Setelah Warganya yang Terinfeksi Virus Corona Dimatikan, Kim Jong Un Ancam Tembak Mati Warga China yang Masuk Korut

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 07 Maret 2020 - 08:55 WIB

Presiden Korut Kim Jong Un (images NYTimes)
Presiden Korut Kim Jong Un (images NYTimes)

INDUSTRY.co.id - Korut, Penanganan berbeda dan ekstrem dalam menghadapi wabah virus corona atau Covid-19 dilakukan oleh Pemerintahan Korea Utara. 

Kim Jong-un Pemimpin Tertinggi Republik Demokratik Rakyat Korea, atau yang lebih dikenal dengan Korea Utara mengeluarkan perintah tembak di tempat bagi orang orang yang poaitif terinfeksi virus corona terutama bagi para pendatang dari china yang mencoba masuk ke negaranya. 

Peringatan Kim Jong Un tersebut bukan main-main, sebelumnya pemerintah telah menembak mati seorang pejabat publik yang terinfeksi virus corona.  

Hal tersebut dilakukan karena sang pegawai di bidang perdagangan Korea Utara tersebut diduga terinfeksi virus corona setelah melakukan perjalanan dari China.

Pejabat tersebut dikabarkan sebelumnya menjalani proses isolasi dan tidak diperkenankan meninggalkan area karantina.

Namun karena melanggar peraturan dengan pergi kepemandian umum, maka sanksi militer segera diberlakukan untuk pejabat tersebut.

Selain menembak mati pejabatnya, Kim Jong Un juga menerbitkan surat larangan melintasi perbatasan. 

Mandat tersebut merupakan bagian dari antisipasi negeri ginseng itu terhadap merebaknya wabah virus corona. 

Mandat tersebut dikhususkan bagi masyarakat Jian dan Baishan yang berlokasi di wilayah perbatasan sebelah timur laut China-Korea Utara. 

Seperti diketahui, Korut dan China berbagi wilayah perbatasan sepanjang 1.400 kilometer (800 mil).

Perbatasan antara China di kota jian dan korea utara di tandai dengan aliran sungai yalu yang mengalir di wilayah kedua negara itu.

Pada musim dingin, sungai disana kerap membeku sehingga memudahkan warga untuk menyeberang perbatasan.

Melansir Reuters, Otoritas China memerintahkan warganya untuk menjauhi area perbatasan dengan Korea Utara demi mencegah risiko ditembak oleh tentara negara tersebut.

Perintah dari otoritas China tersebut disampaikan berdasarkan pemberitahuan tertulis yang di sebar di kota Jian dan kota Baishan,  Kamis (5/3).

“Kami diberi tahu kemungkinan akan tewas ditembak apabila berada terlalu dekat di wilayah perbatasan," kata seorang pemilik restoran di Jian.

Dampak peringatan tersebut, Para warga China dilarang memancing, menggembalakan ternak, atau membuang sampah dekat sungai.

"Petugas keamanan akan mengawasi wilayah perbatasan selama 24 jam sehari dan tiap orang yang ditemukan (mendekati perbatasan) akan ditahan oleh kepolisian China. Mereka yang memaksa mendekati perbatasan akan ditembak (oleh tentara Korut)," jelas otoritas setempat dalam surat peringatan itu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 10:29 WIB

Ciptakan Ruang Rekreasi Kolaboratif, HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Dalam upaya meningkatkan fasilitas dan kepuasan penghuni apartemennya, anak perusahaan PT Hutama Karya (Persero) yaitu PT HK Realtindo (HKR) menjalin kerjasama dengan PT All Play Indonesia (All…

Bahana TCW

Sabtu, 27 April 2024 - 10:00 WIB

Ingin Memulai Berinvestasi di Reksa Dana Syariah, Perhatikan Hal Ini Agar Tak Salah Pilih

Sebagai salah satu negara dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, menemukan investasi dengan konsep syariah tentu tak sulit di Indonesia. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan…

Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Sabtu, 27 April 2024 - 09:12 WIB

Meski Diguyur Hujan Deras, Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Biasanya kalau acara di tempat terbuka diguyur hujan akan ditinggalkan penonton, tapi lain halnya saat Acara Film SyirikSyirik Neraka Pesisir Laut Selatan Goes To School di SMA N 1 Gamping Yogyakarta…

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Sabtu, 27 April 2024 - 09:06 WIB

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Diusia Satu Dekade, FORWAN akan terus berbenah, Forwan akan terus melaju, agar kesejahteraan anggota maju. Hal tersebut diungkapkan Sutrisno Buyil selaku Ketua Umum FORWAN pada perayaan ulang…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Sabtu, 27 April 2024 - 08:58 WIB

Kementerian PUPR Rampungkan Penataan Kawasan Pesisir Labuang Sebagai Destinasi Wisata Baru di Majene

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya telah merampungkan penataan Kawasan Pesisir Labuang di Kabupaten Majene sebagai destinasi wisata…