Physical Distancing, Not Spiritual Distancing

Oleh : Aloma Sarumaha, Plt. Dirjen Bimas Katolik | Minggu, 05 April 2020 - 22:41 WIB

Minggu Palma
Minggu Palma

INDUSTRY.co.id - Salam damai untuk kita semua. Hari ini adalah Hari Minggu Palma, di mana umat Katolik sedunia memasuki penghujung puasa 40 hari dengan kunjungan Yesus ke Yerusalem, sebuah kunjungan yang meminta perhatian dan mengundang kehadiran banyak orang (keramaian dan kerumunan). 

Seharusnya kita bisa seperti orang-orang di Yerusalem mengelu-elukan Dia, melambaikan daun palma dan menyanyi bersama lagu “Yerusalem Yerusalem lihatlah Rajamu”. Tapi paradoks Hari Minggu Palma ini kita dipaksa harus diam di rumah, tidak boleh berkumpul merayakan perayan ekaristi di gereja bersama orang banyak (karena harus physical distancing: jaga jarak) walaupun untuk beribadat memuji dan memuliakan Tuhan.

Untuk saat ini, dengan wabah COVID-19, menjauhi keramaian dan/atau kerumunan menjadi sebuah tindakan bersama untuk menjaga kehidupan bersama agar tetap terjamin sehat. Salah satu aspek hidup sehat adalah sehat secara rohani dan/atau spiritual. Physical distancing penting dilakukan oleh semua, namun jangan sampai karena itu berkembang spiritual distancing. 

Physical distancing yes, tetapi spiritual distancing no. Solidaritas spiritual atau solidaritas rohaniah menjadi salah satu aksi yang perlu dikuatkan agar semangat hidup tetap bergelora bahwa Tuhan tidak pernah membiarkan umat-Nya menderita. Tuhan selalu mempunyai cara untuk menyelamatkan umat-Nya, termasuk melalui usaha para ahli yang berjuang menemukan serum melawan COVID -19.

Sejarah telah menunjukkan kepada kita bahwa komunitas kolaboratif dan saling mendukung adalah komunitas yang paling berhasil dalam pemulihan yang berkelanjutan dari bencana besar. Belajar dari bencana di Jepang, dukungan emosional, dukungan sosial, kekuatan sesama melalui jejaring sosial bisa memulihkan lebih baik, apalagi dukungan rohani, dukungan spiritual dan pertolongan Tuhan sendiri dari tempat yang maha tinggi!

Saya berharap, agar physical distancing, tidak berkembang menjadi spiritual distancing. Saling menguatkan, menguduskan, dan mendoakan meski secara fisik tidak hadir dalam waktu dan ruang yang sama. Dengan demikian social distancing menyehatkan tubuh, dan mendapat kesempurnaan dalam kualitas spiritual karena Tuhan selalu punya cara menyelamatkan umat-Nya.

Aloma Sarumaha (Plt. Dirjen Bimas Katolik)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT. Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) (“Bahana”) Holding Perasuransian dan Penjaminan

Minggu, 31 Mei 2020 - 10:00 WIB

Semangat Pancasila Jadi Dasar Pelaksanaan 'New Normal' di Holding Asuransi dan Penjaminan

Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2020 merupakan perayaan lahirnya Pancasila yang berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya, karena saat ini dirayakan ditengah diberlakukan…

Galaxy A11 Tampak Belakang White

Minggu, 31 Mei 2020 - 09:55 WIB

Andalkan Fitur Kekinian, Samsung Galaxy A11 Dibanderol Hanya Rp 1.999.000 Pada Flash Sale

Samsung Electronics Indonesia kembali meluncurkan varian terbaru keluarga Galaxy A series, yakni Galaxy A11. Smartphone yang dirancang untuk Gen Z yang dilengkapi dengan beragam fitur esensial…

Ilustrasi rumah tahanan. (Romeo Gacad/AFP)

Minggu, 31 Mei 2020 - 09:53 WIB

Kabid Humas Papua: Tidak Ada Tahanan Polda Papua yang Positif Covid-19, Semuanya dalam Kondisi Sehat

Jayapura–Pada hari Sabtu tanggal 30 Mei 2020, beredarnya informasi di media sosial maupun media online bahwa Puluhan tahanan di Polda Papua Positif Covid-19 itu tidak benar atau Hoax.

Prof Wiku Adisasmito BNPB

Minggu, 31 Mei 2020 - 09:20 WIB

11 Indikator Kesehatan Daerah Bisa Beraktivitas Normal

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menyebutkan terdapat 11 indikator kesehatan masyarakat agar bisa kembali ke aktivitas ekonomi produktif dan aman…

Penelitian Kelalawar (ist)

Minggu, 31 Mei 2020 - 09:02 WIB

Astaga...Peneliti China Akui Virus Corona Bukan Berasal dari Pasar Hewan di Wuhan!

Peneliti China Mengakui Bahwa Virus Corona Bukan Berasal dari Pasar Tradisional di Wuhan. Pengakuan mengejutkan dunia internasional ini berasal dari seorang peneliti senior yang juga pejabat…