Mentan Syahrul Harapkan Dukungan IPB Terkait Program Pertanian

Oleh : Wiyanto | Selasa, 12 November 2019 - 08:20 WIB

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan IPB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan IPB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengharapkan dukungan penuh dari perguruan tinggi dan dunia pendidikan terhadap pembangunan pertanian ke depan. Hal ini dikatakan Syahrul saat menerima kunjungan Rektor Institusi Pertanian Bogor (IPB) Arif Satria di Gedung A Kementan.

"Saya mengharapkan dukungan penuh dari dunia pendidikan, dalam hal ini dari semua universitas di Indonesia untuk mengembangkan dan membangun pertanian ke depan. Sebab dulu waktu saya menjadi kepala daerah juga disupport oleh perguruan tinggi," ujar Syahrul, Senin siang di Kantor Pusat Kementan, di Jakarta. (11/11/2019).

Syahrul menjelaskan, dukungan itu diantaranya adalah membantu Kementan dalam mengembangkan Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostra Tani) dan sistem aplikasi data untuk mengambil kebijakan dan program unggulan.

"Tentu kami juga mengharapkan dukungan IPB dalam membantu pengembangan sistem Kostra Tani dan aplikasi data. Yang jelas, IPB harus mensuport kita karena mereka yang mengolah ilmu. Dalam hal ini kan banyak paradikma yang bergeser-geser," katanya.

Dikatakan Syahrul, kerjasama ini harus menjadi acuan kerja bersama dengan melibatkan Badan Litbang yang ada, terutama yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya manusia.

"Jadi saya ingin melihat kegiatan kerjasama ini ada di lapangan, bukan hanya di meja atau secara teori saja. Yang pasti harus mengaplikasikan temuan-temuan teknologi yang dikembangkan di IPB untuk bisa disebarluaskan di lapangan," katanya.

Sementara itu, Rektor IPB, Arif Satria menyambut baik upaya Kementan dalam membangun sektor pertanian berbasis sains dan teknologi dengan melibatkan universitas dan dunia pendidikan. Kata dia, langkah tersebut sejalan dengan apa yang diharapkan praktisi dan akademisi.

"Untuk itu, saya sudah sampaikan kepada para dekan, Ketua Senat dan para Ketua Dewan Guru Besar. Alhamdulillah Pak Menteri juga sangat luar biasa menyambut baik kerjasama ini. Apalagi beliau punya keinginan besar agar proses evolusi yang ditemukan oleh Kementan ini punya basis sains akademik yang kuat," tukasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirut RRI, Sandiaga Uno dan Bram Suryo Putro Founder And CEO Theiconomics

Kamis, 05 Desember 2019 - 23:55 WIB

Penetrasi Jasa Keuangan Dongkrak Kesadaran Milenial

Jakarta - Milenial di era kini didorong untuk melek keuangan sehingga bisa melirik penempatan dana atau transaksi keuangan di perusahaan jasa keuangan. Diperkirakan dari jumlah penduduk Indonesia,…

PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha atau yang lebih dikenal dengan WanaArtha Life meluncurkan WanaArtha DPLK sebagai solusi untuk merencanakan hari tua bagi peserta individu maupun perusahaan kepada karyawannya.

Kamis, 05 Desember 2019 - 22:09 WIB

WanaArtha Life Luncurkan WanaArtha DPLK Sebagai Solusi Perencanaan Hari Tua Bagi Individu dan Perusahaan

Jakarta-PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha atau yang lebih dikenal dengan WanaArtha Life meluncurkan WanaArtha DPLK sebagai solusi untuk merencanakan hari tua bagi peserta individu maupun…

Truck logistik Ritase

Kamis, 05 Desember 2019 - 21:48 WIB

Perkembangan Mobilitas Barang Membutuhkan Solusi Multimoda Digital

Jakarta - Dinamika ekonomi yang makin cepat dan terintegrasi membutuhkan solusi logistik yang mampu mengikuti akselerasi itu. Pada saat yang sama, penyedia jasa logistik harus memutar otak agar…

Dorong Penetrasi Bursa Berjangka, “Indonesia Derivative Reach International Market” Summit 2019 Diselenggarakan

Kamis, 05 Desember 2019 - 21:41 WIB

Jurus Mentari Mulia Berjangka, Gairahkan Perdagangan Berjangka Komoditi Indonesia

Jakarta-Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK), sebagai salah satu bentuk investasi di antara beragam pilihan, kian menarik perhatian para pengelola dana.

PT Mentari Mulia Berjangka Peking University menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) terkait pertukaran informasi dalam penelitian dan data di bidang derivatif dan perdagangan berjangka

Kamis, 05 Desember 2019 - 21:27 WIB

Dorong Penetrasi Bursa Berjangka, Mentari Mulia Berjangka Teken Mou di Bidang Derivatif dan Perdagangan Berjangka

Jakarta--PT Mentari Mulia Berjangka Peking University menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) terkait pertukaran informasi dalam penelitian dan data di bidang…