Jelang Idul Fitri, Pertamina Pastikan Pasokan BBM Lancar di Sepajang Jalur Mudik Jakarta-Surabaya

Oleh : Hariyanto | Kamis, 21 Mei 2020 - 16:49 WIB

BBM, SPBU (Foto/Rizki Meirino)
BBM, SPBU (Foto/Rizki Meirino)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Menjelang hari raya Idul Fitri, PT Pertamina (Persero) memastikan pasokan dan distribusi BBM di sepanjang jalur mudik Jakarta hingga Surabaya tetap lancar seperti tahun-tahun sebelumnya.

Demi memantau kelancaran distribusi BBM, Komisaris Pertamina Condro Kirono dan Direktur Pemasaran Ritel Pertamina Mas'ud Khamid didampingi SVP Business Operation Yanuar Budi Hananto melakukan management walkthrough (MWT) ke beberapa titik SPBU di sepanjang Tol Trans Jawa dan Terminal BBM Pengapon pada Rabu (20/5/2020) dan Kamis (21/5/2020).

Pada hari pertama, melalui jalan darat, rombongan singgah di SPBU KM 57, SPBU KM 228, SPBU KM 379, dan berakhir di TBBM Pengapon. Hari kedua, rombongan melanjutkan perjalanan ke SPBU KM 519, SPBU KM 626, SPBU KM 725, dan berakhir di SPBU COCO Dupak—Surabaya.

Mas'ud Khamid menegaskan, Pertamina tetap memastikan pasokan BBM berjalan lancar agar masyarakat tidak resah.  "Apalagi sekarang semua orang tetap tinggal di rumah karena adanya COVID-19," ujarnya. 

Seperti diketahui, sebagai salah satu tujuan utama mudik, konsumsi BBM di Jawa Tengah dan DIY yang merupakan wilayah kerja Marketing Operation Region (MOR) IV mengalami penurunan pada tahun ini. 

Pada tahun lalu, realisasi penyaluran BBM jenis gasoline (Premium, Pertalite dan Pertamax Series) meningkat 26% dari rata-rata konsumsi harian normal menjadi 15.000 kiloliter (kl).

Namun, pada tahun ini perkiraan konsumsi harian BBM jenis gasoline hanya berkisar di angka 9.800 kl atau turun hampir 40%. Untuk BBM jenis gasoil (Solar dan Dex Series) juga mengalami penurunan dari tahun lalu, dari 5.800 kl per hari menjadi 5.000 KL atau turun 14%.

Penurunan konsumsi BBM tersebut juga menunjukkan pemberlakuan aturan dilarang mudik diawasi dengan ketat. Oleh karena itu, Pertamina tidak membuka titik-titik SPBU modular di jalan tol Trans Jawa yang menjadi jalur utama pemudik.

Namun  demikian, stok BBM di 7 titik SPBU regular yang berada di Jalur Tol Trans Jawa (wilayah MOR IV) tetap disiagakan dan dalam jumlah yang cukup.

Adapun ketujuh titik SPBU regular tol Trans Jawa yang berada di wilayah MOR IV, yaitu SPBU Jalur A arah ke Surabaya di KM. 379, 429 dan 519 serta SPBU jalur B ke Jakarta yaitu di KM. 260, 360, 389 dan 519.

Pertamina tetap melakukan pengawasan dan penyaluran BBM kepada konsumen dengan menyiagakan satgas  hingga akhir Juni 2020. Namun, jika dampak pandemi COVID-19 ini berlanjut, tidak menutup kemungkinan satgas dilanjutkan hingga pandemi berakhir.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Para pemudik lebaran yang hendak pulang kampung (ist)

Senin, 25 Mei 2020 - 07:08 WIB

Jubir COVID-19: Pemudik Jangan Kembali ke Jakarta Dulu

“Pahami, bahwa dalam situasi yang saat ini terjadi, kita tidak boleh menggunakan cara pikir, cara tindak, seperti situasi di masa-masa lalu. Inilah yang kemudian beberapa kali pemerintah,…

Perjalanan Bisnis Akim dari Penjual Nasi Liwet Ke Suplier Scrab

Senin, 25 Mei 2020 - 07:00 WIB

Perjalanan Bisnis Akim dari Penjual Nasi Liwet Ke Suplier Scrab

Semula Akim menekuni penjual nasi liwet, namun wanita asal Solo ingin meningkatkan penghasilan dengan mencoba peluang baru dibidang Suplier Scrab

Menkeu Sri Mulyani (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 25 Mei 2020 - 06:00 WIB

DRP Nilai Menkeu Sri Mulyani Tak Hormati Kesepakatan Politik

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berkirim surat kepada DPR RI untuk mengonsultasikan kebijakannya yang belakangan banyak dikritik kalangan legislator di Parlemen, terutama Komisi XI DPR…

Bintara Marinir Sidoarjo Tingkatkan Ketahanan Pangan dengan Teknik Hidroponik

Senin, 25 Mei 2020 - 04:00 WIB

Bintara Marinir Sidoarjo Tingkatkan Ketahanan Pangan dengan Teknik Hidroponik

Dalam rangka peningkatan ketahanan pangan, Bintara Tidur Dalam Yonif 3 Marinir bercocok tanam menggunakan teknik Hidroponik dan Aquaponik di Mess Bintara Yonif 3 Marinir Gedangan, Sidoarjo,…

Presiden Jokowi

Minggu, 24 Mei 2020 - 20:40 WIB

Presiden Jokowi: Jadikan Idul Fitri Momen Menjaga Kesatuan Bangsa

Presiden Joko Widodo mengatakan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441H yang jatuh pada Minggu, 24 Mei 2020 merupakan momentum untuk menjaga kesatuan bangsa. Pernyataan ini disampaikan Presiden…