Panglima TNI Berharap Dukungan Logistik Operasi TNI Lebih Optimal

Oleh : Herry Barus | Kamis, 13 Februari 2020 - 05:00 WIB

Kogasgabpad Sosialiasasi Penanganan Virus Corona di Natuna
Kogasgabpad Sosialiasasi Penanganan Virus Corona di Natuna

INDUSTRY.co.id - Jakarta-  Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. diwakili Irjen TNI Letjen TNI M. Herindra, M.A., M.Sc membuka secara resmi Rapat Koordinasi Logistik Tentara Nasional Indonesia Tahun Anggaran 2020 (Rakorlog TNI TA. 2020) di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (12/2/2020).

Panglima TNI dalam amanatnya yang dibacakan Letjen TNI Herindra mengharapkan Rakorlog ini dapat memberikan kontribusi untuk memecahkan berbagai permasalahan dalam dukungan logistic bagi operasi TNI di masa yang akan datang, baik Operasi Militer untuk Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP), dapat terlaksana secara lebih optimal.

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menilai, tema “Komunitas Logistik Siap Mendukung Terwujudnya TNI Yang Kuat, Unggul, Maju dan Mandiri Guna Keberhasilan Pelaksanaan Tugas Pokok” sangat tepat untuk menyikapi situasi dan kondisi yang dihadapi pada tahun 2020.

Panglima TNI menekankan, Pertama, rencanakan kebutuhan logistik dalam rangka mewujudkan postur TNI yang kokoh serta berdaya gentar tinggi dan laksanakan proses pengadaan barang dan jasa secara transparan, akuntabel dan tertib administrasi, dengan tetap mengacu kepada kebutuhan pengguna dan kebutuhan operasi. Kedua, penuhi kebutuhan logistik untuk mendukung satuan-satuan operasional.

 

Ketiga, optimalkan pemenuhan bekal Alat Peralatan Khusus (Alpalsus) dan Alutsista Koopsus TNI, dukung penyiapan Alat Peralatan (Alpal) pemeliharaan Satuan TNI Terintegrasi di Natuna, lakukan rematerialisasi satuan Kopassus, serta lanjutkan modernisasi alutsista dan penuhi dukungan pemeliharaan material TNI.

Keempat, penuhi alat peralatan, sarpras pengamanan perbatasan, pulau-pulau terluar dan daerah rawan, penuhi prioritas tiga Makogabwilhan, Satuan TNI Terintegrasi Selaru/Yamdena (Saumlaki), Morotai serta Biak dan lanjutkan penataan administrasi tanah TNI.

Kelima, optimalkan pemenuhan bekal kesehatan operasi, tingkatkan pelayanan kesehatan rumah sakit TNI, serta lanjutkan pembangunan fasilitas dan alat kesehatan. Keenam, optimalkan kegiatan pergeseran bekal/materiil sampai dengan satuan pelaksana secara cepat dan tepat.

Ketujuh, optimalkan kegiatan rekonsiliasi internal satker dalam penatausahaan dan pengelolaan BMN. Kedelapan, rencanakan pembangunan sistem jaringan informasi logistik TNI berbasis teknologi Network, serta susun dan sosialisasikan piranti lunak bidang logistik.

Rakorlog TNI TA. 2020 yang berlangsung selama satu hari, diikuti oleh 197 peserta dari Kemhan RI, Mabes TNI, TNI AD, TNI AL dan TNI AU.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BP-AKR Membagikan Paket Alat Pelindung Diri Bagi Tenaga Medis di Beberapa Rumah Sakit Jakarta dan Surabaya

Minggu, 31 Mei 2020 - 10:30 WIB

BP-AKR Dukung Tenaga Medis di Tengah Pandemi Covid-19

PT. Aneka Petroindo Raya (BP-AKR) yang merupakan perusahaan joint venture antara bp dan AKR membagikan bantuan kepada tenaga medis di beberapa rumah sakit yaitu Rumah Sakit Citra Harapan di…

Bendungan Pidekso Wonogiri

Minggu, 31 Mei 2020 - 10:20 WIB

Terus Digenjot, Pembangunan Bendungan Pidekso Wonogiri Telah Mencapai 85 Persen

Bendungan Pidekso merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) di bidang Sumber Daya Air untuk mewujudkan ketahanan air dan pangan nasional.

PT. Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) (“Bahana”) Holding Perasuransian dan Penjaminan

Minggu, 31 Mei 2020 - 10:00 WIB

Semangat Pancasila Jadi Dasar Pelaksanaan 'New Normal' di Holding Asuransi dan Penjaminan

Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2020 merupakan perayaan lahirnya Pancasila yang berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya, karena saat ini dirayakan ditengah diberlakukan…

Galaxy A11 Tampak Belakang White

Minggu, 31 Mei 2020 - 09:55 WIB

Andalkan Fitur Kekinian, Samsung Galaxy A11 Dibanderol Hanya Rp 1.999.000 Pada Flash Sale

Samsung Electronics Indonesia kembali meluncurkan varian terbaru keluarga Galaxy A series, yakni Galaxy A11. Smartphone yang dirancang untuk Gen Z yang dilengkapi dengan beragam fitur esensial…

Prof Wiku Adisasmito BNPB

Minggu, 31 Mei 2020 - 09:20 WIB

11 Indikator Kesehatan Daerah Bisa Beraktivitas Normal

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menyebutkan terdapat 11 indikator kesehatan masyarakat agar bisa kembali ke aktivitas ekonomi produktif dan aman…