Perguruan Tinggi Serius Dampingi Pilot Project Korporasi Perbenihan Jagung Hibrida

Oleh : Wiyanto | Kamis, 23 Januari 2020 - 10:15 WIB

Kementan sedang meninjau perkebunan jagung
Kementan sedang meninjau perkebunan jagung

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sulawesi Utara diprogramkan menjadi menjadi wilayah sentra perbenihan jagung hibrida berorientasi ekspor.

Kegiatan Pilot Project Pengembangan Perbenihan Jagung Hibrida berbasis korporasi petani tahun 2019 di Provinsi Sulawesi Utara sebesar 250 ha terbagi menjadi 5 kabupaten/kota. Seluruh alokasi tersebut telah terlaksana 100 %. Hal ini menjadi salah satu pertimbangan pemberian alokasi korporasi jagung di tahun 2020 sebesar 500 ha.

Pilot proyek korporasi ini sebagai stimulan model pemberdayaan petani dengan kemitraan yang diharapkan pada tahun berikutnya mereka bisa mandiri dengan modal swadaya, akses KUR dan sumber pembiayaan lainnya. Model korporasi ini akan ditiru di wilayah sekitar dan direplikasi di lokasi lain.

"Kondisi yang ada saat ini di Sulawesi Utara menyakinkan bahwa Sulut sudah dianggap mampu untuk tidak impor benih dari wilayah lain bahkan diharapkan hasil panen benih tersebut mampu diekspor ke negara tetangga seperti philipina khususnya dlm waktu dekat Kabupaten Minahasa yang memperoleh alokasi sebesar 100 ha diprediksi akan panen benih jagung hibrida pada bulan Februari 2020." Ungkap Takdir Mulyadi, Direktur Perbenihan Ditjen Tanaman Pangan pada Rapat Persiapan Kerjasama Kegiatan Korporasi antara Kementerian Pertanian dengan Universitas Sam Ratulangi di Manado, dikutip Kamis (23/1/2020).

Sejalan dengan penjelasan Direktur Perbenihan, Staf Khusus Menteri Pertanian Prof Imam, menjelaskan bahwa Menteri Pertanian fokus untuk peningkatan ekspor yg signifikan.

"Saat ini perspektifnya, bukan hanya fokus on farm tetapi juga off farm serta menanam bukan hanya untuk panen benih tapi juga mampu untuk mengekspor benih yang dipanen itu."

Prof Imam menambahkan bahwa kegiatan korporasi benih ini dilaksanakan dengan kerjasama antar Eselon I lain, seperti Balitbangtan dan Barantan. Sehingga diharapkan bahwa seluruh pihak yang terkait dapat bekerja secara efisien agar target pertumbuhan sebesar 7% dapat dicapai.

Selain itu peranan Perguruan Tinggi juga dianggap penting dalam rangka mensukseskan program korporasi ini, di mana Perguruan Tinggi dalam hal ini Universitas Sam Ratulangi Manado diharapkan mampu mengawal dari segi penggunaan varietas unggul, pengawalan budidaya pertanian nya dengan efektif dan efisien.

"Jadi jika semua pihak terkait tersebut mampu untuk bekerjasama dengan baik dalam mencapai target yaitu produksi benih yang berkualitas maka tidak mustahil jika Provinsi Sulawesi Utara mampu menjadi wilayah ekspor benih khususnya Benih Jagung Hibrida." pungkasnya.

Dekan Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi Manado Prof Robert Molenaar yang turut hadir dalam rapat tersebut menyambut baik rencana kerjasama tersebut, "Kami menyambut baik adanya kerjasama dalam kegiatan ini, kami siap untuk berkolaborasi dan mendukung demi terlaksananya kegiata korporasi ini dengan menyiapkan Tenaga Pengajar dan Mahasiswa kami untuk ikut serta dalam pelaksanaan nantinya."

Kemandirian petani untuk mampu memenuhi produksi benih secara mandiri menjadi program utama Kementan di tahun 2020. Sejalan dengan arahan Mentan Syahrul Yasin Limpo untuk mewujudkan pertanian yang maju, mandiri dan modern.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Avrist Assurance Kembali Jadi Official Insurance Partner Java Jazz Festival 2020

Senin, 24 Februari 2020 - 14:21 WIB

Avrist Assurance Kembali Jadi Official Insurance Partner Java Jazz Festival 2020

Partisipasi Avrist Assurance ini sejalan dengan misinya untuk menyediakan satu polis bagi satu rumah tangga di Indonesia dan untuk melindungi masyarakat Indonesia ketika mereka mewujudkan aspirasi…

Premium Marche Cafe

Senin, 24 Februari 2020 - 14:15 WIB

Intip Premium Marche Cafe, Kantin Ramah Muslim di Kantor Pusat Yanmar

Yanmar Co., Ltd. menyajikan menu Muslim-friendly (ramah Muslim) di kantin kantor pusatnya yang disebut the Premium Marche CafĂ© sejak 1 Maret 2016 sebagai salah satu upayanya untuk melayani…

 KuCoin, pertukaran crypto global yang didukung IDG, mengumumkan debut produk solusi platform perdagangan one-stop cryptocurrency - KuCloud.

Senin, 24 Februari 2020 - 13:15 WIB

Mudahkan Bertransaksi Pelanggan, KuCoin Hadirkan Solusi One-Stop Bursa KuCloud

Jakarta-KuCoin, pertukaran crypto global yang didukung IDG, hari ini mengumumkan debut produk solusi platform perdagangan one-stop cryptocurrency - KuCloud.

Jalan Lintas Tengah Aceh

Senin, 24 Februari 2020 - 12:27 WIB

Kementerian PUPR Mulai Pebangunan Dua Ruas Jalan Lintas Tengah Aceh

Dua ruas jalan tersebut merupakan bagian jalan yang belum tersambung di Jalur Lintas Tengah Aceh sepanjang 444,38 km dan memiliki peranan penting agar jalur lintas tengah Aceh dapat tersambung…

Direktur Consumer Service Telkom Indonesia, Siti Choiriana saat paparan Indihome

Senin, 24 Februari 2020 - 12:19 WIB

2020, Telkom Bidik 8,3 Juta Pelanggan Indihome

PT - Telekomunikasi Indonesia Tbk tengah membidik penjualan Indihome, dengan target 8,3 juta pelanggan. Target akan tercapai dengan siapnya infrastruktur dan produk terbaru yaitu Indihome Late.