Berkembangnya E-Logistik Seiring Maraknya Bisnis Marketplace di Indonesia

Oleh : Heru Harjono | Jumat, 20 Desember 2019 - 10:28 WIB

Heru Harjono
Heru Harjono

INDUSTRY.co.id - Dalam era online sekarang ini, jual beli banyak dilakukan secara online dan pengiriman barang pun menjadi pendukung utama dari transaksi online tersebut. Pengiriman barang ini mendukung berkembangnya jasa logistik di indonesia, terutama sektor kurir untuk pengiriman domestik dimana semakin meningkatnya potensi ekonomi digital semakin meningkat pula perkembangan jasa logistik.

Belakangan semakin banyak perusahaan baru yang bergerak di bidang jasa pengiriman, dimana dulu hanya Pos Indonesia, Tiki, dan JNE sekarang bertambah seperti Wahana, J&T, Si Ninja Express, 21 Express, Si Cepat dan beberapa jasa pengiriman lainnya. Perusahaan jasa kurir ini bekerjasama dengan marketplace yang menyediakan koneksi online antara penjual dan pembeli, selain itu juga menawarkan fasilitas serta harga yang bersaing.

Fasilitas yang ditawarkan salah satunya berupa trace & tracking pengiriman, dimana dapat dicek dengan online lewat web jasa pengiriman terkait atau dari tautan pengecekan yang telah disediakan dalam marketplace penyedia jual beli. Hal ini merupakan awal dari e-logistik yang akan terus berkembang, dari online tracing kedepannya memungkinkan untuk menggunakan teknologi GPS supaya mendapatkan update secara realtime. 

Dengan fasilitas yang telah disediakan jasa pengiriman pun, terkadang masih ada kendala yang terjadi seperti konsumen yang dirugikan terkait keterlambatan pengiriman, kerusakan barang serta barang yang tidak sesuai dengan pesanan. Selain penggunaan GPS dapat dikembangkan pula sistem yang terintegrasi secara baik. 

Dengan mengembangkan e-logistik yang mengunakan teknologi dan sistem yang terintegrasi dengan baik kedepannya dapat meminimalisasi kendala yang terjadi, sehingga kepuasan pelanggan dapat semakin meningkat, dan berdampak positif pula pada bisnis e-commerse/marketplace dan jasa e-logistik menjadi semakin berkembang.


Penulis: Heru Harjono
Mahasiswa Magister Manajemen Teknologi
President University

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi security system. (Alvis Upitis/Getty Images)

Senin, 06 April 2020 - 23:10 WIB

Six years of the GitHub Security Bug Bounty program

Last month GitHub reached some big milestones for our Security Bug Bounty program. As of February 2020, it’s been six years since we started accepting submissions. Over the years we’ve been…

Media Luar Ruang City Vision

Senin, 06 April 2020 - 22:15 WIB

Media Luar Ruang City Vision Gandeng KAI Sebarluaskan Informasi Covid-19

Sebagai perusahaan media luar ruang terbesar di Indonesia, City Vision berkomitmen untuk terus mendukung upaya pemerintah dan berbagai institusi lain dalam menyebarluaskan informasi kesehatan…

Keringanan kredit properti Sinar Mas

Senin, 06 April 2020 - 21:40 WIB

Industri Properti Lawan Corona, Sinar Mas Land Berikan Keringanan Bayar Kepada Masyarakat

Untuk membantu masyarakat yang ingin membeli hunian dengan cepat, Sinar Mas Land kini menawarkan solusinya dengan program berskala nasional bernama Move in Quickly.

Semen Indonesia Berikan bantuan covid-19 senilai Rp1,9 miliar

Senin, 06 April 2020 - 21:15 WIB

Semen Indonesia Serahkan Bantuan APD dan Alkes Senilai Rp1,93 miliar untuk Tenaga Medis

Semen Indonesia Gresik (SIG) memberikan bantuan alat kesehatan dan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis di Rumah Sakit Semen Gresik (RSSG) senilai Rp1,93 miliar.

Ketum BPD HIPMI Jaya 2017-2020, Afifuddin Kalla (Kiri), dan Calon Ketum BPD HIPMI Jaya 2020-2023, Muhamad Alipudin

Senin, 06 April 2020 - 20:27 WIB

Anies Diminta Bentuk Gugus Tugas Ekonomi, Caketum HIPMI: Agar Realisasi 'Titah' Presiden soal Relaksasi Kredit Tidak Gagal Paham di Lapangan

"Kebijakan tersebut juga harus didukung oleh langkah yang konkrit dari pemerintah untuk segera merealisasikan relaksasi tersebut, agar terjadi sinkronisasi seluruh pihak perbankan maupun lembaga…