Nurdin Halid Sampaikan Jurus Pengembangan Koperasi di Sidang Umum ICA

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 17 Oktober 2019 - 20:14 WIB

Ketua Dekopin Indonesia Nurdin Halid (ketiga kanan depan) bersama peserta sidang umum dunia International Co-Operation Alliance Asia Afrika di Rwanda, Afrika.
Ketua Dekopin Indonesia Nurdin Halid (ketiga kanan depan) bersama peserta sidang umum dunia International Co-Operation Alliance Asia Afrika di Rwanda, Afrika.

INDUSTRY.co.id, Afrika - Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), Nurdin Halid (NH) menghadiri General Assembly atau sidang umum dunia International Co-Operation Alliance (ICA) Asia Afrika di Kigali Rwanda, Afrika.

Adapun pokok agenda pembahasan dalam ICA Board Meeting  tersebut adalah  menegaskan kembali peran Koperasi untuk Pembangunan Global (Cooperative for Development).

"Ya termasuk menetapkan strategi-strategi substansial mengenai kontribusi Koperasi di berbagai sektor ekonomi dan pembangunan," kata NH, dalam keterangan tertulisnya, yajng diterima redaksi,  Kamis (17/10/2019).

Forum ICA juga merespons berbagai trend global seperti perkembangan teknologi, distrupsi dan perubahan iklim, maka inovasi koperasi diperlukan agar sintesis tentang identitas koperasi dengan enterpreneur yang berkelanjutan selalu melahirkan pendekatan/model koperasi lebih atraktif bekerja di banyak sektor.

Untuk itu, dalam program aksinya, ICA merumuskan untuk terus menerus dalam pelibatan dan kampanye koperasi di kalangan generasi muda.

Menurut  NH, keunggulan perusahaan koperasi yang memadukan profesionalisme bisnis dan kekuatan pemberdayaan sekaligus, semakin memperkuat keberadaan koperasi dalam menciptakan keadilan dan pemerataan dunia.

Salah satu program unggulan yang sedang berlangsung adalah global cooperative enterpreneur yang merekrut para duta koperasi (ambassador) dari berbagai negara.

NH yang juga mantan Vice President International Cooperative Alliance (ICA) Asia Pacific menjelaskan, adapun strategi aksi yang lain adalah Go green campaign, koperasi tidak saja merasa perlu mengkampanyekan kelestarian lingkungan tetapi juga energi yang ramah dan berkelanjutan.

"Jadi poin penting yang dipetik dari pertemuan ini adalah kesepakatan untuk membangun data base yang kuat dan dalam mengenai kerja-kerja prestasi koperasi di berbagai kehidupan," ujarnya.

Bahkan kata NH, ICA Asia Pacific kedepannya berencana membangun pusat riset koperasi di Teheran Iran.

Kegiatan ini berlangsung selama lima hari, mulai tanggal 13 sampai 17 Oktober mendatang dengan dihadiri pengurus ICA Asia Pasific dari berbagai negara di dunia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Diskusi webinar Bintaro Jaya High Rise (BJHR)

Jumat, 03 Juli 2020 - 19:25 WIB

Bintaro Jaya High Rise Ajak Masyarakat Investasi Properti di Masa Pandemi Covid-19

Ternyata, masa pandemi ini justru menjadi momen emas untuk membeli properti, karena harganya yang cenderung stagnan karena adanya perlambatan pertumbuhan ekonomi.

Perdagangan saham di IDX (Rizki Meirino/Industry.co.id)

Jumat, 03 Juli 2020 - 19:06 WIB

Penjualan Menurun, PT Saraswati Anugerah Makmur Tbk Cetak Rp260,22 miliar Hingga Maret 2020

Emiten PT Saraswati Anugerah Makmur Tbk (SAMF) catat penjualan Rp260,22 miliar hingga periode 31 Maret 2020 turun dari penjualan Rp353,53 miliar di periode sama tahun sebelumnya.

Suasana konferensi pers virtual Dampak Sosial dan Ekonomi Fintech Lending di Indonesia (Studi Kasus Investree 2017-2019). (Foto: Humas Investree)

Jumat, 03 Juli 2020 - 19:00 WIB

Fintech Lending Berperan Besar untuk Dukung Inklusi Keuangan di Indonesia

Jakarta - Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI), memaparkan hasil riset terbarunya dalam konferensi pers bertajuk ‚ÄúDampak Sosial dan Ekonomi Fintech…

Jajaran Manajemen Baru PT Adhi Commuter Properti

Jumat, 03 Juli 2020 - 18:58 WIB

Perkuat Perusahaan, PT Adhi Commuter Properti Perkenalkan Jajaran Manajemen Baru

Jajaran manajemen baru tersebut antara lain terdiri dari Direktur Utama Rizkan Firman, Direktur Pemasaran Indra Syahruzza N, Direktur Keuangan, Manajemen Risiko dan SDM Mochamad Yusuf, Direktur…

PT Adhi Commuter Properti

Jumat, 03 Juli 2020 - 18:52 WIB

Raih Nilai Kontrak Hingga 90% Dari Target, PT Adhi Commuter Properti Kian Cemerlang di Usia yang ke-2

Di tahun ini, Adhi Commuter Properti senantiasa mengembangkan bisnis strategis LRT City di Jabodetabek dengan memperbanyak portofolio produk properti, baik hunian vertikal (high rise building)…