Catat, Ini 5 Kuliner yang Bikin Kangen dengan Surabaya

Oleh : Hariyanto | Senin, 21 Oktober 2019 - 17:55 WIB

Kota Surabaya
Kota Surabaya

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Surabaya adalah kota yang menarik. Kota ini memiliki suasana yang tidak jauh berbeda dengan Jakarta, namun masih terasa tradisional. Interaksi antar warga yang masih kental budaya Jawa Timur pun menjadi ciri khas dari Surabaya.

Namun, ada satu hal lain yang membuat kota ini terasa begitu candu, yaitu kulinernya. Bila Anda pernah berkunjung ke Surabaya, atau belum pernah sama sekali, berikut ini beberapa kuliner khas yang akan membuat Anda ingin langsung kembali ke Surabaya. 

1. Rawon

Rawon adalah salah satu kuliner khas yang menjadi primadona di Surabaya. Anda bisa menemukan berbagai warung, restoran, atau kafe sekalipun yang menjajakan hidangan berkuah hitam ini. Anda pun bisa menikmati rawon kapanpun. Baik untuk sarapan, makan siang, ataupun makan malam. 

Diisi dengan irisan daging dan tauge membuat rawon bisa menjadi pilihan sarapan untuk memulai hari. Kehangatannya pun membuat rawon tepat sebagai makan malam. Saat ini cukup banyak rawon dengan cita rasa yang khas, salah satunya Rawon Kalkulator. 

2. Pecel rawon

Sekali lagi, bukan Surabaya kalau tidak menyajikan sesuatu yang unik. Bila Anda sudah biasa menemukan menu rawon, dan nasi pecel sudah menjadi hal yang biasa untuk Anda, maka nasi pecel rawon adalah pilihan tepat bagi Anda. Di atas kertas mungkin hidangan ini terdengar aneh. Tapi rasa pedas bumbu pecel ternyata bisa berpadu sempurna dengan gurih kuah kaldu dari rawon. Rasa unik yang dihasilkan oleh pecel rawon ini juga membuatnya menjadi salah satu menu sarapan favorit di Surabaya. 


3. Nasi bebek goreng

Bila Anda adalah pecinta bebek goreng, maka Anda akan berbahagia saat traveling di Surabaya. Sebab kota yang dipimpin oleh Ibu Risma ini memiliki banyak jajanan bebek goreng yang penuh bumbu. Apalagi kalau Anda menyenangi bebek goreng kering yang krispi. 

Hidangan nasi bebek dengan ditemani sambal ekstra pedas juga sangat tepat dinikmati untuk makan siang dan makan malam. Baik dengan nasi uduk ataupun nasi putih biasa, menu ini tidak akan mengecewakan Anda. Di beberapa tempat bahkan nasi bebek ditambah taburan serundeng yang membuatnya semakin gurih. 

4. Nasi pecel

Nasi pecel sayur memang menjadi salah satu kuliner khas tanah Jawa. Namun bukan Surabaya kalau tidak memiliki cara membuat nasi pecel menjadi lebih unik. Nasi pecel di Surabaya, layaknya nasi pecel di Jawa Timur, memiliki cita rasa yang lebih pedas. Rasa pedasnya pun tidak sekuat nasi sambal, jadi jangan khawatir. Bumbunya yang pedas dan sayurannya yang kaya serat, dijamin akan melancarkan pencernaan Anda. 


3. Nasi sambal

Surabaya mungkin sering dicap sebagai kota yang panas. Klaim itu sebetulnya masih bisa diperdebatkan. Namun, tidak dengan kepedasan sambalnya. Apalagi menu nasi sambal yang menjadi khas kota pahlawan. Biasanya nasi sambal dilengkapi dengan lauk ayam goreng, lele goreng, telur, dan tempe. Bagi Anda yang bernyali baja, silahkan mencicipi kuliner kaya protein ini. 

Kuliner khas Surabaya di atas memang bisa Anda temukan di kota lain. Namun tetap saja tidak ada yang seotentik di Surabaya. Jadi, bagi Anda yang sudah tidak sabar ingin segera kembali ke Surabaya, sebaiknya beli tiket dan Sriwijaya web check in untuk mengetahui jadwal keberangkatan pesawat. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 Alumnus Lemhannas PPSA XXI, AM Putut Prabantoro

Sabtu, 06 Juni 2020 - 01:59 WIB

New Normal, Ingat Lagunya Koes Plus

Jakarta, Jumat (05/06/2020)-“Ke Jakarta Aku Kan Kembali, Walaupun Apa Yang Kan Terjadi” – inilah suasana kebatinan masyarakat yang terjadi saat ini.

Waketum KADIN Shinta Sukamdani, Menperin Agus Gumiwang, Ketua Apindo Haryadi Sukamdani

Sabtu, 06 Juni 2020 - 00:15 WIB

Kabar Gembira...Menperin Agus Bakal Gelontorkan Stimulus Modal Kerja untuk Pulihkan Industri Manufaktur

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bertekad untuk terus mengupayakan pemulihan sektor industri manufaktur di dalam negeri yang terkena dampak pandemi Covid-19.

Produsen Batubara

Jumat, 05 Juni 2020 - 22:31 WIB

Industri Batubara Lesu Akibat Pasar Menyusut Terpapar Covid-19

Minimnya pergerakan ekonomi membuat industri batubara turut mengalami kelesuan dikarenakan menurunnya permintaan pasar terutama yang datangnya dari India dan Tiongkok.

Contoh proyek PT PP Persisi

Jumat, 05 Juni 2020 - 22:10 WIB

Cetak Laba Rp1,2 triliun, PT PP Gelontorkan Dividen Tunai 22,5 %

PT Pembangunan Perumaha (Persero) Tbk (PTPP) berhasil catatkan kinerja positif perusahaan untuk pendapatan usaha tahun buku 2019 sebesar Rp24,65 triliun dengan laba bersih yang perseroan mencapai…

Tokok Pakaian GAP (ist)

Jumat, 05 Juni 2020 - 22:03 WIB

Enggak Kuat Merugi hingga Rp13,1 Triliun, GAP Inc Terpaksa Tutup Toko

Perusahaan fashion GAP Inc, pada Kamis (5/6/2020) melaporkan kerugian yang dialaminya hingga 43% dalam penjualan kuartal I 2020 yang mencapai Rp13,1 triliun. Kerugian besar yang dialam