ASLI RI Jadi Biometric Security Pertama Di Indonesia

Oleh : Herry Barus | Jumat, 27 Maret 2020 - 08:26 WIB

ASLI RI Jadi Biometric Security Pertama Di Indonesia
ASLI RI Jadi Biometric Security Pertama Di Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta  -- Di tengah isu wabah virus cofid19 ( corona), kehadiran  perusahaan Biometric Security pertama di Indonesia bernama ASLI RI tentu hal yang menggembirakan. Apalagi ASLI RI  telah memiliki sertifikasi FIDO2 Server Certificate dan menggunakan model keamanan berbasis kriptografi. Itu artinya produk tersebut telah memenuhi standar open banking Eropa, PSD2 dan juga The European GDPR (EU-GDPR). Yang masing-masing adalah regulasi privasi data yang paling ketat saat ini.

Sebagai perusahaan rintisan Intelligent eKYC as-a-service yang menggunakan teknologi canggih berbasis AI Biometric Matching System untuk fraud prevention dan verifikasi/identifikasi jati diri seseorang, ASLI RI sudah terbukti dan di implementasi di Lembaga Penegak Hukum di Indonesia seperti di Polri, BIN, BNN, dan BNPT.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mencatat perusahaan ini sebagai penyedia teknologi Inovasi Digital Keuangan (IKD) per 18 Maret 2020, dengan nomor Surat No S-130/MS.72/2020.

Dengan berdasarkan Surat Keputusan OJK tertanggal 18 Maret 2020, ASLI RI telah memenuhi semua ketentuan dalam Peraturan OJK No. 13/2018 dan hukum yang berlaku sehingga dengan Tanda Bukti Tercatat ini, ASLI RI dapat menjalin kerja sama dengan Lembaga Jasa Keuangan yang terdaftar dan/atau mendapat izin di Otoritas Jasa Keuangan.

Selanjutnya, ASLI RI harus mengikuti proses Regulatory Sandbox, suatu instrumen dan proses akreditasi formal, yang dipakai oleh OJK untuk menguji model bisnis, produk, layanan, dan teknologi yang digunakan oleh suatu perusahaan financial technology (fintech).

Irjen. Pol. (Purn.) Drs. Arief Dharmawan, S.H., M.M., selaku CEO dari ASLI RI, mengatakan, "Terima kasih kepada Ibu Nurhaida selaku Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK dan Pak Triyono selaku Kepala Group Inovasi Keuangan Digital (IKD) atas kepercayaannya dan yang selalu support kami dalam proses ini".

"Buat kami, peristiwa ini menjadi pencapaian dan validasi menuju berkembangnya kepercayaan para pelaku perbankan, perusahaan pembiayaan dan fintek kepada ASLI RI sebagai penyedia solusi Intelligent eKYC as-a-service untuk membantu mereka dalam mengurangi risiko kredit dan mencegah terjadinya fraud didalam proses eKYC mereka', tambah Arief.

Lebih lanjut Arief mengatakan, "Service kami yang real-time ini pun dapat meningkatkan kepuasan nasabah karena proses yang instan dalam hitungan detik, otomatis tanpa human intervention, akurat dan yang terpenting adalah membantu meningkatkan inklusi keuangan".

Komisaris ASLI RI saat ini, Robert Rompas, yang merupakan seorang ex-banker dan telah mempunyai pengalaman lebih dari 30 tahun di dunia Perbankan, juga menambahkan, “Saat ini banyak Lembaga Jasa Keuangan mulai melakukan transformasi digital di bisnis prosesnya. Disinilah solusi dan kemampuan Intelligent eKYC dari ASLI RI akan membantu Lembaga Jasa Keuangan dalam mengambil keputusan yang lebih cepat dan akurat pada berbagai bidang, seperti fraud prevention, penjaminan, akuisisi pelanggan, manajemen pelanggan dan melakukan terobosan digital lainnya”. (AMZ)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…