Mentan Syahrul Harapkan Dukungan IPB Terkait Program Pertanian

Oleh : Wiyanto | Selasa, 12 November 2019 - 08:20 WIB

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan IPB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan IPB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengharapkan dukungan penuh dari perguruan tinggi dan dunia pendidikan terhadap pembangunan pertanian ke depan. Hal ini dikatakan Syahrul saat menerima kunjungan Rektor Institusi Pertanian Bogor (IPB) Arif Satria di Gedung A Kementan.

"Saya mengharapkan dukungan penuh dari dunia pendidikan, dalam hal ini dari semua universitas di Indonesia untuk mengembangkan dan membangun pertanian ke depan. Sebab dulu waktu saya menjadi kepala daerah juga disupport oleh perguruan tinggi," ujar Syahrul, Senin siang di Kantor Pusat Kementan, di Jakarta. (11/11/2019).

Syahrul menjelaskan, dukungan itu diantaranya adalah membantu Kementan dalam mengembangkan Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostra Tani) dan sistem aplikasi data untuk mengambil kebijakan dan program unggulan.

"Tentu kami juga mengharapkan dukungan IPB dalam membantu pengembangan sistem Kostra Tani dan aplikasi data. Yang jelas, IPB harus mensuport kita karena mereka yang mengolah ilmu. Dalam hal ini kan banyak paradikma yang bergeser-geser," katanya.

Dikatakan Syahrul, kerjasama ini harus menjadi acuan kerja bersama dengan melibatkan Badan Litbang yang ada, terutama yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya manusia.

"Jadi saya ingin melihat kegiatan kerjasama ini ada di lapangan, bukan hanya di meja atau secara teori saja. Yang pasti harus mengaplikasikan temuan-temuan teknologi yang dikembangkan di IPB untuk bisa disebarluaskan di lapangan," katanya.

Sementara itu, Rektor IPB, Arif Satria menyambut baik upaya Kementan dalam membangun sektor pertanian berbasis sains dan teknologi dengan melibatkan universitas dan dunia pendidikan. Kata dia, langkah tersebut sejalan dengan apa yang diharapkan praktisi dan akademisi.

"Untuk itu, saya sudah sampaikan kepada para dekan, Ketua Senat dan para Ketua Dewan Guru Besar. Alhamdulillah Pak Menteri juga sangat luar biasa menyambut baik kerjasama ini. Apalagi beliau punya keinginan besar agar proses evolusi yang ditemukan oleh Kementan ini punya basis sains akademik yang kuat," tukasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.