selama ini pihaknya telah membuat berbagai program dan advokasi bagi kepentingan kaum marjinal, diantaranya gerakan kelompok usaha bersama, pengorganisasian Pedagang Kaki Lima (PKL), pengorganisasian tukang becak hingga pengorganisasian komunitas sekolah kaum marjinal. 

"Upaya advokasi yang kami lakukan bertujuan agar rakyat miskin memiliki kesadaran akan hak-haknya sebagai Warga Negara Indonesia yang dijamin oleh konstitusi. Yang utama adalah hak-hak dasar rakyat, meliputi hak atas pendidikan, pelayanan kesehatan, dan hak atas identitas," ungkapnya.

Dia mengatakan, segala bentuk dukungan dari kalangan dunia usaha akan sangat berarti bagi kepentingan rakyat di akar rumput. Pihaknya berharap taraf hidup kaum marjinal perkotaan di Jakarta ke depan akan semakin membaik setiap tahunnya.

Dia memaparkan, bantuan paket sembako akan disalurkan ke 23 titik dengan melibatkan RT/RW masing-masing wilayah, diantaranya Kolong Tol Rawa Bebek, Kawasan Papanggo, PKL Volvo, PKL Kaliadem, Kopeka, PKL Pelabuhan Sunda Kelapa.

Selanjutnya, PKL Budi Mulya, Lengkong, Kaliapuran, Elektro, Marlina, Tongkol, Krapu, Akuarium, Blok Limbah, Muka, Rawa Timur, Lodan, Gedong Pompa, Rawa Barat, Kunir, Pademangan Barat dan 10 Pangkalan Becak. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Grabwheels (Doc: Grab.com)

Senin, 13 Juli 2020 - 21:25 WIB

Kabar Gembira! Skuter Siap Mengaspal Kembali

Kementerian Perhubungan RI telah menerbitkan Peraturan Menteri yang mengatur skuter, otopet, dan sepeda listrik. Dalam beleid yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan RI No. 45 Tahun…

Startup (Ist)

Senin, 13 Juli 2020 - 20:40 WIB

Bangga! Startup Binaan Kemenperin Raih Penghargaan Internasional di Jerman

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memberikan apresiasi kepada PT. Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB) yang terpilih sebagai pemenang Hermes Startup Award 2020 di Jerman.

Pembangunan PLBN Sei Pancang di Kaltara Kurangi Disparitas di Wilayah Perbatasan

Senin, 13 Juli 2020 - 18:00 WIB

Pembangunan PLBN Sei Pancang di Kaltara Kurangi Disparitas di Wilayah Perbatasan

- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melanjutkan pembangunan infrastruktur guna meningkatkan daya saing nasional dan pemerataan hasil pembangunan, sekaligus mengurangi…

Ikan Kakap Putih Ambon (Foto Ist)

Senin, 13 Juli 2020 - 17:30 WIB

Ikan Kakap Putih Ambon Sebagai Pemenuhan Gizi Bagi Pasien COVID-19

Ratusan ikan kakap putih atau barramundi dipanen oleh kelompok budidaya Botol Bekas di Ambon, Maluku, Sabtu (11/7/2020). Selain kakap putih, jenis ikan lainnya seperti kerapu dan kuwe juga dipanen…

Menteri BUMN Erick Thohir saat memberikan hadiah untuk penemu uang ratusan juta di KRL

Senin, 13 Juli 2020 - 17:05 WIB

BRI, BNI, Mandiri Hingga Telkomsel Ramai-ramai Beri Hadiah Ratusan Juta untuk Sang Penemu Uang Rp500 Juta di KRL

Perusahaan Badan Usaha Milik Negara alias BUMN keroyokan memberi hadiah kepada petugas KRL Commuterline, Mujenih dan Egi Sandi yang menemukan uang Rp500 juta dan berhasil dikembalikan utuh ke…