Sektor EBT Bergerak, Wali Kota Bandung Resmikan Solar Tree

Oleh : Herry Barus | Jumat, 31 Januari 2020 - 09:00 WIB

Sektor EBT Bergerak, Wali Kota Bandung Resmikan Solar Tree
Sektor EBT Bergerak, Wali Kota Bandung Resmikan Solar Tree

INDUSTRY.co.id - Bandung -Wali Kota Bandung, Oded M. Danial meresmikan dua unit solar tree yang dipasang di area Taman Alun-alun Bandung pada hari Kamis (30/01/2020). Solar tree merupakan sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berbentuk seperti pohon yang energi listriknya dapat dimanfaatkan untuk lampu penerangan dan charging peralatan elektronik tanpa listrik dari PLN.

Pemasangan solar tree atau pohon surya tersebut adalah bentuk kepedulian Pemerintah Kota Bandung dalam pemanfaatan energi matahari, salah satu energi baru terbarukan yang ramah lingkungan. Solar tree di Alun-alun Kota Bandung merupakan program CSR (Corporate Social Responsibility) PT Len Industri (Persero), bekerja sama dengan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung.

Oded menyampaikan dalam sambutannya, “Kalau bisa kita perbanyak di taman-taman, silahkan kerjasama dan dikembangkan dengan PT Len Industri. Memang kami ke depan punya program Bandung Ca’ang Baranang. Saya harap ke depan Bandung ini seperti di Makkah, Bandung malam seterang siang. Karena di Makkah baik  siang atau malam terang terus. Malam di sana terang karena lampunya di mana-mana, luar biasa. Harapan saya seperti itu,” tambahnya.

Direktur Keuangan & SDM Len, Priadi Ekatama S. juga menjelaskan, “Makin menurunnya cadangan energi fosil dunia menyebabkan kepindahan ke energi terbarukan adalah keharusan yang perlu disegerakan. Sangatlah wajar bagi Indonesia sebagai negara tropis yang berkelimpahan energi matahari untuk memanfaatkan sumber energi matahari. Semoga kerjasama ini dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi warga Bandung dan sekitarnya, mari kita jaga dan rawat bersama fasilitas ini.”

Peresmian dihadiri pula oleh Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna, Direktur Pemasaran SEI Hadi Siswantoro, Sekretaris Perusahaan Len Atini Hasanah, serta GM Unit Bisnis Industri Len Yusup.

Hemat Lahan dan Ramah Lingkungan, Cocok untuk Perkotaan

Desain Solar Tree yang inovatif merupakan solusi ideal untuk perkembangan teknologi pembangkit energi yang ramah lingkungan di wilayah perkotaan yang selama ini cukup sulit dilakukan mengingat keterbatasan lahan. Solar Tree membuka jalan baru PLTS agar diterapkan dalam lingkungan perkotaan yang padat penduduk.

Masing-masing Solar Tree di Alun-alun Bandung memiliki spesifikasi teknis : 800 Watt (16 x 50Wp) panel surya, 8 tangkai, baterei 400Ah, tinggi 2,5–3 meter, diameter penyangga 2 meter, inverter 1.000 Watt (24Vdc), serta dilengkapi empat Lampu LED 20Watt dan 4 slot USB Charger.

Energi matahari yang diserap oleh panel surya Solar Tree akan dirubah menjadi energi listrik dan disimpan dalam baterai. Yang kemudian dari baterai dapat dimanfaatkan untuk lampu penerangan saat tidak ada sinar matahari, maupun untuk charging handphone saat kapanpun selama baterei masih terisi.

Potensi listrik energi surya dapat dimanfaatkan secara optimal sebagai solusi penyediaan energi yang berkelanjutan/terbarukan. Sekaligus solusi dan sumbangan terhadap upaya mengatasi krisis energi dan perubahan iklim yang mengancam dunia.

Indonesia sebagai negari khatulistiwa, memiliki energi surya yang melimpah dibandingkan dengan negara-negara lainnya. Kita bisa memanfaatkannya dengan optimal dan mengurangi ketergantungan pada BBM.

Karena bahan bakar fosil tidak dapat terbarukan, dan sudah dipakai selama puluhan dekade sebagai sumber energi berbagai kebutuhan hidup. Ke depan, dipastikan bahan bakar fosil ini akan habis karena pemakaian yang terus menerus.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin