SENAWANGI Susun Strategi Perkenalkan Wayang Kepada Millenial

Oleh : Amazon Dalimunthe | Kamis, 12 Maret 2020 - 08:30 WIB

Kuat Prihatin, S.Sos.,M.M ( mewakili DirJen Kebudayaan) berjabat tangan dengan Drs. Suparmin Sunjoyo (Ketua Umum SENA WANGI). Didampingi Sumari, S.Sn (Sekum), dan Eny Sulistyowati S.Pd , MM (Humas SENA WANGI), di acara Rapat Koordinasi (RAKOR) Organisasi Pewayangan, di ruang sarasehan Gedung Pewayangan Kautaman, Jakarta Timur.
Kuat Prihatin, S.Sos.,M.M ( mewakili DirJen Kebudayaan) berjabat tangan dengan Drs. Suparmin Sunjoyo (Ketua Umum SENA WANGI). Didampingi Sumari, S.Sn (Sekum), dan Eny Sulistyowati S.Pd , MM (Humas SENA WANGI), di acara Rapat Koordinasi (RAKOR) Organisasi Pewayangan, di ruang sarasehan Gedung Pewayangan Kautaman, Jakarta Timur.

INDUSTRY.co.id - JAKARTA—Di tengah gempuran teknologi Informasi  yang semakin berkembang dan massif seperti sekarang ini, upaya memperkenalkan wayang kepada kaum milenial menjadi tantangan tersendiri. Dibutuhkan upaya dan strategi khusus untuk memperkenalkan wayang kepada kaum milenial. Sebab jika tidak lama kelamaan wayang akan ditinggalkan dan dilupakan.  Tergantikan oleh budaya baru yang beum tentu sesuai dengan falasafah hidup orang Indonesia.

Demikian mengemuka dalam Rapat Koordinasi tahunan organisasi pewayangan Indonesia dibawah naungan Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia (SENA WANGI) yang berlangsung di Museum Pewayangan Kautaman, Taman Mini Indonesia Indah, Selasa (10/3) kemarin. Pertemuan tersebut menghadirkan organisasi-organisasi pewayangan, sanggar/komunitas wayang, lembaga pendidikan seni yang terkait dengan pewayangan, museum maupun dinas pemerintah yang peduli pada pelestarian wayang Indonesia.

Ketua Umum SENA WANGI Drs Suparmin Sunjoyo mengatakan, di era  milenial saat ini, salah satu tantangan terbesar mereka adalah bagaimana cara menanamkan kecintaan seni pertunjukan wayang  kepada anak-anak muda generasi milenial. " Saat ini, jarang anak muda yang betah menyaksikan pertunjukan wayang sampai selesai. Apalagi jika pertunjukan itu berlangsung hingga pagi hari. Karena itu kita harus punya strategi bagaimana agar generasi muda kita menyukai pertunjukan wayang. Kemasannya mau tak mau harus disesuaikan." ,”kata Suparmin.

Salah satu upaya mendekatkan wayang dengan anak muda adalah mengkolaborasi dengan unsur modern, seperti digitalisasi wayang. Nnamun bukan berarti wayang klasik dengan pakemnya harus dihilangkan. Karena semua ada pasarnya, masing-masing punya segmen. "Untuk bisa diterima generasi muda memang kita perlu trobosan, seperti digitalisasi wayang dengan cerita yang lebih simpel dan kekinian. Unsur-unsur modern bisa dimasukkan di pertunjukan wayang. Meski ada usaha menggabungkan unsur modern, tapi kita juga tetap harus menghadirkan wayang dengan kemurniannya dan tetap mempertahankan pakem-pakemnya. Karena ini juga ada peminatnya. Jadi kita jalani saja semuanya. Masing-masing tetap jalan dengan sekmen yang dimilikinya" kata Suparmin.

Sementara Humas SENA WANGI, Eny Sulistyowati mengatakan Rakor organisasi pewayangan tahun 2020 itu mengambil tema ”Bergerak Bersama Memajukan Wayang Indonesia”. Di sini dibutuhkan kerjasama kuat antar stakeholder pewayangan. "Kita juga butuh suport pemerintah untuk mempromosikan ke manca negara. Seperti nanti di bulan Juni kita akan ke tiga kota Eropa, Bled (Slovenia), Vienna Velden (Austria) dan Trieste (Italy). Untuk yang di Italy kita masih butuh konfirmasi lagi," kata Eny.

Rakor Organisasi Pewayangan itu sendiri dihadiri perwakilan dari SENA WANGI (Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia), PEPADI (Persatuan Pedalangan Indonesia), APA (ASEAN Puppetry Association) Indonesia, UNIMA (Union Internationale de la Marionnette) Indonesia dan PEWANGI (Persatuan Wayang Orang Indonesia). Selain itu juga hadir perwakilan dari sanggar-sanggar terkemuka dari seluruh Indonesia, antara lain; Sanggar Budaya Rumah Cinta Wayang, yang dipimpin Dwi Woro Retno Mastuti.

Sementara narasumber dan tokoh yang hadir antara lain Kuat Prihatin, S.Sos.,M.M (Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  RI),  Drs. H. Solichin (Ketua Dewan Kebijakan SENA WANGI), Drs. Suparmin Sunjoyo (Ketua Umum SENA WANGI), Sumari, S.Sn (Sekretaris Umum SENA WANGI), Eny Sulistyowati S.Pd , MM (Kepala Bidang Humas SENA WANGI), Kondang Sutrisno (Ketua Umum PEPADI), Hari Suwasono (APA Indonesia), Dubes Samodra Sriwidjaja (Ketua Umum UNIMA Indonesia), Prof. Teguh Supriyanto (Guru Besar Sastra Universitas Negeri Semarang), Dr. Sri Teddy Rusdy, SH M.Hum (Akademisi), Mohamad Sobary (Budayawan), Romo F.X. Mudji Sutrisno (Budayawan dan Akademisi). (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Brigif 2 Marinir Tingkatkan Kemampuan Tempur

Minggu, 20 September 2020 - 05:30 WIB

Brigif 2 Marinir Tingkatkan Kemampuan Tempur

Latihan yang diselenggarakan Pantai Baruna Kondang Iwak ini merupakan daerah latihan baru Puslatpurmar 4 Purboyo Kolatmar yang dilaksanakan kurang lebih 1 minggu ini mengusung sejumlah materi,…

Kaesang Pangarep (Foto Dok PR)

Minggu, 20 September 2020 - 05:10 WIB

Kaesang Pangarep Putra Presiden Jokowi Sebagai Korban Penipuan Bisnis

Karopenmas Polri Brigjen Pol Awi Setiyono mengungkapkan, opsi pertama yang mungkin bisa ditempuh penyidik yaitu memperlakukan para tersangka sesuai Undang-Undang Sistem Peradilan Pidana Anak…

Prajurit Pamtas Yonif 413 Kostrad Terlibat Pindahkan Rumah Panggung Warga Skouw Sae

Minggu, 20 September 2020 - 05:00 WIB

Prajurit Pamtas Yonif 413 Kostrad Terlibat Pindahkan Rumah Panggung Warga Skouw Sae

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413/Bremoro Kostrad Mayor Inf Anggun Wuriyanto S.H., M.Han mengatakan bahwa proses pindah rumah yang dilaksanakan di Kampung Skouw Sae tersebut dinilai unik…

Kaskogartab II/Bandung Resmikan Musholla dan Donasi Paket Sembako

Minggu, 20 September 2020 - 04:30 WIB

Kaskogartab II/Bandung Resmikan Musholla dan Donasi Paket Sembako

Kegiatan Baksos yang diselenggarakan oleh Kogartap II/Bdg akan berjalan di setiap wilayah dimulai dari tanggal 14 sampai dengan 22 September 2020 dengan sasaran masyarakat yang kurang mampu.…

Satgas Yonif 413 Bremoro Jalin Tali Silaturahmi Bersama Masyarakat Kampung Kibay Papua

Minggu, 20 September 2020 - 04:02 WIB

Satgas Yonif 413 Bremoro Jalin Tali Silaturahmi Bersama Masyarakat Kampung Kibay Papua

mengajak masyarakat khususnya pemuda untuk belajar bercocok tanam dilahan ketahanan pangan yang baru kami garap dua minggu lalu, hal tersebut merupakan upaya kita dalam memasok ketersediaan…