MoU Alat Perkakas Pertanian Segera Terealisasi

Oleh : Ridwan | Selasa, 21 Maret 2017 - 17:05 WIB

Dirjen Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih.
Dirjen Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih.

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kemenperin, Gati Wibawaningsih melakukan rapat evaluasi mengenai tindak lanjut Nota kesepahaman pemenuhan kebutuhan bahan baku pembuatan alat perkakas pertanian.

Rapat ini melibatkan Dirjen IKM Kemenperin bersama PT. Boma Bisma Indra, PT. Sarinah dan PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia di Ruang Batik, Kantor Kementerian Perindustrian.

“MoU ini harus mampu terealisasikan sesegera mungkin oleh Ketiga Perusahaan tersebut," ungkap Gati di Jakarta (21/3/2017).

Saat ini PT. Krakatau Steel telah memproduksi medium carbon steel lembaran SS400 sebagai bahan baku cangkul sebanyak 110 ton dan 43 ton untuk bahan karah cangkul yang sudah dikirimkan ke PT. Boma Bisma Indra di Pasuruan.

"Bahan tersebut kemudian diproses hingga menjadi barang 75% jadi di PT. Boma Bisma Indra. Sesuai konsep bisnis yang telah disepakati bersama," terang Gati

Cangkul 75% jadi akan didistribusikan kepada sentra-sentra IKM alat pekakas pertanian dan industri besar yang membutuhkan bahan baku cangkul yang tersebar di 12.609 unit usaha dari Sabang hingga Merauke.  

Gati menambahkan, sebelumnya telah dilakukan survey pasar oleh keempat BUMN. Gunanya untuk mengetahui kebutuhan bahan baku alat perkakas pertanian, serta animo dan daya beli IKM alat perkakas pertanian terhadap sistem barang 75% jadi ini.

"Dengan skema dan survey lapangan ini, diharapkan produksi cangkul dalam negeri mampu memenuhi kebutuhan cangkul di dalam negeri sebesar 10 juta unit per tahun," imbuhnya.  

Secara administrasi, perjanjian jual beli dan proses bisnis telah disepakati secara business to business oleh keempat BUMN.

"Dalam minggu ini PT. Boma Bisma Indra siap melakukan produksi masal cangkul 75% jadi berlogo kuda jingkrak," tutup Gati.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wings Food menggelar acara Halal Bihalal bersama beberapa komunitas anak muda.

Rabu, 08 Mei 2024 - 23:19 WIB

Wings Food Ajak Anak Muda Berbagi Kebaikan Melalui Acara Halal Bihalal

Sukses menggelar roadshow Semarak Ramadan, Wings Food menggelar acara halal bihalal bersama beberapa komunitas anak muda di pesantren khusus anak yatim piatu As-Syafi’iyah.

Peluncuran PRUWell Medical dan Medical Syariah dari Prudential Indonesia dan Prudential Syariah.

Rabu, 08 Mei 2024 - 23:08 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Luncurkan Produk Asuransi Kesehatan dengan Konsep “Fairness”

PRUWell dan PRUWell Medical Syariah menawarkan premi atau kontribusi yang terjangkau dan adil (fair pricing) secara berkala sebagai apresiasi terhadap para pemegang polis yang terus menjaga…

Hadir dalam peluncuran diantaranya Wakil Ketua Umum Bidang Hukum dan HAM Kadin Indonesia Dhaniswara K. Harjono, Arsjad Rasjid, Ketua Umum Kadin Indonesia, dan Cahyo Rahadian Muzhar, Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum dan HAM

Rabu, 08 Mei 2024 - 22:06 WIB

KADIN Luncurkan Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia

Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia meluncurkan Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia (LMSB-KI) untuk membantu penyelesaian sengketa bisnis baik untuk anggota dan umum. Lembaga…

Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan Kesayangan Hadir di Jakarta

Rabu, 08 Mei 2024 - 21:02 WIB

Pengumuman! Bagi yang Punya Hewan Kesayangan, Segera Hadir di Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan

Jakarta- PT Songolas Exhibition Services (19 Events) untuk pertama kalinya akan menggelar Jakarta Pet Expo (JPE) 2024, sebuah pameran dagang internasional (Business to Business) untuk kebutuhan…

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir untuk Lengkapi Kebutuhan Audio Visual dan Musik di Indonesia

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:53 WIB

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir Lengkapi Kebutuhan Musik Indonesia

Jakarta– Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) 2024 untuk pertama kalinya akan digelar pada 27-30 November 2024 di Hall B3, JIExpo Kemayoran, Jakarta.