Catat, Ini 5 Kuliner yang Bikin Kangen dengan Surabaya

Oleh : Hariyanto | Senin, 21 Oktober 2019 - 17:55 WIB

Kota Surabaya
Kota Surabaya

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Surabaya adalah kota yang menarik. Kota ini memiliki suasana yang tidak jauh berbeda dengan Jakarta, namun masih terasa tradisional. Interaksi antar warga yang masih kental budaya Jawa Timur pun menjadi ciri khas dari Surabaya.

Namun, ada satu hal lain yang membuat kota ini terasa begitu candu, yaitu kulinernya. Bila Anda pernah berkunjung ke Surabaya, atau belum pernah sama sekali, berikut ini beberapa kuliner khas yang akan membuat Anda ingin langsung kembali ke Surabaya. 

1. Rawon

Rawon adalah salah satu kuliner khas yang menjadi primadona di Surabaya. Anda bisa menemukan berbagai warung, restoran, atau kafe sekalipun yang menjajakan hidangan berkuah hitam ini. Anda pun bisa menikmati rawon kapanpun. Baik untuk sarapan, makan siang, ataupun makan malam. 

Diisi dengan irisan daging dan tauge membuat rawon bisa menjadi pilihan sarapan untuk memulai hari. Kehangatannya pun membuat rawon tepat sebagai makan malam. Saat ini cukup banyak rawon dengan cita rasa yang khas, salah satunya Rawon Kalkulator. 

2. Pecel rawon

Sekali lagi, bukan Surabaya kalau tidak menyajikan sesuatu yang unik. Bila Anda sudah biasa menemukan menu rawon, dan nasi pecel sudah menjadi hal yang biasa untuk Anda, maka nasi pecel rawon adalah pilihan tepat bagi Anda. Di atas kertas mungkin hidangan ini terdengar aneh. Tapi rasa pedas bumbu pecel ternyata bisa berpadu sempurna dengan gurih kuah kaldu dari rawon. Rasa unik yang dihasilkan oleh pecel rawon ini juga membuatnya menjadi salah satu menu sarapan favorit di Surabaya. 


3. Nasi bebek goreng

Bila Anda adalah pecinta bebek goreng, maka Anda akan berbahagia saat traveling di Surabaya. Sebab kota yang dipimpin oleh Ibu Risma ini memiliki banyak jajanan bebek goreng yang penuh bumbu. Apalagi kalau Anda menyenangi bebek goreng kering yang krispi. 

Hidangan nasi bebek dengan ditemani sambal ekstra pedas juga sangat tepat dinikmati untuk makan siang dan makan malam. Baik dengan nasi uduk ataupun nasi putih biasa, menu ini tidak akan mengecewakan Anda. Di beberapa tempat bahkan nasi bebek ditambah taburan serundeng yang membuatnya semakin gurih. 

4. Nasi pecel

Nasi pecel sayur memang menjadi salah satu kuliner khas tanah Jawa. Namun bukan Surabaya kalau tidak memiliki cara membuat nasi pecel menjadi lebih unik. Nasi pecel di Surabaya, layaknya nasi pecel di Jawa Timur, memiliki cita rasa yang lebih pedas. Rasa pedasnya pun tidak sekuat nasi sambal, jadi jangan khawatir. Bumbunya yang pedas dan sayurannya yang kaya serat, dijamin akan melancarkan pencernaan Anda. 


3. Nasi sambal

Surabaya mungkin sering dicap sebagai kota yang panas. Klaim itu sebetulnya masih bisa diperdebatkan. Namun, tidak dengan kepedasan sambalnya. Apalagi menu nasi sambal yang menjadi khas kota pahlawan. Biasanya nasi sambal dilengkapi dengan lauk ayam goreng, lele goreng, telur, dan tempe. Bagi Anda yang bernyali baja, silahkan mencicipi kuliner kaya protein ini. 

Kuliner khas Surabaya di atas memang bisa Anda temukan di kota lain. Namun tetap saja tidak ada yang seotentik di Surabaya. Jadi, bagi Anda yang sudah tidak sabar ingin segera kembali ke Surabaya, sebaiknya beli tiket dan Sriwijaya web check in untuk mengetahui jadwal keberangkatan pesawat. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

IFG Life

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:22 WIB

Sabet Penghargaan Asuransi, IFG Life Tegaskan Komitmen Pulihkan Kepercayaan Publik

Dalam menjalankan bisnisnya, IFG Life menjunjung tinggi tata kelola yang baik dan manajemen risiko yang kuat dan penuh kehati-hatian. Perusahaan juga mengoptimalkan pemanfaatan teknologi untuk…

Group Order Sekarang Bisa Langsung Split Bill dan Pengembalian Dana 100% untuk Dine-in Voucher

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:12 WIB

GrabFood Hadirkan Fitur Pendukung Baru: Group Order Sekarang Bisa Langsung Split Bill dan Pengembalian Dana 100% untuk Dine-in Voucher

Grab, superapp terkemuka di Asia Tenggara, hadirkan ragam fitur pendukung baru yang memanjakan pengguna layanan GrabFood untuk menikmati makanan dengan lebih praktis dan terjangkau. Untuk pemesanan…

Konten Dinamis Media Luar Griya AMG

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:00 WIB

Adaptasi Inovasi Teknologi Periklanan OOH, Alternative Media Group Hadirkan Dynamic OOH

Seiring dengan berkembangnya lanskap periklanan di era digital, AMG (Alternative Media Group) tak ketinggalan turut mengadaptasi inovasi teknologi dalam periklanan OOH (Luar Griya) dengan menghadirkan…

Ilustrasi Umrah di Mekkah

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:31 WIB

Meraih Keberkahan Bulan Syawal, Pegadaian Ajak Masyarakat Umrah Akbar Bersama

Pada momen perayaan ulang tahun Pegadaian ke-123 Tahun dan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah yang jatuh pada bulan April ini, Pegadaian menyelenggarakan kegiatan Umrah Akbar Pegadaian dengan…

Pengurus BUMN Muda Pegadaian

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:18 WIB

Pegadaian Kukuhkan Pengurus BUMN Muda Pegadaian

PT Pegadaian melantik pengurus organisasi kepemudaan yang diinisiasi oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Kementerian BUMN, yang tergabung dalam BUMN Muda Pegadaian di Ballroom The Gade…