Nurdin Halid Sampaikan Jurus Pengembangan Koperasi di Sidang Umum ICA

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 17 Oktober 2019 - 20:14 WIB

Ketua Dekopin Indonesia Nurdin Halid (ketiga kanan depan) bersama peserta sidang umum dunia International Co-Operation Alliance Asia Afrika di Rwanda, Afrika.
Ketua Dekopin Indonesia Nurdin Halid (ketiga kanan depan) bersama peserta sidang umum dunia International Co-Operation Alliance Asia Afrika di Rwanda, Afrika.

INDUSTRY.co.id, Afrika - Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), Nurdin Halid (NH) menghadiri General Assembly atau sidang umum dunia International Co-Operation Alliance (ICA) Asia Afrika di Kigali Rwanda, Afrika.

Adapun pokok agenda pembahasan dalam ICA Board Meeting  tersebut adalah  menegaskan kembali peran Koperasi untuk Pembangunan Global (Cooperative for Development).

"Ya termasuk menetapkan strategi-strategi substansial mengenai kontribusi Koperasi di berbagai sektor ekonomi dan pembangunan," kata NH, dalam keterangan tertulisnya, yajng diterima redaksi,  Kamis (17/10/2019).

Forum ICA juga merespons berbagai trend global seperti perkembangan teknologi, distrupsi dan perubahan iklim, maka inovasi koperasi diperlukan agar sintesis tentang identitas koperasi dengan enterpreneur yang berkelanjutan selalu melahirkan pendekatan/model koperasi lebih atraktif bekerja di banyak sektor.

Untuk itu, dalam program aksinya, ICA merumuskan untuk terus menerus dalam pelibatan dan kampanye koperasi di kalangan generasi muda.

Menurut  NH, keunggulan perusahaan koperasi yang memadukan profesionalisme bisnis dan kekuatan pemberdayaan sekaligus, semakin memperkuat keberadaan koperasi dalam menciptakan keadilan dan pemerataan dunia.

Salah satu program unggulan yang sedang berlangsung adalah global cooperative enterpreneur yang merekrut para duta koperasi (ambassador) dari berbagai negara.

NH yang juga mantan Vice President International Cooperative Alliance (ICA) Asia Pacific menjelaskan, adapun strategi aksi yang lain adalah Go green campaign, koperasi tidak saja merasa perlu mengkampanyekan kelestarian lingkungan tetapi juga energi yang ramah dan berkelanjutan.

"Jadi poin penting yang dipetik dari pertemuan ini adalah kesepakatan untuk membangun data base yang kuat dan dalam mengenai kerja-kerja prestasi koperasi di berbagai kehidupan," ujarnya.

Bahkan kata NH, ICA Asia Pacific kedepannya berencana membangun pusat riset koperasi di Teheran Iran.

Kegiatan ini berlangsung selama lima hari, mulai tanggal 13 sampai 17 Oktober mendatang dengan dihadiri pengurus ICA Asia Pasific dari berbagai negara di dunia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.