MoU Alat Perkakas Pertanian Segera Terealisasi

Oleh : Ridwan | Selasa, 21 Maret 2017 - 17:05 WIB

Dirjen Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih.
Dirjen Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih.

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kemenperin, Gati Wibawaningsih melakukan rapat evaluasi mengenai tindak lanjut Nota kesepahaman pemenuhan kebutuhan bahan baku pembuatan alat perkakas pertanian.

Rapat ini melibatkan Dirjen IKM Kemenperin bersama PT. Boma Bisma Indra, PT. Sarinah dan PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia di Ruang Batik, Kantor Kementerian Perindustrian.

“MoU ini harus mampu terealisasikan sesegera mungkin oleh Ketiga Perusahaan tersebut," ungkap Gati di Jakarta (21/3/2017).

Saat ini PT. Krakatau Steel telah memproduksi medium carbon steel lembaran SS400 sebagai bahan baku cangkul sebanyak 110 ton dan 43 ton untuk bahan karah cangkul yang sudah dikirimkan ke PT. Boma Bisma Indra di Pasuruan.

"Bahan tersebut kemudian diproses hingga menjadi barang 75% jadi di PT. Boma Bisma Indra. Sesuai konsep bisnis yang telah disepakati bersama," terang Gati

Cangkul 75% jadi akan didistribusikan kepada sentra-sentra IKM alat pekakas pertanian dan industri besar yang membutuhkan bahan baku cangkul yang tersebar di 12.609 unit usaha dari Sabang hingga Merauke.  

Gati menambahkan, sebelumnya telah dilakukan survey pasar oleh keempat BUMN. Gunanya untuk mengetahui kebutuhan bahan baku alat perkakas pertanian, serta animo dan daya beli IKM alat perkakas pertanian terhadap sistem barang 75% jadi ini.

"Dengan skema dan survey lapangan ini, diharapkan produksi cangkul dalam negeri mampu memenuhi kebutuhan cangkul di dalam negeri sebesar 10 juta unit per tahun," imbuhnya.  

Secara administrasi, perjanjian jual beli dan proses bisnis telah disepakati secara business to business oleh keempat BUMN.

"Dalam minggu ini PT. Boma Bisma Indra siap melakukan produksi masal cangkul 75% jadi berlogo kuda jingkrak," tutup Gati.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Seruan Masyarakat Menyelamatkan Tanah

Selasa, 17 Mei 2022 - 11:52 WIB

Seruan Masyarakat Untuk Menyelamatkan Tanah Bergaung di Kota-Kota Besar Indonesia

Desakan ini terus menggaung seiring dengan diselenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) COP15 Perserikatan Bangsa-Bangsa Untuk Melawan Desertifikasi (UNCCD) di Abidjan, Pantai Gading, 9-20…

Danau Tekapo, Selandia Baru (www.tripzilla.id)

Selasa, 17 Mei 2022 - 11:45 WIB

Mulai Juli 2022, Selandia Baru Buka Perbatasan sepenuhnya untuk Wisatawan Asing

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern baru-baru ini mengumumkan bahwa negara itu akan sepenuhnya membuka kembali perbatasan internasionalnya mulai 31 Juli 2022. Hal yang serupa juga berlaku…

Tim Indonesia, Arabic Braille Converter

Selasa, 17 Mei 2022 - 11:44 WIB

Bikin Bangga, Tim Indonesia Masuk Lima Besar Hackathon Microsoft AI for Accessibility Tingkat Asia Pasifik

Tim dari Indonesia, Arabic Braille Converter, berhasil terpilih sebagai lima besar kompetisi Hackathon Microsoft AI for Accessibility (AI4A) tingkat Asia Pasifik. Di tahun ketiganya, Hackathon…

 Maybank Indonesia Hadirkan Solusi untuk Wujudkan Properti Idaman Melalui Pembiayaan Properti iB

Selasa, 17 Mei 2022 - 11:38 WIB

Terungkap Cara Maybank Indonesia Wujudkan Properti Idaman Melalui Pembiayaan Properti iB

Jakarta – PT Bank Maybank Indonesia, Tbk. (Maybank Indonesia atau Bank) melalui Unit Usaha Syariah (UUS) Maybank menggiatkan kembali produk pembiayaan properti yang ditujukan bagi seluruh…

Peresmian PLTGU di Kawasan Industri Tenayan Riau

Selasa, 17 Mei 2022 - 11:38 WIB

PLTGU di Kawasan Industri Tenayan Riau Beroperasi, Daya Kelistrikan Sumatera Bakal Naik Jadi 7.266 MW

Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Riau berkapasitas 275 megawatt (MW) yang berlokasi di Kawasan Industri Tenayan, Pekanbaru, Riau telah diresmikan pada Kamis (12/5/2022).