Seniman Betawi Diharapkan Diberi Peran di TIM

Oleh : Wiyanto | Jumat, 03 Januari 2020 - 18:00 WIB

Diskusi Seniman Betawi terhadap revitalisasi TIM
Diskusi Seniman Betawi terhadap revitalisasi TIM

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Taman Ismail Marzuki (TIM) akan direvitalisasi demi mendukung simpul ekosistem budaya yang bisa melahirkan seniman atau budaya baru.

Gubernur DKI Anies Baswedan telah menegaskan, bahwa revitalisasi TIM bertujuan untuk meningkatkan citra TIM sebagai pusat Kesenian bertaraf dunia.

Aswan, seniman Betawi mendukung adanya revitalisasi TIM yang tanpa meninggalkan cagar budaya. Juga Masjid Amir Hamzah, prasasti yang ditandatangani Ali Sadikin mantan Gubernur DKI Jakarta diletakan kembali.

"Betawi diberikan peran strategis. Revitalisasi silahkan berlanjut," kata dia di diskusi Revitalisasi TIM dan Seniman Betawi di Jakarta, Jumat (3/12/2019).

Roni Adi, Ketua Betawi Kita, menjelaskan seniman Betawi harus lebih diberi tempat di TIM, seperti Lenong Betawi yang dulunya meramaikan TIM.

"Jangan sampai seniman Betawi tak diberi peran strategis," katanya.

Revitalisasi TIM, kata dia jangan berfokus pada pembangunan fisik melainkan difokuskan pada ekosistem kebudayaan di dalamnya.

Pelibatan orang seniman Betawi dalam proses revitalisasi dan kegiatan ke depan itu lebih penting. Kebudayaan Betawi hendaknya lebih mewarnai TIM, seperti Pekan Sastra Betawi 2019 serta beberapa seniman yang terlibat di Dewan Kesenian Jakarta di antaranya Yahya Andi Saputra dan Atin Kisam.

Beki Mardani, Ketua Lembaga Kebudayaan Betawi mendukung adanya revitalisasi TIM.

"Seniman Betawi terus berkarya di LKB, apa yang dikemukan secara simbolik terasa. Sepakat soal republik berutang ke betawi.nilai budaya tumbuh berkembang gak ternilai. Pak Anies cukup sadar, katanya berutang ke betawi. Aspirasi sudah masuk," katanya.

Imam Hadi, Kepala Pusat Kesenian Taman Ismail Marzuki menyebutkan, revitalisasi disesuaikan dengan kondisi. Apa yang dibangun Pemrov DKI tidak akan berbeda dengan Tim yang sekarang.

"Ada rencana dibuatkan galeri lukisan tim. Sehingga masyarakat bisa apresiasi. Percayakan ke lembaga tim dan dukungan pemerintah memajukan kesenian kebudayaan Jakarta meningkat," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.

Sabtu, 20 April 2024 - 07:24 WIB

Leet Media Luncurkan “Pertamina Renjana Cita Srikandi” yang disupport oleh Pertamina, Siap Dukung Pemberdayaan Perempuan

Dalam rangka mendorong pemberdayaan perempuan Indonesia, Leet Media dengan bangga mempersembahkan Pertamina Renjana Cita Srikandi, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Mei 2024 di Senayan…

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…